August 12, 2020

Mengintip Manfaat Buah Markisa untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

Bunga markisa acap kali dikenal sebagai buah tropis. Buah berbentuk bulat ini memiliki segudang manfaat bagi para konsumennya, salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit dan wajah. Markisa merupakan buah yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab dari penuaan sel kulit. Jika kulit wajah mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, kulit akan nampak awet mudah dan terhindar dari penuaan dini. Manfaat inilah yang mendorong kita untuk mengkonsumsi buah markisa.

Tidak hanya mengandung antioksidan, markisa juga mengandung vitamin A yang cukup. Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang dapat membantu proses rejuvenasi kulit wajah. Hal inilah yang dapat membuat kulit wajah nampak segar dan bercahaya. Tidak hanya membantu dalam proses rejuvenasi, vitamin A juga dapat mengeksfoliasi sel kulit yang mati. Pergantian sel kulit mati inilah yang membuat kulit nampak terlihat lebih cerah. Manfaat lain dari buah markisa adalah membuat kulit wajah terasa lebih kenyal. Hal tersebut dapat terjadi akibat kandungan asam linoleic yang yang dikandung oleh buah tropis ini. Asam linoleic dapat membuat kulit wajah terasa kenyal dan awet muda. Tidak hanya itu, asam linoleic bahkan dapat menjadikan kulit wajah terasa lembut. Manfaat lainnya dari asam linoleic adalah menghilangkan kerutan atau garis-garis halus yang ada di kulit wajah. Dengan kata lain, wajah akan terhindar dari kerutan.

Jika kita memiliki bekas jerawat pada wajah, masalah tersebut dapat diatasi dengan buah markisa. Buah ini sangat baik dalam menghilangkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Buah yang mengandung anti inflamasi alami ini dapat pula menghilangkan peradangan dan iritasi ringan pada kulit wajah. Untuk menghilangkan bekas jerawat, kita dapat memanfaatkan markisa sebagai masker wajah. Masker dapat dibuat dengan menghaluskan sari dan biji buah menjadi halus. Kita dapat langsung mengaplikasikan masker tersebut ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Untuk mendapatkan manfaatnya, masker dapat digunakan satu kali dalam seminggu.