October 23, 2020

Sejarah Kesuksesan Brand Sepatu Adidas

Brand sepatu yang ada di dunia ini sangatlah banyak. Mulai dari yang terkenal hingga yang kurang terkenal, semua mencoba untuk menarik minat konsumen agar membeli produknya. Salah satu brand sepatu yang memiliki konsumen terbanyak adalah perusahaan sepatu Adidas. Brand Adidas ini menjadi satu dari beberapa merk sepatu yang banyak digandrungi orang-orang.

Mereka telah lama malang melintang dengan sederet pengalaman yang mengesankan. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara utuh dan lengkap tentang brand sepatu Adidas. Berikut ini adalah ulasan artikel yang membahas mengenai perusahaan sepatu dengan merk dagang Adidas. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel tentang merk sepatu ADIDAS yang ada di bawah ini.

Sejarah Panjang Adidas

Adidas merupakan brand sepatu ternama yang berhasil sukses. Nama Adidas sendiri merupakan singkatan dari pendiri brand tersebut yaitu Addi Dasler. Kami akan menjelaskan poin-poin utama dari sejarah brand sepatu adidas yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang produk sepatu yang sukses yakni adidas.

Kesuksesan Adidas

Sebuah kesuksesan yang besar pastilah bermula dari action penting yang terkadang tak disadari. Adidas terlahir dari sebuah kota kecil yakni di wilayah Bavaria, Jerman. Adi Dassler, pendiri dan pencetus brand adidas ini memulai semua dari ruang kecil di tempat cuci milik Ibu.

Tahun 1924 – 1936

Dia mulai mendesain dan membuat sepatu Adidas tersebut. Hasil yang dia ciptakan terbilang cukup memuaskan untuk dirinya. Setelah berhasil membuat produk tersebut, Adi Dassler kemudian mendaftarkan brand yang dia ciptakan kepada  Gebrüder Dassler Schuhfabrik di tahun 1924.

Tahun 1924 menjadi permulaan untuk dia memulai misinya untuk membuat produk terbaik dan berkualitas yang hendak dia ciptakan untuk atlet. Beberapa prestasi awal yang di dapat oleh brand sepatu adidas antara lain adalah Medali emas di Amsterdam  pada tahun 1928 oleh Lina Radke dan Berlin pada tahun 1936 oleh atlet Jesse Owens. Kedua atlet yang sukses tersebut menggunakan sepatu adidas ketika berlaga dalam pertandingan tersebut.

Tahun 1949

Kemudian setelah awal-awal mampu meraih sukses, pendiri Adidas yakni Adi Dasslwr kembali memulai semua dari awal pada tahun 1949. Lebih tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1949, saat itu Adi Dassler menginjak usia 49 tahun. Dia kemudian mendaftarkan brand Adi Dassler Adidas Sportschuhfabrik ke otoritas yang berwenang.

Brand tersebut membawahi 47 pegawai yang memiliki kantor pusat di sebuah kota kecil bernama Herzogenaurach. Pada hari yang sama juga, Adi Dassler mendaftarkan serta menyerahkan sepatu yang dia ciptakan yakni Adidas 3-Stripes. Adidas 3-Stripes merupakan cikal bakal dari loga adidas yang dikenal sampai dengan hari ini. Bermula dari kesederhaan hingga sampai mendapat sukses yang besar.

Tahun 1954

Pada tahun 1954, brand Adidas mendukung tim nasional jerman dalam perhelatan piala dunia. Dukungan tersebut berupa fasilitas sepatu yang digunakan oleh para pemain sepak bola jerman. Sepatu yang digunakan oleh timnas jerman dari adidas memiliki karakteristik screw in stud. Sepatu tersebut lebih ringan dari yang sebelumnya dan dengan sepatu tersebut berhasil mengantarkan jerman tak terkalahkan dalam piala dunia 1954.

Berkat kabar yang beredar tentang timnas jerman yang menggunakan sepatu tersebut, berhasil mengantarkan produk sepatu Adidas menuju kesuksesan dan dikenal lebih luas oleh seluruh orang di dunia.

Tahun1958

Adidas semakin memperluas pasar dan menciptakan produk baru pada tahun 1958. Pada saat itu dua pria yang berasal dari negeri Inggris yakni Joe dan Jeff Foster mengganti nama untuk perusahaan yang dulu dikelola oleh kakek mereka. Perusahaan tersebut bernama J.W. Foster and Sons. Nama tersebut kemudian mereka ganti dengan Reebok.

Reebok kemudian menjalin kerja sama dengan adidas sehingga adidas yang semula hanya memproduksi sepatu, mulai beralih ke bisnis kaos olahraga. Dari sejarah yang cukup panjang tersebut adidas berhasil merambah ke beberapa sektor bisnis lain seperti memproduksi bola adidas dan lain sebagainya.

Tahun 1978

Pada tahun 1978, lebih tepatnya tanggal 6 september. Tak kurang dari beberapa bulan sebelum Adi Dassler merayakan ulang tahun ke 78, pendiri sekaligus orang yang berjasa besar bagi perusahaan ini meninggal dunia. Peran Adi Dassler cukup besar dan berpengaruh karena dia berhasil memperbaharui bisnis produk olahraga. Dia kemudian mewariskan bisnis ini kepada anak laki-lakinya yakni Horst.

Horst di bantu dengan ibunya yang bernama Kathe kemudian mengambil alih dan menjalankan semua aset bisnis yang diwariskan oleh Adi Dassler. Mereka terus menciptakan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan bisnis yang telah maju dengan sangat pesat.

Perjalanan panjang brand sepatu Adidas sangat pantas untuk kita ambil pelajarannya. Bahwa ternyata untuk memulai sebuah kesuksesan bisnis yang besar tak harus dengan modal yang besar pula. Adi Dassler awal menciptakan Adidas hanya dari eksperimen dia di ruang cuci milik ibunya. Dari hal yang mungkin sangat sederhana tersebut, lahirnya brand sepatu Adidas yang saat ini namanya terkenal di seluruh dunia.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai sejarah panjang dari lahirnya brand sepatu Adidas. Semoga penjelasan artikel ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi kalian yang ingin membeli sepatu olahraga Adidas yang dijual di toko online bernama Sporti.