October 20, 2020

Mendaki Gunung Kendang, Puncak Tertinggi di Bandung Raya

 

Pernah mendaki Gunung Kendang? Jika dibandingkan pendakian gunung lainnya, jalur pendakian Gunung Kendang memang masih belum begitu banyak didaki oleh pendaki. Namun jangan salah, gunung yang berada di wilayah Bandung ini mempunyai trekking pendakian yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Apalagi gunung ini juga terkenal dengan perkebunan teh-nya yang luas dan padang savana di puncaknya.

Gunung Kendang terletak di Kabupaten Bandung, lebih tepatnya di Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari atau sekitar 25 km di selatan Pangalengan. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.617 meter diatas permukaan laut dan menjadikannya sebagai gunung tertinggi di komplek Gunung Bandung Raya.

Untuk mencapai puncak Gunung Kendang, jalur pendakian bisa dilakukan melalui Desa Neglawangi. Pada jalur ini, trek pendakian yang dijumpai masih memiliki vegetasi yang rapat dan tingkat pendakian kategori sedang. Di mana medan pendakian yang dilalui cukup mudah dan biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam untuk pendaki mencapai puncak tertinggi Gunung Kendang.

Sebelum mencapai puncak, pendaki akan menjumpai lokasi yang dinamakan Kawah Manuk, yakni kawah mati atau lebih tepat disebut savana dengan banyaknya tanaman yang tumbuh. Sementara Puncak Kendang sendiri adalah lahan yang masih dipenuhi oleh tumbuhan.