August 3, 2021

Pajak: Pengertian dan Fungsi Pokoknya

 

Deskripsi

Telah menjadi suatu kewajiban bagi seorang warga negara yang telah memenuhi syarat untuk membayar pajak pada negara. Kenali pengertian pajak dan fungsinya berikut ini.

 

Artikel

Pajak merupakan suatu alat pengendalian keuangan di suatu negara disamping manfaat dasarnya sebagai suatu kewajiban bagi setiap warga negara yang telah memenuhi syarat. Agar tidak keliru dalam memahami definisi pajak, silakan pelajari penjabarannya pada sub bab pokok berikut ini.

Definisi Pajak Secara Umum

Pajak secara sederhana dapat dijabarkan sebagai suatu pungutan wajib yang dibebankan pada setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan. Jika lebih diperinci, maka pengertian pajak akan memiliki konteks makna yang lebih luas karena menyangkut beberapa pos pengelolaan. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kontribusi masyarakat lewat pajak tersebut nantinya akan dikelola pemerintah untuk pembiayaan baik di daerah maupun pusat.

Fungsi Pokok Pajak Bagi Negara

Selain pengertian pajak, Anda pun harus memahami apa saja fungsi pokok dari pajak tersebut. Berikut penjelasannya untuk Anda simak bersama.

1.     Fungsi Mengatur

Pertama pajak digunakan untuk mengatur laju inflasi, dapat mengatur serta menarik investor, alat perlindungan produk dalam negeri dan lain sebagainya.

2.     Fungsi Pemerataan

Digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, pajak akan masuk dalam sumber pengelolaan dana di daerah maupun pusat.

3.     Fungsi Anggaran

Sebagai sumber dana yang menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran negara, pajak harus masuk dalam pos anggaran yang dikelola oleh pemerintah.

4.     Fungsi Stabilisasi

Terakhir pajak digunakan sebagai alat kelengkapan untuk mengatasi beberapa kendala keuangan yang menimpa suatu negara, seperti inflasi, banyaknya jumlah uang yang beredar, dan sebagainya.

Itu dia penjelasan terkait dengan pengertian pajak dan fungsi dari pajak itu sendiri. Anda bisa menambah referensi dari sumber terpercaya lainnya guna menyempurnakan info yang diperoleh. Semoga bermanfaat.