October 1, 2020

Ketahui Apa Pengertian Branding Menurut Para Ahli

Branding atau pembentukan citra dan reputasi produk sangatlah penting bagi kemajuan bisnis dan perusahaan. Tanpa branding yang kuat akan sangat sulit bagi sebuah produk bisa memenangkan persaingan di pasaran. Branding yang kuat menunjukkan bahwa merek dari sebuah produk tertentu memiliki reputasi bagus di mata konsumen. Reputasi bagus akan membuat produk lebih mudah dipasarkan.

Begitu pentingnya branding bagi sebuah produk tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang memiliki bagian tersendiri untuk melakukannya. Istilah branding sendiri berasal dari kata brand yang berarti merek. Dengan kata lain branding memiliki arti umum sebagai komunikasi oleh perusahaan untuk membangun merek. Komunikasi dalam branding bisa dalam bentuk visual, verbal dan lainnya.

Beberapa ahli kemungkinan memberikan definisi dan pengertian yang berbeda pada istilah branding tersebut, seperti yang disebutkan berikut ini.

Pengertian dan Definisi Branding Menurut Ahli

Kotler

Branding dapat diartikan sebagai pemberian nama, tanda, istilah, simbol, rancangan atau perpaduan dari semua hal tersebut. Pemberian nama dan lainnya tersebut memiliki tujuan untuk mengidentifikasi produk baik berupa barang dan jasa serta kelompok penjual. Hal tersebut dilakukan agar sebuah produk memiliki perbedaan dengan pesaingnya.

Landa

Branding menurut Landa bukan sebatas pada nama dagang atau sekedar merek saja melainkan berkaitan juga dengan hal yang kasat mata. Sesuatu yang kasat mata tersebut antara lain adalah logo, ciri visual, nama dagang, citra, persepsi di benak konsumen dan banyak lagi. Logo yang disertai jargon bagus misalnya akan lebih mengena di pikiran masyarakat sehingga membentuk branding yang kuat.

Oleh sebab itu pembuatan logo pada sebuah merek tidak boleh dilakukan dengan sembarangan jika ingin membentuk branding kuat. Buatlah logo dengan gambar ataupun simbol yang eye-catching dan pesanlah pada jasa huruf timbul terpercaya. Dengan begitu setiap orang yang melihatnya langsung akan tersimpan dalam ingatan.

Marty Neumeier

Branding merupakan semua program dan segala upaya yang didesain untuk meningkatkan value atau nilai sebuah produk. Branding juga berarti usaha yang dilakukan perusahaan untuk menghindari terjadinya komoditisasi dengan cara membangun merek yang berbeda.

Janita

Branding adalah kata, ide, suara atau bunyi dan desain grafis yang menjadi simbol sebuah produk baik berupa jasa ataupun barang. Branding juga akan menjadi simbol bagi perusahaan yang menghasilkan produk tersebut.

Rangkuti

Menurut Rangkuti branding adalah kumpulan asosiasi dari sebuah merek yang telah terbentuk dalam persepsi masyarakat. Persepsi terhadap produk ini akan melekat dalam ingatan konsumen.

Setiadi

Sementara Setiadi mengatakan bahwa branding bisa diartikan sebagai keseluruhan persepsi yang terbentuk dalam ingatan konsumen. Persepsi tersebut terbentuk dari adanya beberapa informasi berasal dari banyak sumber yang diterima oleh konsumen setiap saat.

Wikipedia

Apa kata Wikipedia mengenai pengertian dari istilah branding? Menurut Wikipedia branding adalah sebuah proses penciptaan dan peninggalan tanda jejak pada benak konsumen. Pemberian tanda jejak tersebut dilakukan dengan berbagai cara yang dirancang khusus agar bisa memberikan dampak dalam kehidupan konsumen.

Agar efektif dan berhasil branding harus dilakukan dengan cara yang tepat seperti yang disebutkan berikut ini.

Cara Branding yang Efektif

Membuat Karakter yang Mantap

Maksud dari karakter yang mantap yaitu apakah brand atau merek yang Anda miliki tersebut memenuhi apa yang dibutuhkan pasar dan pelanggan atau tidak. Selain itu perlu dipelajari apakah produk dan merek tersebut sudah sesuai dengan target pasar yang ingin diraih. Sebagus dan sekeras apapun branding yang Anda lakukan jika tidak sesuai dengan target pasarnya hanya akan sia-sia saja.

Anggap Produk Sebagai Manusia

Apakah yang dimaksud dengan menganggap produk sebagai manusia tersebut? Maksudnya adalah bentuklah produk hingga memiliki karakter yang kuat di ingatan konsumen sebagaimana manusia. Karakter tersebut haruslah dibentuk dari nilai, kepercayaan pelanggan dan tujuan. Orang akan mengingat orang lain dari karakter yang ditunjukkannya begitu juga dengan produk dan merek tertentu.

Buat Logo dan Jargon

Pengaruhi persepsi pelanggan melalui panca indera mereka yaitu mata dan telinga. Logo sebuah merek atau produk akan dikenali konsumen melalui penglihatannya kemudian akan dibentuk menjadi persepsi dan disimpan dalam ingatan. Sedangkan jargon atau tagline yang menyertai produk akan didengar telinga konsumen. Selanjutnya akan digunakan untuk mengidentifikasi produk setiap mendengarnya.

Semua cara di atas merupakan langkah untuk yang bisa dilakukan oleh produk ataupun perusahaan produsennya. Tujuannya adalah agar branding produk bisa berhasil dan efektif sehingga akan memenangkan persaingan.