December 2, 2020

Bisa Jadi Inspirasi, Berikut 6 Rekomendasi Model Rak Perabot Dapur Minimalis

Rak dapur merupakan perabot penyimpanan yang dapat menjadi dekorasi cantik jika ditata dengan rapi. Biasanya rak dapur digunakan sebagai tempat meletakkan aneka peralatan masak hingga koleksi piring atau aneka bumbu dapur. Supaya tampilan keindahan rak dapur semakin nampak, penting untung menyesuaikan model rak dengan desain rumah yang Anda miliki. Untuk Anda yang menginginkan dapur minimalis, berikut rekomendasi rak perabot dapur yang dapat menjadi inspirasi.

Enam Rekomendasi Rak Dapur Minimalis yang Bisa Anda Coba di Rumah

  1. Rak Dapur Minimalis Dengan Gaya Bernuansa Putih yang Polos

Jika Anda menyukai sentuhan klasik di dapur yang dimiliki, rak dapur berwarna putih bisa menjadi ide utama yang bisa digunakan. Warna putih menjadi salah satu opsi warna yang sangat cocok digunakan jika gaya dapur Anda adalah minimalis. Selain dapat menampilkan nuansa klasik, warna putih juga bisa memberikan kesan luas terhadap dekorasi dari dapur yang Anda miliki.

Rak dapur minimalis ini bisa dipasang pada dinding untuk menata aneka mangkuk, piring, dan cangkir kesayangan yang memiliki desain menarik. Dengan meletakkan perlengkapan makan pada rak dinding, Anda dapat dengan mudah menemukan perabotan saat sedang ingin menggunakannya. Selain itu, dengan menempatkan koleksi dari piring, cangkir dan mangkuk yang berbahan keramik di atas rak bisa menjadikan mereka penghias dapur yang cantik.

  1. Rak Dapur Minimalis Dengan Menggunakan Aksen Kayu yang Indah

Nuansa yang di dapat dari kayu selalu memberikan kesan alami yang menenangkan ruangan mana pun termasuk di dapur yang Anda miliki. Rak dapur minimalis dari bahan kayu solid tak hanya menampilkan keindahan, namun juga dapat memberikan kesan fungsionalnya jika dirawat dengan tepat. Aksen pada kayu di rak dapur Anda dengan konsep minimalis akan menghadirkan karakter unik pada area memasak.

Untuk pilihan material kayu yang tepat, rak perabot dapur bisa dipilih dengan kayu pinus. Kayu pinus solid merupakan bahan alami yang bertambah indah dengan seiring berjalannya waktu. Selain itu, kayu pinus juga cukup kuat sehingga dapat awet jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apabila Anda membutuhkan tempat penyimpanan berbagai macam perabotan di segala ukuran, rak dapur kayu menjadi solusi tepat yang bisa digunakan karena ketahanannya.

  1. Rak Dapur Dengan Ukuran yang Tinggi dan Ramping Untuk Area Dapur yang Terbatas

Salah satu konsep gaya minimalis adalah dapat memanfaatkan ruang sebaik mungkin dengan lahan terbatas. Maka dari itu, jika Anda mempunyai ruang dapur yang terbatas, lemari rak dengan desain yang tinggi dan ramping bisa menjadi alternatif yang dipilih. Anda dapat dengan mudah meletakkannya dua bagian pojok dapur yang sempit. Lemari dengan rak tinggi memungkinkan Anda untuk menyimpan cukup barang dengan lahan yang sempit.

Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan lemari rak dengan desain tinggi dan ramping. Salah satunya adalah mengencangkan lemari rak pada dinding untuk menghindari berbagai risiko seperti terjatuh. Selain hal tersebut, pastikan untuk memilih rak yang terbuat dari material yang kuat agar dapat menampung perlengkapan yang berat dan berukuran besar.

  1. Rak Dapur Minimalis Dengan Material Stainless Steel yang Kuat

Bahan baja anti karat atau yang familier disebut dengan stainless steel memang menjadi favorit bagi banyak orang karena ketahanannya jika dipakai hingga bertahun – tahun. Selain itu, perabot berbahan ini juga mudah pada perawatannya, sehingga sangat cocok digunakan di area dapur yang rentan terkena cipratan noda ataupun minyak ketika Anda sedang memasak. Cukup bersihkan rak perabot dapur stainless steel menggunakan lap basah maka akan langsung bersih.

Untuk pilihan desain dari rak dapur minimalis dengan bahan stainless steel yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakannya mulai dari rak piring hingga lemari dengan ukuran besar sebagai tempat penyimpanan berbagai kebutuhan dapur, seperti stoples dari bumbu dapur hingga peralatan memasak. Jangan lupa memasangnya dengan alat pengencang pada dinding untuk menghindari risiko terjatuh pada rak.

  1. Rak Dapur Dilengkapi dengan Meja Untuk Menambahkan Dari Segi Fungsionalnya

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk menambahkan lemari rak atau rak dinding, Anda dapat memanfaatkan perabot yang multifungsi seperti meja dapur yang dilengkapi dengan rak pada bagian bawahnya. Permukaan meja bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menyiapkan bahan makanan atau sebagai alat makan. Sementara pada bagian bawahnya yang berupa rak, bisa Anda gunakan untuk menyimpan perlengkapan makan.

Perabotan yang dapat Anda simpat pada bagian bawah rak seperti gelas, piring, mangkuk hingga kebutuhan lainnya. Dengan menggunakan perabot yang serbaguna seperti ini, Anda tidak hanya dapat menghemat tempat, namun juga anggaran yang dimiliki karena tidak usah membeli banyak perabot pada hunian yang dimiliki. Selain itu, rak meja ini ada yang juga dilengkapi dengan roda, sehingga memudahkannya jika ingin dipindahkan ke tempat lain.

  1. Rak Dapur dengan Pintu Kaca yang Besar

Apabila Anda memiliki koleksi perlengkapan makan dengan ukuran besar dan banyak, Anda bisa menggunakan lemari rak dengan pintu. Lemari rak dapat menyimpan banyak perlengkapan makan dan perabotan dapur. Terlebih jika spice rack ideas Anda dilengkapi dengan pintu berbahan kaca, Anda bisa menjadikan tempat untuk memamerkan koleksi piring keramik yang memiliki desain dekoratif.

Jika ingin lebih menonjolkan perabotan yang Anda miliki, tambahkan juga lampu terintegrasi di dalam lemari rak perabot dapur agar koleksi perlengkapan makan Anda lebih bersinar. Karena tampilannya yang menawan, Anda bisa meletakkan lemari rak dapur dengan pintu kaca di ruang makan dan menjadikannya sebagai tambahan dari dekorasi hunian rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pintu dengan permukaan papan tulis untuk membuat kesan unik.

Itulah beberapa rekomendasi rak dapur minimalis yang dapat Anda gunakan di rumah. Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan desain dapur yang dimiliki. Jika memiliki area terbatas, lebih baik untuk menggunakan rak ramping dan tinggi, memilih rak dinding bernuansa kayu atau rak berwarna putih untuk menampilkan kesan lebih luas. Namun, jika Anda memiliki area yang luas, rak besar dengan pintu bisa menjadi solusi yang tepat.