July 4, 2020

Trik dalam Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan proses yang harus dihadapi ketika ingin mendapat pekerjaan. Tentunya bagi sebagian orang pertanyaan saat wawancara kerja sangat menegangkan.

Wawancara kerja merupakan hal yang biasa pelamar kerja hadapi ketika akan bekerja di sebuah perusahaan. Tujuannya agar perusahaan mendapatkan pekerja yang memiliki potensi besar untuk dijadikan pegawainya. Tidak hanya dari aspek penampilan, berbagai penilaian pun akan menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya calon pekerja tersebut,

Sebagai seorang pelamar pekerjaannya tentunya anda harus mempunyai strategi terlebih dahulu. Salah satunya adalah mempelajari contoh-contoh pertanyaan wawancara. Hal ini agar anda mendapat gambaran bagaimana pertanyaaan wawancara kerja nantinya. Lalu bagaimana pertanyaan wawancara kerja tersebut. dalam materibelajar.co.id akan dibahas beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja.

Pertanyaan wawancara kerja dan trik menjawabnya

  1. Pertanyaan tentang data pribadi

Pada pembuka percakapan biasanya akan dimulai dengan pertanyaan mengenai data pribadi anda. Pertanyaan tersebut pewawancara berikan untuk mencairkan suasana wawancara kerja supaya tidak tegang. Meskipun pertanyaan tersebut masih umum, tapi anda juga harus menjawabnya dengan antusias agar pewawancara tertarik kepada anda. Berikut ini cara menjawabnya:

  • Ceritakan tentang diri anda

Kandidat: “Nama Saya Agus Ramdani. Saya alumni Ilmu Komputer dari Universitas Indonesia. Saya perna bekerja di PT Maju Terus sebagai teknisi jaringan. Saya bekerja di perusahan tersebut sejaka Mei 2014.”

  • Mengapa anda memilih jurusan Ilmu Komputer

Kandidat: “Saya menyadari saya senang terhadap komputer dari sekolah dasar. Lalu dengan kuliah di jurusan Ilmu Komputer, maka akan menambah pengetahuan serta wawasan saya mengenai komputer.”

“Tidak hanya itu dengan belajar di jurusan tersebut saya merasa senang karena sesuai dengan kesenangan dan minat saya.”

  • Bagaimana cara anda membayar kuliah anda

Kandidat: “Sebagaian besar kuliah saya dibiayai oleh orang tua saya. Akan tetapi, saya berusaha untuk meringankan beban orang tua saya. Caranya saya bekerja paruh waktu di percetakan kaos dekat rumah saya.”

  • Apakah anda memiliki renca melanjutkan pendidikan

Kandidat: “Rencananya 3 taun mendatang saya akan menerusakan ke jenjang S1. Karena saat ini saya hanya kuliah D3. Dengan melanjutkan ke S1 maka pengetahuan dan wawasan saya akan lebi meningkat. Dengan demikian dapat membuat karier saya lebih baik di masa yang akan datang.”

  • Selain pendidikan formal, apakan anda memiliki keterampilan lain

Kandidat: “Ya. Dulu ketika saya kuliah saya juga mengikuti kursus bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Saya juga pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan selama seminggu yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa universitas saya dulu. Tidak hanya itu saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan berbagai program, dari mulai MS Words, Ms Power Point, MS Excell, MS Acces, dan juga Photoshop.”

  • Apa makna pekerjaan menurut anda

Kandidat: “Menurut saya, pekerjaan tidak hanya semata-mata mencari uang saja. Tapi bagaimana saya dapat melakukan yang terbaik sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan perusahaan.”

  1. Pertanyaan tentang pengalaman dan keterampilan

Pertanyaan mengenai pengalaman serta keterampilan ditujukan untuk mengetahui:

  • Loyalitas anda
  • Bagaimana cara anda bekerja
  • Tujuan karier anda
  • Seberap besar kontribusi yang akan anda berikan terhadap perusahaan
  • Bagaimana cara anda menghadapi ketika ada masalah

Pewawancara kerja dapat menilai anda cocok atau tidak untuk posisi yang anda lamar melalui jawaban yang anda berikan.

  • Apa kekurangan dan kelebihan anda

Kandidat: “Kelebihan saya adalah pekerja keras, jujur dan cepat belajar. Sedangkan kelemahan saya adalah mudah lupa. Namun, saya akan berusaha mengatasi kelemahan saya dengan mencatat hal-hal yang penting pada buku saya.”

  • Apakah anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja

Kandidat: “Ya. Saya pikir hubungan saya dengan rekan kerja yang lain berjalan dengan baik. memang saya pernah memiliki masalah dengan salah satu rekan kerja saya mengenai pembagian tanggung jawab, namun saya berusah menyelesaikannya. Caranya dengan berdiskusi bersama agar kami dapat memiliki tanggung jawab yang jelas.”

  • Apakah anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim

Kandidat: “Itu semua terkantung pada pekerjaan yang saya harus selesaikan. Walaupun saya senang bekerja sendiri, tapi saya juga mampu bekerja dalam tim.”

  • Dapatkan anda bekerja di bawah tekanan

Kandidat: “Ya. Selama ini saya mampu mengatasi tekanan pekerjaan yang mengahmpiri saya. Saya juga berpikir, dengan adanya tekanan memberikan hasil positif untuk saya. Karena dengan adanya tekanan saya mampu mengeluarkan inisiatif, potensi dan keterampilan saya untuk menyelesaikannya.”

  1. Pertanyaan seputar gaji

Pertanyaan mengenai gaji biasanya pada saat wawancara akan berakhir. Ini dia beberapa pertanyaan mengenai gaji yang biasa ditanyakan:

  • Berapa gaji anda sekarang

Kandidat: “Gaji saya sekarang Rp 4 juta, dengan tunjangan dan bonus bulanan. Sehingga gaji total saya Rp 5 juta.”

  • Berapa gaji yang anda harapkan untuk posisi ini?

Kandidat: “Saya harap saya dapat memperoleh gaji sebesar Rp 8 juta.”

  • Kami tidak dapat memenuhi permintaan gaji anda. Seberapa banyak anda dapat menurunkan permintaan gaji anda tersebut

Kandidat: “Bagaimana apabila 7 juta?”

Itu dia beberapa pertanyaan wawancara kerja yang biasa ditanyakan. Semoga dengan dilengkapi trik menjawabnya oleh materibelajar.co.id dapat membantu anda ya. Semoga beruntung.