December 2, 2020

Hidupkan Nuansa Elegan Lewat Model Ruang Tamu Minimalis

 

Berbicara mengenai konsep ruang tamu membuat pikiran tertuju pada model minimalis. Meskipun style ini seringkali digunakan oleh bangunan dengan lahan yang tidak luas. Namun, pada kenyataannya mayoritas orang lebih tertarik pada sentuhan elegan dari konsep sederhana. Tugas yang kemudian menjadi tantangan ialah bagaimana Anda mampu menyesuaikan space yang ada dengan prabot yang dibutuhkan.

Mungkin pemilik rumah mampu menyiasatinya dengan memilih produk unggulan di toko mebel. Tetapi banyak juga dari mereka yang tidak menyediakan barang yang diinginkan. Sehingga mau tidak mau Anda harus memilih bagian yang memang cocok diletakan pada konsep minimalis. Poin yang tak kalah untuk diperhatikan ialah bagaimana ruang tamu dengan ukuran mungil mampu menciptakan nuansa cozy?

Nah, pada tiitk seperti ini Anda bisa meminta bantuan dari arsitektur ataupun jasa bangunan lain. Sebab, jangan sampai karena terlalu memaksakan kehendak ruang tamu yang tercipta malah terkesan aneh dan tak nyaman. Menggunakan jasa arsitektur juga penting untuk Anda yang memang tidak paham dengan tata letak. Sebab, tempat tinggal yang sehat adalah semua aspek yang diperlukan mampu terpenuhi. Mulai dari udara, pencahayaan, hingga lokasi yang strategis.

Dibeberapa wilayah di Indonesia masih sangat mempercayai letak lokasi rumah yang membawa keburuntangan dan kesialan. Meskipun belum terdapat penelitian akan hal tersebut. Namun, tidak ada salahnya juga Anda memperhatikannya karena rasionalnya rumah dengan letak tusuk sate memang menyulitkan aktivitas. Bahkan tidak banyak yang menyangkutpautkannya dengagn kegiatan mistis. Sampai disini diharapkan Anda memahami pentingnya pemilihan letak hunian.

Sebab, pada dasarnya rumah bukan sekedar bangunan yang nantinya digunakan sebagai tempat istirahat. Tempat tinggal mempunyai fungsi lebih luas. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa rumah adalah bentuk surga pertama. Disini manusia baru akan bermunculan. Mereka akan mengenal orang terdekat, kasih sayang, kejujuran, serta kerukunan.

Esensi tersebut yang kemudian membuat setiap dari Anda melakukan usaha maksimal untuk menciptakan hunian idaman. Uniknya setiap bagian dalam rumah mempunyai nilai yang tak sama. Anda tidak bisa menyamanakan kamar dengan ruang tamu. Keduanya secara natural memiliki sensasi yang berbeda. Jadi, ornamen, dekor, hingga model yang digunakan perlu dibedakan.

Model Ruang Tamu Nyaman Nan Elegan

Ruang tamu termasuk space yang nantinya akan mengambarkan diri pemilik rumah pada orang lain. Hal tersebut terjadi begitu saja karena efek yang ditimbulkan oleh desain serta dekar yang Anda gunakan. Meskipun hal semacam ini tidak terlalu penting. Namun menjadi sangat penting karena setiap detail yang Anda gunakan akan mempengaruhi kenyamanan tamu. Setidaknya, pemilik rumah harus memastikan setiap bagian mempunyai pengaruhi positif untuk orang lain.

Pada kenyataannya konsep semacam ini tidak melulu memperlukan space yang luas dan lebas. Anda hanya perlu memaksimalkan ruang yang ada. Pasalnya, sekarang sudah banyak model ruang tamu yang menerapkan kesan miminalis serta elegan secara bersamaan. Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikan dekor dengan aksesoris yang sesuai. Bagi pengemar vintage bisa menggunakan style klasik untuk menambah nuansa cozy.

Sedangkan untuk Anda yang suka dengan kesan Yunani. Silakan mengambungkan model minimalis dengan ornamen Athena yang terdominasi oleh warna putih. Keunggulan menggunakan dekor putih ialah membuat ruang terlihat lebih luas. Secara otomatis Anda bakal merasa leluasa meletakan detail lain. Mulai dari tanaman hingga lukisan dengan konsep serupa. Sedangkan bagi Anda yang mempunyai sisi frontal. Bisa menyiratkannya lewat aksesoris hunian yang unik.

Hal serupa sering dilakukan oleh para pecinta hewan. Selain itu, pemilihan warna juga sangat memengaruhi. Banyak dari profesional yang menyarakan untuk mengambil warna pastel. Sebab, warna tersebut terkenal mampu membangkitkan nuansa nyaman serta lembut. Tetapi bagi Anda yang ingin mengambil pilihan lain. Mengaplikasikan warna coklat tua dengan nuansa kehitaman juga tidak ada salahnya.

Perpaduan tersebut akan menciptakan sensasi alam yang tak kalah menawan. Pada intinya, jangan sampai Anda menggunakan warna dark untuk ruang tamu. Selain gelap, pemilihan tersebut akan mewujudkan ruang tamu yang terlihat penuh sekaligus sempit. Kecuali untuk kamar pribadi. Silakan Anda menggunakannya karena memang ruang tersebut menjadi privasi setiap pemilik kamar.

Detail Ruang Tamu yang Perlu Diperhatikan

Bagian yang juga wajib diperhatikan ialah detail ruang tamu. Buatlah konsep yang mudah dipahami serta enak untuk dipandang. Misalnya saja, Anda memilih model minimalis ala Victorian. Dimana warna putih mendominasi ruang tamu. Nah, pada titik tersebut pemilik rumah diharapkan mampu menambahkan kesan Victoria dengan detail jelas.

Salah satu yang bisa Anda gunakan ialah penggunaan lukisan dan akses bebatuan. Sedangkan untuk furnitur pilih kursi yang sederhana. Mebel Jepara akan membantu Anda dalam proses pemilihan kursi dan sofa. Setelah itu, bagi para pecinta tanaman juga diperbolehkan untuk menambahkan tamanan hijau. Sesuaikan jenisnya dengan ruang tamu.

Kondisi ini perlu diperhatikan untuk mempermudahkan perawatan. Bayangkan saja, kombinasi hijau dan putih bakal menjadi permaduan warna nan cantik. Tidak hanya itu, pemilihan model ruang tamu itu secara langsung mengubah kesan minimalis menjadi super menawan.