August 12, 2020

Cara Menggunakan Google Drive Di Smartphone, Mudah Untuk Download dan Upload

Setiap ilmuwan saat ini berambisi untuk memberikan kemudahan bagi pekerjaan manusia. Yang terbaru, kini hadir smartphone yang dapat digunakan untuk membuka google drive. Pada awalnya, google drive hanya dimanfaatkan untuk laptop maupun PC. Namun saat ini google drive dapat dimanfaatkan didalam handphone. Tapi, cara menggunakan google drive dengan smartphone berbeda dibandingkan laptop. Utamanya, karena layar handphone tidak sebesar layar laptop.

Selain hal tersebut, apakah ada perbedaan lain menggunakan google drive di handphone dan laptop? Tidak ada perbedaan antara keduanya, seluruh fitur dapat digunakan dengan maksimal, termasuk aktivitas download dan upload. Perbedaan utama yang terjadi adalah cara menggunakannya, sehingga kali ini akan disampaikan cara menggunakannya dalam smarthphone. Dalam hal ini, untuk menjalankan fungsi upload dan download file melalui aplikasi.

Persiapan Gunakan Google Drive dalam Smartphone

Pada dasarnya setiap smartphone telah memiliki google drive didalamnya. Namun, jika handphone anda tidak menyediakannya, persiapan-persiapan inilah yang harus dilakukan,

  1. Memori

Siapkan memori handphone sebelum melakukan download aplikasi google drive. Karena kebutuhan memori google drive untuk handphone, cukup besar. Untuk itu, disarankan membersihkan dahulu setiap memori yang tidak digunakan dan tidak penting. Jadi, proses intalasi dapat dilakukan dengan lancar, tanpa harus terganggu penuhnya memori.

  1. Internet

Untuk melakukan download aplikasi google drive, anda membutuhkan sambungan internet. Saat berada di lingkungan yang memiliki wifi disarankan untuk memanfaatkannya. Karena kebutuhan internet untuk download sebuah aplikasi cukup besar. Dibandingkan menggunakan mobile data, akan sangat baik untuk memanfaatkan internet gratis yang tersedia.

  1. Email

Berikutnya setelah proses download usai, dibutuhkan sebuah email untuk dimasukkan. Untuk google drive, dibutuhkan email dengan “embel-embel” gmail untuk digunakan. Bila belum memilikinya, anda harus membuatnya terlebih dahulu. Kemudian menggunakannya untuk login pada aplikasi google drive yang telah usai diinstalasi di handphone.

Semua persiapan telah usai, kini waktunya menggunakan semua fitur yang tersedia dalam google drive. Sebagai pemula, anda dapat memanfaatkan regendus.com untuk dapatkan informasi terkait. Lantas, bagaimana cara download file dan upload file dalam google drive dengan smartphone?

pexels.com

Cara Menggunakan Google Drive Upload File

Manfaat utama dari google drive adalah menyimpan file atau upload file, tanpa khawatir memori penuh. Adapun cara yang dapat dilakukan, dapat disimak dalam ulasan dibawah ini,

  1. Pembuatan Akun

Anda yang akan melakukan upload file, harus memiliki akun google dahulu. Akun google drive, dapat menggunakan akun google mail. Namun saat belum memilikinya, dapat membuatnya terlebih dahulu atau mendaftar. Setelahnya hafalkan email dan password untuk login dalam google drive. Setelah masuk, perhatikan apakah membutuhkan folder ataupun tidak.

  1. Folder Baru

Untuk menjaga kerapian folder dan file, disarankan untuk selalu membuat folder baru, khususnya untuk file-file terbaru. Contohnya, untuk file foto liburan buatlah dalam folder terbaru untuk menyimpan seluruh file berkaitan. Kemudian untuk memasukkan file didalamnya tekan tombol +. Di sinilah anda dapat memasukkan berbagai file yang akan diupload.

  1. Pemilihan File

Apakah terdapat file yang tidak ingin dimasukkan? Anda dapat memilihnya sebelum melakukan upload. Setelah menunggu beberapa saat, file dan foto yang diinginkan akan terupload. Untuk memastikan file telah masuk, periksa kembali folder tersebut. Setelah tersedia dan dapat dicek serta download, maka proses upload telah usai dan penyimpanan file telah berhasil.

Untuk melakukan upload atau menyimpan file, dapat dilakukan dengan mudah. Namun, bagaimana dengan cara download file dengan google drive? Apakah semudah menyimpan file?

pexels.com

Cara Menggunakan Google Drive: Download File

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah melakukan download file dengan cepat, apapun bentuk filenya. Langkah-langkah yang harus dijalankan untuk download file, dapat disimak dibawah ini,

  1. Login

Sama seperti menyimpan file, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka akun google. Kemudian lakukan proses pencarian file, kemudian tekan beberapa saat hingga file yang akan didownload memunculkan tanda centang. Setelahnya akan muncul menu pada bagian bawah layar, di sinilah akan ditemukan menu download yang akan membantu proses download.

  1. Download

Setelah menu download muncul, anda dapat menekannya untuk mendapatkan file yang dibutuhkan. Pada handphone lambang download akan ditampilkan dengan ikon anak panah yang menunjukkan arah bawah. Tekan tombol tersebut, kemudian nantikan hingga proses download usai. Jangan hentikan, karena dapat merusak file dan tidak dapat dibuka nantinya.

  1. Penyimpanan

Pada umumnya, setelah proses download usai file akan tersimpan. Bila tempat penyimpanan belum diganti, maka akan nampak secara default dan tersimpan di folder download. Anda dapat menemukannya di folder download, untuk mempermudah cari melalui date modified. Bila dalam hari yang sama terdapat banyak file, carilah melalui file explorer agar lebih cepat.

Bagaimana? Proses download dengan google drive, pun dapat dilakukan dengan mudah. Masalah keamanan menggunakannya pun akan terjamin, karena security systemnya cukup terpercaya. Jadi, masih ragu dengan cara menggunakan google drive di smartphone? Hilangkan keraguan anda dan manfaatkan semua layanan yang diberikannya.