October 1, 2020

Masyarakat Ekonomi Asean

 

 

Masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA merupakan salah satu upaya pembentukan dalam meningkatkan stabilitas ekonomi yang dibentuk oleh ASEAN pada kawasan Asia Tenggara. MEA telah disepakati dari hasil pada beberapa pertemuan KTT supaya dapat mengurangi kesenjangan antara negara anggota ASEAN dan hal ini diharapkan supaya bisa membantu mengatasi segala permasalahan maupun hambatan pada bidang ekonomi di kawasan atau global.

Tujuan Pembentukan Masyarakat Ekonomi Asean

Tujuan pembentukan dari MEA yaitu supaya bisa meningkatkan stabilitas sekaligus daya saing ekonomi yang terdapat pada kawasan Asia Tenggara. Selain itu juga mempunyai tujuan supaya bisa menggambar, menghadapi setiap hambatan-hambatan yang ada. Terutama di dalam bidang ekonomi antar negara ASEAN.

 

Menurut isi deklarasi Cepu, pembentukan MEA juga mempunyai tujuan lain seperti berikut:

  • Dapat menciptakan pasar tunggal yang mencangkup dari negara-negara anggota ASEAN serta pengembangan peran dari pusat produksi yang berhubungan pada segala aktivitas ekonomi bebas.
  • Menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang mempunyai daya saing ekonomi tinggi dengan cara melalui penguatan peraturan pada kompetisi ekonomi.
  • Sebagai usaha untuk pemerataan pemberdayaan perekonomian yang terjadi antar negara anggota ASEAN. Salah satunya yaitu dengan melalui revitalisasi dari usaha kecil maupun usaha menengah negara CMLV. Salah satu alasannya yaitu karena negara-negara dari CMLV ini sering menghadapi permasalahan. Baik itu ekonomi politik, maupun sosial budaya. Keadaan seperti ini bisa mempengaruhi keamanan negara serta adanya ancaman terhadap kestabilan dari kawasan ASEAN.
  • Pembentukan MEA dilakukan sebagai salah satu cara dan upaya supaya perekonomian yang ada di kawasan Asia Tenggara menjadi merata. Hal ini berdasarkan pada ASEAN Vision 2020 maupun paket ASEAN concord 2.
  • Mengintegrasikan pada perekonomian kawasan terhadap ekonomi global untuk usaha ini bisa meningkatkan peran dari ASEAN pada kompetisi ekonomi serta percaturan. Pada kebijakan Global ini dilakukan dengan cara meningkatkan hubungan antara ekonomi global dengan ekonomi regional. Nantinya akan menjadikan negara ASEAN beserta anggotanya mempunyai posisi yang dapat diperhitungkan pada kancah internasional.

 

Untuk para anggota ASEAN itu sendiri mampu beradaptasi dengan adanya perkembangan persaingan perekonomian secara global. Oleh karena itu gagasan pembuatan MEA maupun Masyarakat ekonomi ASEAN mulai dibentuk. Sementara untuk gagasan dari pembentukan MEA itu sendiri mempunyai supaya pasar tunggal dapat dibentuk sekaligus menciptakan suatu kondisi persaingan secara kompetitif yang terjadi antara negara anggota. Hal ini supaya kemajuan bersama dapat terjalin.