October 20, 2020

Ingin Berlibur? Berikut Tips Jelajahi Objek Wisata Saat New Normal

Seiring dengan adanya penerapan new normal, banyak objek wisata yang dibuka. Selama perjalanan liburan tersebut, anda harus bisa menjaga diri dan orang sekitar. Hal tersebut tentunya akan membuat anda dan orang sekitar tetap terjaga dari penyebaran virus corona yang sedang mewabah ini. Untuk itu, berikut ini akan diulas berbagai tips untuk bisa jelajahi tempat wisata saat new normal.

Tips Menjelajahi Tempat Wisata Saat New Normal

Pixabay.com
  1. Menyiapkan Beberapa Dokumen

Sebelum anda memesan tiket atau membooking sebuah hotel pilihan, sebaiknya anda melakukan pencarian informasi resmi mengenai meliputi syarat dan ketentuan yang harus disiapkan untuk menuju sebuah tempat wisata tertentu. Serta menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Hal tersebut dilakukan agar anda tetap mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

  1. Mentaati Segala Peraturan Terbaru

Berlakunya masa new normal ini, membuat pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk tetap patuh pada protokol atau peraturan yang telah ditetapkan selama di objek wisata. Biasanya peraturan tersebut terkait masalah pembatasan jumlah pengunjung, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya. Anda harus mematuhi segala peraturan ini, agar bisa menikmati liburan dengan tenang dan tanpa adanya rasa khawatir.

  1. Melakukan Solo Traveling atau Staycation

Di masa new normal ini, anda dianjurkan untuk memilih solo traveling yang berarti melakukan perjalanan sendirian tanpa adanya pendamping. Banyak orang yang suka melakukan solo traveling ini, dikarenakan ia merasa bebas untuk bisa membuat sebuah rencana perjalanan tanpa mendapatkan masukan dari orang lain. Begitupula di masa pandemi seperti sekarang dimana anda bisa melakukan perjalanan dengan aman karena menghindari berjalan secara berkerumun.

Dikutip dari Inn on the Drive, staycation merupakan kegiatan liburan di dekat rumah. Anda bisa memilih staycation di situasi pandemi seperti ini, dengan cara memesan tempat menginap yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar kota hanya untuk pergi ke berbagai tempat wisata yang jauh. Lakukan riset terlebih dahulu di beberapa tempat terdekat yang ideal dijadikan sebagai lokasi berlibur.

  1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Berlibur tak harus pergi ke tempat yang jauh seperti luar kota, anda bisa menjelajahi kota tempat tinggal anda yang dirasa unik serta yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dengan begitu, anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menuju ke objek wisata yang jauh. Cukup dengan menggunakan kendaraan pribadi agar bisa terhindar dari kerumunan orang yang bisa menyebabkan terjadinya penyebaran virus corona.

  1. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik yang sangat berguna untuk membunuh berbagai kuman yang berbahaya. Anda bisa membawa barang satu ini agar tetap higienis saat berada di luar rumah. Antiseptik ini memiliki berbagai macam yaitu gel, semprot, dan cairan. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga jenis hand sanitizer tersebut, yang sekiranya bisa memudahkan anda ketika berada di luar rumah.

  1. Membawa Perlengkapan Kebersihan Lainnya

Selain hand sanitizer, anda juga bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan kebersihan lainnya seperti tisu basah, tisu kering, atau sabun cair. Anda bisa membawa semua perlengkapan tersebut untuk melindungi anda agar tetap higienis dan terhindar dari berbagai virus. Jika anda merasa keberatan membawa semua perlengkapan tersebut, maka pilihlah salah satu yang memudahkan bagi anda.

  1. Membawa Peralatan Pribadi

Setelah menyiapkan berbagai perlengkapan kebersihan di atas, selanjutnya anda harus membawa peralatan pribadi seperti alat makan, botol minuman, sandal, serta handuk. Meski biasanya terdapat objek wisata yang menyediakan peralatan tersebut, tetapi lebih baik anda bisa menggunakan peralatan milik anda sendiri. Tentunya hal tersebut bertujuan agar anda tidak tertular virus dari penggunaan perlengkapan secara umum.

  1. Menggunakan Masker

Masker kini menjadi salah satu barang yang wajib dikenakan di setiap aktivitas dan kemanapun anda pergi. Karena barang ini dipercaya bisa mencegah penyebaran virus corona melalui droplet. Selain untuk mencegah virus masuk, masker juga bisa membantu terhindar dari debu serta polusi selama di perjalanan. Dikarenakan masker medis hanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan, anda tetap bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan kain.

  1. Menghindari Destinasi Wisata yang Ramai

Selama masa PSBB, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tinggal dan melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah. Sehingga banyak orang yang merasa bosan karena terlalu lama di dalam rumah. Beruntungnya beragam objek wisata sudah mulai dibuka pada era new normal ini, sehingga membuat orang berbondong bondong pergi kesana untuk melepaskan kejenuhan mereka selama masa PSBB.

Oleh karena itu usahakan mencari tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan. Jika menginginkan pergi ke tempat wisata yang banyak dikunjungi orang, maka usahakan untuk datang lebih awal. Kemudian saat berada di dalam tempat wisata, usahakan untuk tetap patuhi protokol kesehatan dengan melakukan social distancing atau jaga jarak antar pengunjung. Tak lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan demi memutus rantai persebaran virus corona.

  1. Melakukan Transaksi Secara Non-Tunai

Uang merupakan salah satu media dari penyebaran bakteri dan virus. Oleh karena itu anda harus bisa meminimalisir penggunaan uang cash dalam bertransaksi. Anda bisa memanfaatkan sarana pembayaran melalui online yang kini sudah banyak tersedia di berbagai tempat terutama di tempat wisata. Dengan begitu anda bisa melindungi diri sendiri dan orang lain agar bisa terhindar dari penyebaran virus corona dengan efektif.

  1. Istirahat yang Cukup

Pixabay.com

Melakukan perjalanan ke objek wisata untuk liburan tentunya akan sangat menyenangkan bagi anda. Namun disisi buruknya anda akan mengalami kelelahan yang berlebih. Istirahatlah yang cukup agar anda bisa segar kembali keesokan harinya. Jika anda merasa kesusahan tidur, maka hindari bermain gadget di malam harinya kemudian istirahatkan tubuh anda dengan tidur lebih awal.

Berdasarkan pemaparan yang kami peroleh dari Berita Fokus Jabar, beberapa tips tersebut digunakan untuk liburan ke berbagai destinasi wisata di masa new normal seperti ini. Patuhi tiap peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, agar liburan anda tetap menyenangkan. Serta hal tersebut bisa membuat anda terhindar dari penyebaran virus corona yang sedang mewabah ini.