December 2, 2020

Meja Cafe

Dewasa ini, bisnis cafe merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Terutama cafe yang didesain dengan unik, menarik, dan instagrammable. Untuk membuat cafe semacam ini, Anda akan memerlukan furnitur unik yang memiliki daya tarik tersendiri, misalnya dengan menggunakan model meja yang menarik.

Untuk meja cafe, sangat disarankan untuk menggunakan meja minimalis. Ini karena meja minimalis akan membuat cafe terlihat lebih enak untuk dipandang. Jika Anda sedang merencanakan untuk membuka bisnis cafe, beberapa model meja berikut mungkin dapat dijadikan referensi.

  1. Meja dinding dari besi

Pixabay.com

Jika Anda berencana untuk membuka cafe dengan konsep industrial, meja dinding dari besi adalah alternatif yang tepat. Model meja yang menempel pada dinding memang bukan lagi hal baru. Namun, model meja dinding yang menggunakan elemen besi masih bisa dikatakan baru.

Anda dapat memasang meja dengan model ini di dinding dengan ketinggian yang berbeda dari meja biasa. Kilau yang dihasilkan logam akan memberikan kesan yang berbeda. Untuk menambah kesan industrial agar lebih terasa, Anda dapat memasang lampu pijar di atas meja.

Meja model ini dipasang dengan posisi lebih tinggi dari meja biasa sehingga Anda dapat memasangkannya dengan kursi bar berkaki besi yang dudukan dan sandarannya terbuat dari rotan.

  1. Meja multifungsi

Jika Anda ingin membangun cafe yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan workshop atau pertemuan, Anda dapat menggunakan meja lipat multifungsi yang menempel di dinding.

Saat meja multifungsi ini dibuka, Anda akan dapat menggunakannya seperti meja biasa. Sementara itu, bagian lain meja yang menempel di dinding dapat dijadikan rak display untuk meletakkan dekorasi.

Saat cafe akan digunakan untuk tempat workshop, Anda hanya perlu menaikkan meja tersebut ke arah dinding. Dengan cara ini, cafe Anda akan terlihat lebih luas tanpa harus repot memindahkan meja ke tempat lain.

  1. Meja berkaki diagonal

Selain bentuk permukaan meja yang dapat menjadi daya tarik, bentuk kaki meja yang unik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri jika didesain dengan unik dan eksentrik. Contoh meja dengan model kaki meja yang unik adalah meja untuk cafe khas scandinavian interior di mana kaki meja dibuat diagonal.

Kaki meja diagonal tentunya sangat berbeda dengan model meja biasa yang memiliki empat kaki vertikal di setiap sudutnya. Kaki meja yang didesain diagonal pada meja model ini akan membuat meja memiliki kaki horizontal di bagian bawah sehingga tampak seperti huruf ‘Z’.

Untuk menjaga agar meja tidak roboh, Anda harus memasang dua kaki vertikal di sisi kanan dan kiri meja yang menghubungkan kaki horizontal dengan kaki diagonal.

Keuntungan menerapkan meja dengan model ini adalah pada salah satu sisi meja yang tidak terdapat kaki vertikal, pengunjung cafe dapat dengan mudah masuk ke tempat duduk apabila meja ditata dengan bentuk memanjang.

Selain itu, meja jenis ini juga lebih mudah dibereskan karena kaki horizontal dapat dimasukkan ke bagian bawah kursi.

  1. Meja jajargenjang

Jika meja biasanya berbentuk kotak, maka Anda bisa mencoba menggunakan meja dengan  bentuk yang berbeda untuk cafe Anda. Meja dengan bentuk lingkaran atau elips pada bagian permukaannya pun sudah biasa. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menerapkan bangun datar lain pada meja, misalnya jajargenjang.

Jajargenjang merupakan bangun datar yang memiliki dua sisi miring. Oleh karena itu, meja dengan desain jajargenjang baik dari bagian permukaan meja hingga kaki-kakinya ini tentu akan menjadi unik dan dapat menarik perhatian pengunjung.

Namun, jika Anda ingin menggunakan meja berbentuk jajargenjang sebagai meja cafe, cafe Anda pun akan tampak seperti jajargenjang. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penyesuaian pada desain dinding yang miring.

  1. Meja dengan kursi gantung

Pixabay.com

Jika Anda ingin menerapkan desain yang unik pada meja dan kursi cafe saekaligus, Anda dapat mencoba membuat meja dan kursi cafe agar menggantung. Maksudnya, kursi yang digunakan sama sekali tidak memiliki kaki, tetapi menggunakan suatu kerangka dari besi sebagai tumpuan.

Kerangka besi ini selain menjadi kaki meja, juga dibuat menjulang agar mampu menahan beban dari kursi gantung. Dengan desain ini, cafe Anda akan menjadi salah satu cafe yang unik dan menarik di mana kursi cafe dapat digunakan sebagai ayunan.

Beberapa model meja untuk cafe di atas mungkin dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda yang berniat untuk membuka cafe. Namun, selain model meja yang telah disebutkan, Anda juga dapat menggunakan meja dengan model two person desk.

Dengan menggunakan two person desk, Anda dapat menciptakan atmosfer hangat di dalam cafe karena meja model ini memungkinkan pengunjung untuk saling mengobrol dengan dekat.