December 2, 2020

Apa Obat Herbal Mata Minus Tanpa Efek Samping? Lihat di Sini

Mata minus adalah istilah yang sering digunakan oleh orang awam untuk menyebut gangguan penglihatan rabun jauh. Orang yang matanya minus tidak akan bisa melihat benda-benda dari jarak jauh dengan penglihatan normal. Oleh sebab itu, agar penderita rabun jauh bisa melihat dari jarak jauh dengan jelas lagi, dipakailah kacamata sesuai besaran minusnya.

Pada zaman sekarang, agar aktivitas tidak terganggu dengan pemakaian kacamata, maka orang menggantikannya dengan lensa kotak atau contact lens. Namun, ternyata tidak semua orang cocok menggunakan lensa kecil yang langsung ditempelkan di mata tersebut, bahkan ada yang mengalami iritasi pada mata. Karena itulah, banyak orang memilih menggunakan obat herbal mata minus.

Obat Tradisional dan Alami untuk Mengatasi Mata Minus

Ada beberapa cara yang dilakukan orang sebagai alternatif untuk mengatasi mata minus. Salah satunya adalah dengan cara tradisional, yaitu menggunakan bahan alami yang ada di sekitar. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal mata minus? Ini dia daftarnya.

  1. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memang sudah sangat lama dikenal sebagai sumber vitamin A yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten yang ada di dalam wortel bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi mata. Selain itu, wortel mengandung senyawa protein yang disebut dengan rhodopsin. Senyawa ini bertugas untuk membantu retina mata menyerap cahaya dengan baik.

  1. Kurma Muda

Buah manis asal jazirah Arab, yaitu kurma, yang usianya masih muda juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan mata minus. Buah kurma muda mengandung karotenoid yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas penglihatan Anda. Karotenoid juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan mata, terutama pada lansia. Tidak perlu ke Arab, datang saja ke agen herbal untuk membeli kurma muda.

  1. Lidah Buaya

Selama ini, masyarakat hanya tahu bahwa lidah buaya bagus untuk merawat kulit dan rambut, tetapi nyatanya baik juga untuk mata. Kalau Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai obat herbal mata minus, caranya cukup mudah. Buatlah jus lidah buaya dan minum secara teratur setidaknya selama seminggu. Agar bau lidah buaya bisa berkurang, campurkan madu atau perasan lemon ke dalamnya.

  1. Daun Sirih

Salah satu jenis tumbuhan yang dikenal memiliki banyak khasiat adalah daun sirih. Kandungan antiseptik daun sirih sering dimanfaatkan untuk berbagai produk kesehatan. Nah, daun sirih bisa juga dijadikan sebagai obat herbal mata minus.

Minyak esensial dan minyak atsiri pada daun sirih akan mengurangi mata minus secara alami. Caranya adalah dengan merendam mata Anda ke dalam air daun sirih atau langsung gunakan sebagai masker mata.

  1. Buah Bit

Jenis buah lainnya yang bisa dipakai untuk obat herbal mata minus adalah bit yang memiliki warna merah. Buah yang bentuknya seklias mirip dengan ubi jalar tersebut sangat ampuh sebagai obat mata yang minus. Bahkan, mata minus yang sudah parah diyakini bisa sembuh dengan buah bit tersebut. Buatlah jus buah bit dan konsumsi secara rutin.

  1. Susu Pasteurisasi

Minum susu murni yang telah melalui proses pasteurisasi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi pada susu pasteurisasi lebih terjaga daripada cara olahan lainnya. Susu bisa menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan tulang, dan juga memperbaiki kondisi mata.

Cara Lain Mengobati Mata Minus

  • Melepas Kacamata Ketika Tidak Digunakan

Tampak seperti sesuatu yang sederhana, tetapi nyatanya melepaskan kacamata saat tidak digunakan berpengaruh pada mata minus. Memakai kacamata terus-menerus justru akan membuat mata menjadi selalu fokus pada lensa. Aktivitas mata tersebut membuat otot-ototnya selalu tegang karena tidak ada gerakan pada bola mata. Jadi, kalau tidak sedang digunakan lebih baik lepas saja kacamata Anda.

  • Rajin Melakukan Senam Mata

Ternyata bukan hanya badan saja yang membutuhkan senam, mata Anda juga. Senam mata yang rajin dilakukan akan bermanfaat pada kesehatan organ penglihatan tersebut. Lakukanlah senam mata setiap pagi dengan durasi sekitar 5 menit. Gerakkan mata ke segala arah secara perlahan. Lakukan gerakan mata ke arah atas, bawah, kiri, kanan, dan memutar searah dengan jarum jam.

  • Menjemur Mata

Anda bisa mengurangi minus pada mata dengan cara rutin berjemur setiap pagi hari. Menjemur mata setiap pagi membantu mata mendapatkan asupan vitamin D. Cukup tutup mata Anda, lalu arahkan pada sinar matahari, dan tunggu hingga terasa hangat. Lakukan selama sekitar 10 menit untuk mendapatkan hasil yang terbaik.