May 23, 2022

4 Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Dibeli

Jogjakarta menjadi salah satu tempat wisata populer di Indonesia. Kawasan yang ramah, damai, dan penuh situs sejarah menjadikan kota tersebut kerap membuat wisatawan kembali berkunjung. Eksistensi Kota Pelajari ini sudah tidak perlu diragukan. Apalagi sekarang, Jogjakarta telah menciptakan beberapa kawasan wisata alam yang lebih lengkap dengan pesona yang tak pernah hilang begitu saja. Pengunjung dipersilakan menikmati semua destinasi yang ditampilkan untuk merasakan udara segar khas Jogja yang disebut-sebut lebih sejuk dari kota lain di Tanah Air.

Kepopuleran Jogja bukan sekedar isapan jempol belaka, pasalnya beberapa sumber menjelaskan bahwa Jogja mempunyai daya tarik yang membuat wisatawan dari dalam dan luar negeri berkeinginan untuk mengunjunginya. Bukan hanya karena wisata alam keren yang terus diperbaharui, Jogjakarta berhasil membuat para pengunjung betah karena keunikan dari kota tersebut tidak dapat terelakan. Misalnya saja, pelestarian kesenian Jawa yang masih begitu terasa. Pemeliharaan candi dengan berbagai pelajaran didalamnya, sampai dengan wisata-wisata sejarah lain yang semuanya masih dapat diakses secara langsung.

Oleh-Oleh Super Hits di Jogja

Setelah puas menyaksikan semua pesona sudut kota Jogja. Berikutnya, Anda tidak boleh ketinggalan untuk berburu oleh-oleh. Seperti tempat wisata pada umumnya, Jogjakarta telah menyiapkan ratusan oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang. Bagaimanapun Anda tidak dapat berbohong, bahwa  oleh-oleh akan menjadi aspek terakhir dari penyempurna liburan. Bukankah Anda menyetujuinya? Jika iya, langsung saja. Berikut deretan oleh-oleh Khas Jogja yang mesti Anda bawa pulang:

  1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Inovasi terbaru dari bakpia menjadi standar yang sangat menarik untuk para wisatawan. Bentukan bakpia kukus Tugu Jogja dinilai lebih menarik dengan selimut coklat. Tekstur empuk dengan rasa kacang hijau didalamnya membuat bakpia ini laris manis  di pasaran. Kabar menyenangkannya, Anda yang tidak bisa ke Jogja bisa meminta pengiriman lewat ekspedisi Jogja yang banyak bermunculan.

  1. Bakpia Pathok

Oleh-oleh khas Jogja yang juga tidak boleh ketinggalan adalah Bakpia Pathok. Sebelum kemunculan variasi bakpia, kue kering dengan beberapa macam isian ini sudah duluan melegenda. Bahkan hampir semua toko oleh-oleh khas Jogja akan menghadirkan Bakpia Pathok sebagai rekomendasi oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

  1. Gudeng

Tidak lengkap rasanya, jika ke Jogja tanpa mencicip cita rasa gudeg yang melegenda seantero negeri. Makanan dengan dominasi rasa manis ini terus dikembangkan menjadi salah satu kulineran super kebanggaan Jogja. Bahkan bagi Anda yang ingin membawanya untuk dijadikan oleh-oleh, gudeng diracik dengan baik dan dikemas menggunakan kaleng special.

  1. Yangko

Bagi penggemar kue manis dengan tekstur kenyal,  Jogja mempunyai juara utama yang tidak pernah lekang. Kue mirip mochi ini sering disebut Yangko dengan cincangan kacang didalamnya. Tampilan kue semakin cantik, pasalnya diwarna dengan warna-warna nan menggugah selera.

Daya Tarik Wisata Alam Jogjakarta

Seperti yang sudah banyak diketahui, Jogjakarta hadir sebagai salah satu kota dengan deretan wisata alam yang tidak pernah berkurang. Tidak hanya itu, daya tarik kota ini kian menarik karena situs sejarah masih terjaga dengan baik. Disini, Anda bisa dengan mudah melihat kilas balik sejarah lewat penceritaan Candi Prambanan. Dari awal pintu masuk saja, pengunjung sudah bisa merasakan gemerlap masa lalu lewat kokohnya candi tersebut. Anda bisa menaiki setiap undakan candi, melihat relief yang berada ditepian candi, hingga memotretnya sebagai bagian dari liburan yang menyenangkan.