July 12, 2020

Aneka Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari

Kopi memang identik untuk diminum hangat – hangat di pagi hari, apalagi jika ditemani makanan pendamping seperti pisang goreng misalnya, wah benar – benar bisa meningkatkan mood seharian rasanya. Memang hampir semua orang menikmati kopi di pagi – pagi buta, alasannya agar semangat bekerja katanya.

Kebiasaan yang sudah sering dilakukan oleh masyarakat kita tersebut memang ada benarnya juga, namun bukan hanya itu – itu saja lo manfaat minum kopi di pagi hari. Tidak heran, jika di sepanjang hari warung kopi ataupun kedai kopi selalu ramai pengunjung. Jika kamu hendak memberi hadiah kepada penggila kopi, sudah tentu jawabannya coffe as gifts for coffee lovers, hal tersebut sama seperti dengan wajib mengetahui manfaat minum kopi di pagi hari meskipun kamu sudah sering melakukannya, tujuannya adalah agar kamu semakin memaknai momen ngopi di pagi hari. Yuk, simak aneka macam manfaatnya,

Manfaat Yang Dapat Dirasakan Secara Langsung

Beberapa manfaat dibawah ini bisa kamu rasakan dalam waktu cepat atau relatif langsung ketika usai menikmati kopi di pagi hari,

  1. Meningkatkan fokus

Salah satu manfaat dari minum secangkir kopi di pagi hari adalah bisa menambah energi dan meningkatkan rasa fokus. Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan hormon adrenalin sehingga tubuh menjadi selalu semangat. Kafein juga mampu meredakan rasa pusing yang disebabkan tidur semalaman, sehingga bisa memberikan rasa rileks dan meningkatkan mood agar aktivitas sepanjang hari bisa lebih menyenangkan.

  1. Meningkatkan Energi

Banyak orang yang mengkonsumsi kopi di pagi hari untuk mendapatkan stamina dan energi untuk menjalani aktivitas di pagi hari. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan adrenalin sehingga stamina dalam tubuh terpompa keluar. Sehingga kafein bisa langsung membuat diri kita bergairah dan semangat dipagi hari.

  1. Membersihkan perut

Kopi hitam juga tergolong minuman diuretic sehingga memebuat orang yang mengkonsumsinya sering buang air kecil. Ketika Kamu minum kopi hitam tanpa diberi gula, semua racun dan bakteri dalam perut akan mudah keluar dalam bentuk urine. Bukan hanya itu, minum kopi bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut sehingga mampu menjaga sistem pencernaan, hal itu terjadi karena kopi menstimulasi cairan di dalam lambung sehingga mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Manfaat Yang Dirasakan Tidak Secara Langsung

Kali ini manfaat nya akan terasa jika kamu rutin dan terjadwal dalam mengkonsumsi kopi di pagi hari, jika kamu hanya sekali atau baru saja meminumnya di pagi hari maka manfaat berikut belum bisa kamu rasakan,

  1. Mengurangi resiko terkena alzheimer

Minum secangkir kopi di pagi hari mampu melindungi seseorang dari penyakit seperti Alzheimer dan berbagai jenis penyakit akibat demensia. Hal it diperkuat dengan adanya laporan penelitian yang menjelaskan bahwa minum sebanyak 3 sampai 5 gelas kopi setiap hari telah bisa penurunan 65 persen resiko penyakit Alzheimer dan demensia di kemudian hari.

  1. Menyehatkan jantung

Dari hasil studi penelitian dijelaskan bahwa peminum kopi mempunyai risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung atau cardio. Jika kamu mengkonsumsi kopi dengan dosis tepat di waktu yang sesuai maka kerja jantung akan lebih stabil dalam memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

  1. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Meminum kopi hitam di pagi hari dapat melindungi tubuh dari bahaya serangan  diabetes tipe 2. Hasi penelitian di Amerika menunjukkan risiko terkena diabetes tipe 2 pada orang yang rutin mengkonsumsi kopi pagi berkurang sebanyak 9 persen. Namun, jika kopi yang diminum hanya mengandung sediit atau bahkan tidak ada kandungan kafein sama sekali hanya bisa menurunkan resiko sebesar 6 persen.

  1. Menyehatkan liver atau hati

Secangkir kopi dapat melindungi organ hati dari penyakit sirosis. Kemungkinan hal itu terjadi karena banyaknya urin yang sering dikeluarkan akibat rangsangan zat deuretik sehingga hati juga akan sering bekerja menetralisir racun dalam tubuh manusia.

  1. Menurunkan berat badan

Kafein dalam kopi dbisa meningkatkan metabolisme tubuh karena menghasilkan energi tambahan dan membuat proses pencernaan makanan atau pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat dari pada sedang tidak minum kopi. Selain itu, minum kopi pada pagi hari juga bisa membantu menurunkan berat badan, kandungan asam klorogenik yang ada dalam kopi sangat bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak jahat yang akan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Aneka manfaat tersebut belum tentu memiliki dampak yang sama pada semua orang, hal  ini dikarenakan setiap orang memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang tidak sama. Namun meski banyak manfaat yang diberikan ketika kita meminum kopi di pagi hari, perhatikan juga efek samping nya. Jika tubuhmu mengalami reaksi tidak baik segera hentikan atau kurangi dosis kopi yang kamu konsumsi. Ini harus sangat diperhatikan oleh pecinta kopi yang pasti mempunyai banyak stock kopi yang didapatkan dari gift for coffee lovers, sebagai pemberian para teman –  temannya yang lain.