July 12, 2020

Mengenal Sirih Gading

 

Sirih jenis gading adalah salah satu tanaman hias favorit masyarakat dunia yang umumnya ditumbuhkan untuk menghiasi ruangan dan halaman. Tanaman hias sirih jenis gading tumbuh merambat, perawatannya tidak repot, cara menanam dan merawat sirih jenis gading juga sangat mudah. Nama latin sirih jenis gading disebut dengan Epipremnum Aureum yang merupakan salah satu spesies tanaman berbunga dari keluarga Araceae yang berasal dari Mo’orea, Polinesia Prancis.

 

Spesies sirih jenis gading dianggap sebagai tanaman hias buatan yang populer di daerah beriklim sedang. Perkembangan tumbuhan sirih jenis gading berada pada daerah iklim tropis serta sub-tropis dan tersebar di seluruh dunia termasuk kawasan Australia utara dan kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia. Demikian pula tumbuhan ini saat ini sudah dikembangkan di India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Hawaii, dan Hindia Barat. Nama lain sirih jenis gading sering disebut sebagai sirih Belanda, ivy Iblis, Golden pothos, Ivy arum, ivy Kepulauan Solomon.

 

Banyak orang menyebutnya Iblis Ivy (pohon iblis) karena hampir tidak mungkin untuk memberantas perkembangannya. Sirih jenis gading termasuk tumbuhan yang paling invasif sehingga dapat menutupi permukaan tanah dengan cepat. Tanaman ini juga dikenal sebagai Tanaman Uang (tanaman komersial) di Nepal, India, dan Bangladesh karena dipercaya dapat membawa rezeki dalam bentuk uang dan ditanam di depan toko sebagai ornamen.

 

Karakteristik sirih jenis gading bisa tumbuh merambat sepanjang 20 meter dengan diameter batang mencapai 4 cm. Tanaman ini terlihat indah seperti tanaman liar di hutan hujan. Tampilan dari daun jenis sirih membentuk hati pada tanaman yang masih muda. Meski demikian, bentuk daunnya bisa tidak tentu untuk daun yang sudah dewasa. Panjang daunnya bisa mencapai 100 cm dan lebar 45 cm. Sedangkan pada daun remaja jauh lebih kecil, panjang daun biasanya di bawah 20 cm. Spesis ini juga dikenal berbunga, tetapi sangat jarang muncul pada usia muda. Saat menua dan memanjat pohon, batang sirih gading berakar kuat dan daunnya membesar. Kebanyakan orang menanamnya dalam pot atau hanya menutupi tanah. Jadi tanaman ini terlihat hanya seperti tanaman kecil.