October 1, 2020

Mengenal Cara Melatih Anak Membaca Secara Cepat

Melatih anak agar dapat membaca bukanlah hal yang sulit. Dengan tekad kuat orang tua dan kesabaran anak yang tinggi, belajar membaca dapat dilakukan dengan mudah. Apalagi jika orang tua mengenal cara melatih anak untuk membaca dengan baik, kemampuan membaca anak dapat berjalan dengan cepat. Salah satu cara melatih anak agar dapat membaca adalah dengan membacakan buku kepada anak dengan rutin. Jika anak sering dibacakan buku, anak tersebut pada akhirnya memiliki ketertarikan akan buku yang kita bacakan. Mereka dapat melihat huruf yang ada di dalam buku dan membuatnya tidak asing terhadap huruf bacaan. Cara ini akan mempermudah kita untuk melatih anak membaca.

Cara melatih membaca selanjutnya adalah dengan memperkenalkan huruf kecil. Pada saat mengenalkan huruf kecil, kita sebaiknya tidak mengenalkan huruf besar. Cara ini dilakukan agar anak terhindar dari kebingungan. Dalam sebuah buku, huruf kecil memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang huruf besar. Anak-anak dapat mengenal huruf dengan mudah jika sering melihat huruf yang mereka baca. Membaca dengan cepat dapat pula dilakukan dengan cara mengajarkan anak untuk membaca berdasarkan suku kata. Ketika melakukan cara ini, kita dapat membuat suku kata berdasarkan dengan penggunaan huruf konsonan. Setelah membaca 1 suku kata, kita dapat melanjutkannya dengan melatih membaca menggunakan 2 buah suku kata. Agar anak lebih mudah membaca, kita dapat mengajarkan membaca dengan menggunakan bunyi vokal yang serupa.

Anak dapat membaca dengan cepat selama kita terus meningkatkan cara melatih membaca pada anak. Kita dapat mulai mengajarkan anak untuk membaca dengan menggunakan 3 buah suku kata jika anak telah mahir membaca 2 suku kata. Setelah itu, kita dapat melatih anak untuk membaca kata “ng” dan dilanjutkan dengan kata yang dilengkapi dengan bunyi “ny”. Agar proses membaca anak dapat mengalami peningkatan, mengajar anak membaca konsonan mati menjadi cara selanjutnya yang dapat kita lakukan. Ajarkan konsonan mati pada posisi tengah kata atau akhir kata. Kita dapat melanjutkan pelatihan membaca dengan melatih anak untuk membaca sebuah kalimat.