December 2, 2020

Penyebab Bayi Susah BAB

Bayi susah BAB? agaknya kasus kali ini jarang sekali, bukan? Namun, bukan berarti tidak mungkin terjadi. Terlebih saat si bayi masih mengkonsumsi ASI. Untuk mengetahui apa penyebab bayi susah BAB, baca artikel ini sampai selesai!

Kekurangan Cairan

Menimbang bayi masih mengkonsumsi ASI, bisa pula dikatakan bahwa salah satu penyebab bahwa bayi susah BAB adalh karena dehidrasi. Dehidrasi adalah kurangnya cairan di dalam tubuh manusia.

Kekurangan cairan di dalam tubuh bayi menjadikan cairan yang ada di bagian tinja diserap oleh tubuh, sehingga tinja pun menjadi keras. Maka tidaklah heran bila kasus ini membuatnya sulit buang air besar.

Peralihan Makanan dari Cair ke Padat

Susah BAB dapat disebabkan karena bayi mengalami peralihan makanan dari cair ke padat. Sering kali terjadi pada bayi yang mengkonsumsi ASI ke makanan, terlebih makanan yang mengandung serat rendah.

Beberapa makanan yang mengandung serat rendah akan memungkinkan bayi sulit buang air besar. Seperti halnya, nasi. Oleh sebab itu, untuk menjaga asupan cairan bayi, mengkonsumsi buah pisang adalah pilihan terbaik.

Mengkonsumsi Susu Formula

Kemungkinan lainnya kenapa bayi jadi susah buang air besar adalah karena bayi tersebut mengkonsumsi susu formula. Beberapa susu formula bisa saja tidak memiliki kandungan protein yang seimbang.

Sehingga hal ini dapat menjadikan bayi susah buang air besar bahkan terkena sembelit. Sementara pada ASI memiliki kandungan protein dan lemak yang seimbang, sehingga tinja bayi kemungkinan akan selalu lunak.

Kondisi Usus Bayi

Bukan hanya sebab-sebab di atas saja yang menjadikan bayi anda susah buang air besar. Melainkan seperti halnya kondisi medis yang mengungkap bahwa usus bayi terjadi penyempitan bisa jadi penyebab kenapa BABnya susah.

Namun ternyata penelitian mengenai studi kasus kondisi usus bayi ini terbilang sangat jarang sekali terjadi. Biasanya paling tidak terkena alergi pun bisa saja menjadi penyebab kenapa bayi anda susah buang air besar.

Jadi, sekarang anda sudah tahu bukan apa saja penyebab bayi jadi sulit BAB? Pastikan untuk tidak panik dan siapkan penawar dari kesulitan buang air besar ini ya!