October 1, 2020

Macam-Macam Permainan Anak Yang Mendidik

Menjadi anak-anak dan selalu senang bermain merupakan hal yang sangat wajar. Tak jarang juga terkadang anak-anak justru belajar melalui sebuah permainan. Melalui permainan, anak bisa mendapatkan nilai-nilai positif dan proses tumbuh kembang yang baik.

Ketika anak bermain dengan teman-temannya, secara otomatis rasa sosial di dalam diri anak akan muncul, mudah berkomunikasi dengan orang lain, lebih bisa mengendalikan emosi dan lain sebagainya. Cukup banyak bukan nilai positif yang dapat diambil oleh anak ketika bermain?

Dengan begitu, anda sebagai orang tua haruslah memberikan permainan yang mendidik bagi seorang anak. Hal ini karena masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan yang bagus dalam pendidikannya. Sehingga, anak perlu dihadapkan dengan permainan yang menyenangkan lagi mendidik.

Apa saja sih sebenarnya yang termasuk permainan anak yang mendidik itu? Penasaran bukan? yukk kupas tuntas pembahasan kita kali ini tentang permainan anak yang mendidik.

Macam-Macam Permainan Anak yang Mendidik

Menyusun Balok

Menyusun balok merupakan salah satu permainan yang mendidik dan digemari oleh banyak anak-anak. Dengan permainan ini, anda juga bisa membiarkan anak bermain dengan sendirinya, serta membiarkan anak berkreasi melalui menyusun balok.

Menyusun balok dapat dimainkan dengan berbagai macam cara, sehingga anak juga tidak akan merasa cepat bosan karena permainannya yang terlalu monoton.

Tentu saja melalui menyusun balok ini kreatifitas dan daya imajinasi anak semakin bertambah juga terasah. Jadi, permainan ini sangat cocok sebagai sarana bermain anak sekaligus belajar.

Puzzle

Siapa yang tak kenal dengan permainan puzzle? Permainan yang satu ini cukup familiar di kalangan masyarakat dan sering dimainkan oleh anak-anak, bahkan orang dewasa juga sering bermain puzzle.

Berikanlah puzzle ini kepada anak mulai dari level yang mudah dan simple dulu. Setelah anak terbiasa dengan puzzle yang mudah, cobalah anda memberikan puzzle yang lebih sulit dengan potongan puzzle yang kecil.

Melalui permainan puzzle, daya ingat dan kemampuan berfikir anak akan terus terasah. Selain itu, permainan ini juga akan melatih kemampuan motorik tangan anak sekaligus kemampuan untuk mengkoordinasi potongan puzzle yang disusun hingga berbentuk menjadi sebuah gambar yang benar.

Rubik

Rubik merupakan permainan yang terbilang susah susah gampang. Pada permainan ini, anak dituntut untuk menggabungkan warna yang sama dalam satu sisi. Rubik adalah permainan dengan berbentuk kotak yang dipenuhi dengan enam warna.

Mulanya, warna-warna setiap sisi itu acak. Anak diperintahkan untuk menyatukan warna yang sama pada rubik tersebut. Anda bisa mengajarkannya dengan menyatukan warna pada satu sisi terlebih dahulu, jika sudah bisa selanjutnya menyatukan warna pada dua sisi, dan seterusnya sampai akhirnya anak dapat menyatukan warna pada enam sisi.

Dengan permainan rubik ini, cara berfikir anak mungkin akan digunakan secara ekstra, sehingga kemampuan berfikir anak pun akan terus bertambah baik seiring mampu menyatukan warna-warna di dalam rubik.

Melipat Kertas

Melipat kertas menjadi permainan yang menyenangkan dan tentu mendidik bagi anak anda. Berikanlah kertas origami atu yang selainnya kepada anak. Ajarkan kepada anak mengenai cara-cara membuat sesuatu melalui kertas lipat tersebut.

Biarkan anak membuat sesuka hati mereka dan selalu beri apresiasi setiap karya yang berhasil diselesaikannya. Juga jangan terlalu memaksa anak untuk membentuk sesuatu dengan menggunakan kertas lipat ini.

Melalui permainan ini, kekreatifan dan kesabaran anak akan diasah. Sebab, tidak mudah untuk membuat suatu bentuk melalui kertas lipat.

Bermain Kotor-Kotoran, Tanah Liat atau Pasir

Tidak mengapa jika sekali-kali anda membiarkan anak-anak bermain sesuatu yang kotor, seperti pasir dan tanah liat. Tetapi, pastikan anak akan selalu aman ketika bermain dan tetap jaga kebersihan setelah anak selesai bermain.

Tanah liat atau pasir bisa digunakan menjadi sarana permainan anak yang mendidik lohh.. Melalui tanah liat atau pasir, anak bisa leluasa menggunakannya untuk membentuk sesuatu yang diinginkannya ataupun mungkin hanya sekedar menghambur-hamburkan saja.

Bermain dengan tanah liat atau pasir itu sangat menyenangkan. Selain itu, permainan ini dapat mengembangkan kemampuan motorik anak saat bereksplorasi dan daya imajinasi anak juga semakin bertambah.

Pretend Games

Pretend games atau bermain peran adalah permainan yang mengasyikkan, apalagi jika bermain dengan banyak teman atau dengan ayah dan ibunya. Permainan ini akan meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak, komunikasi, mengatur emosi, dan memicu anak untuk selalu kreatif.

Sebagaimana kita ketahui, anak-anak itu sangat mudah untuk menirukan gaya suatu tokoh. Hanya dengan melihat dan mendengarkan beberapa kali saja, anak sudah bisa berperan menjadi tokoh tersebut.

Nahh jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba mengajak anak bermain peran atau membiarkannya bermain peran dengan teman-temannya yang lain.

Permainan Tradisional Indonesia

Indonesia memiliki segudang permainan tradisional yang mendidik dan tak kalah asyik dengan permainan modern. Beberapa daerah memiliki permainan tradisional yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mengajak anak bermain sekaligus belajar.

Misalnya saja permainan bola bekel. Dalam permainan ini, anak bisa merasa senang bermain dan juga belajar untuk meningkatkan kelincahan serta kecepatan dalam bergerak.

Selain itu beberapa permainan anak yang mendidik diatas, sekarang ini juga dapat dengan mudah kamu temukan di toko yang jual playground anak dengan harga murah dan terjangkau loh.