October 23, 2020

Masjid Agung Natuna! Taj Mahal Di Perbatasan Indonesia

Untuk Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Natuna maka sudah tidak asing lagi dengan Masjid Agung Natuna. Ya, Masjid Agung ini memang dikenal sebagai landmark dari Pulau Natuna sendiri. Bahkan banyak yang menjulukinya sebagai Taj Mahal versi Natuna.

Sebagai salah satu Pulau terluar di Indonesia, Kepulauan Natuna dikenal memiliki sejuta kekayaan alam. Selain itu, kepulauan ini pun dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bahkan bisa dikatakan surga yang diturunkan ke Bumi.

Keindahan Alam Pulau Natuna

Keindahan alam dari Kepulauan Natuna memang sudah tidak ada yang meragukannya lagi. Buktinya banyak sekali wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang rela datang jauh-jauh ke Pulau ini. Saking mempesonanya, Pulau ini sampai mendapatkan julukan Mutiara dari Ujung Utara.

Selain itu, Kepulauan Natuna juga dikatakan masih menyimpan banyak sekali potensi wisata yang sangat menakjubkan. Terlebih lagi untuk pantai-pantainya. Ada banyak sekali pantai yang masih sangat terjaga. Sehingga wajar saja jika menjadi rumah dari berbagai biota bawah laut.

Nah, untuk Anda para pencinta snorkeling, alam bawah laut yang ada di Natuna ini sangat cocok untuk dijelajahi. Dijamin tenaga serta biaya yang sudah Anda keluarkan akan terbayar lunas setelah menikmati alam bawah laut Pulau Natuna.

Berbicara tentang destinasi wisata populer yang ada di Natuna, sebenarnya banyak sekali yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari Pantai Tanjung, Pantai Cemaga, Pantai Sahi, Pantai Sisi, Pulau Senoa, Alif Stone Park, dan banyak lagi yang lainnya.

Namun dari banyaknya destinasi wisata populer Natuna, kini ada tempat paling menarik yang lagi booming. Tempat tersebut bernama Masjid Agung Natuna. Salah satu masjid termegah yang ada di Natuna. Menariknya, bangunan masjid sangat mirip dengan salah satu destinasi wisata paling menarik di India, yakni Taj Mahal.

Taj Mahal Versi Indonesia

Salah satu masjid yang kini baru banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan masjid tersebut arsitektur bangunannya sangat mirip dengan ikon wisata yang ada di India, yakni Taj Mahal.

Kepulauan Natuna memang dikenal memiliki pesona alam yang luar biasa Indahnya. Bahkan bisa dikatakan banyak sekali pilihan spot menarik yang bisa Anda kunjungi di daerah ini. Ditambah lagi kondisi alamnya yang masih sangat alami, membuatnya menjadi nilai plus tersendiri.

Dari banyaknya tempat wisata populer di Natuna, ada satu tempat wisata yang justru baru banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Uniknya tempat wisata tersebut justru berupa bangunan masjid. Masjid tersebut adalah Masjid Agung yang ada di Natuna.

Berjarak hanya 10 menit dari Bandara Raden Sadjad, Ranai, Masjid Agung ini mampu menyuguhkan sebuah pemandangan yang sangat luar biasa. Baik dilihat dari keindahan serta kemegahan bangunannya.

Masjidnya sendiri terletak di Kompleks Natuna Gerbang Utaraka. Tepatnya berada di Jalan Datuk Kaya Wan Muhammad Benteng. Masjid yang berdiri kokoh ini pun tampak mempesona lagi dengan adanya pemandangan Gunung Ranai yang berada di belakang masjid.

Makna Filosofi dari Arsitektur Masjid

Ada hal yang membuat Masjid Agung satu ini semakin istimewa. Terlebih lagi jika dilihat dari makan filosofi yang ada pada arsitektur masjid. Jika dilihat dari arsitekturnya, masjid ini memadukan desain Masjid Cordoba yang ada di Spanyol, Majid Nabawi yang ada di Madinah, dan Taj Mahal yang ada di India.

Namun tidak hanya itu saja yang menarik dari masjid ini. Coba Anda perhatikan bentuk ukiran yang ada pada masjid ini. Ternyata bentuk ukiran tersebut mengadopsi bentuk ukuran-ukuran khas Turki.

Meskipun demikian, masih cukup banyak ornamen pada masjid yang tidak meniru gaya arsitektur luar negeri. Desain jam digital masjid misalnya. Yang secara desain sama saja dengan desain jam digital yang umum ada di masjid-masjid pada umumnya.

Sementara itu, setiap tingkatan kubah Masjid Raya Natuna ini pun memiliki makna filosofis yang berbeda-beda. Misalnya yang ada pada tingkatan paling tinggi ada sebuah kubah utama paling besar.

Ternyata kubah utama dengan ukuran paling besar tadi melambangkan sifat ihsan. Nah, dalam Islam sendiri, ihsan dikenal sebagai tingkatan keimanan yang paling tinggi. Kemudian pada tingkatan di bawahnya ada enam kubah yang berukuran lebih kecil. Keenam kubah tadi ternyata melambangkan rukun iman yang jumlahnya ada enam.

Sementara itu pada tingkatan paling bawah, Ada 12 kubah. Angka 12 ini ternyata sebagai simbol hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Terlepas dati itu semua, dibalik kemegahan Masjid Agung Natuna ini ternyata memiliki makna filosofis yang sangat mendalam.