August 12, 2020

Perut kanan bawah sakit

Setiap rasa sakit atau nyeri yang terdapat pada perut dapat diketahui melalui area manakah tersebut berada. Misalnya pada perut kanan bawah sakit dapat dianalisa bahwa disana terdapat usus kecil, usus buntu, saluran kemih bagian kanan dan usus besar bagian kanan. Dari sini dapat diketahui manakah kira-kira yang bermasalah.

Penyakit yang mungkin terjadi pada perut bagian kanan bawah, bisa jadi usus buntu, konstipasi, radang panggul, nyeri / radang pangkal paha.

  1. Usus buntu

Radang usus buntu ditandai dengan gejala rasa sakit / nyeri perut pada bagian kanan bawah, mual, muntah, demam, dan tubuh lemas. Rasa sakit ini biasanya akan muncul secara tiba-tiba dalam periode tidak terlalu lama. Jika dibiarkan, radang ini akan pecah dan mengkontaminasi seluruh bagian rongga perut. Jika sampai tahap ini, maka akibat nya akan menjadi fatal.

  1. Radang usus

Faktor kedua yang mungkin terjadi dibalik rasa sakit tersebut ialah radang usus yang jika tidak segera di atasi akan meningkatkan resiko kanker usus besar. Gejala ini bisa diverifikasi apabila rasa sakit sering terjadi serta dalam intensitas tinggi. Pengobatan paling tuntas untuk penyakit ini ialah operasi yang akan direkomendasikan oleh dokter.

  1. Infeksi saluran kemih

Saluran kemih terletak memanjang mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih hingga uretra. Infeksi yang terjadi di sepanjang saluran ini bisa diakibatkan adanya sumbatan atau bakteri yang menyebabkan infeksi. Kondisi ini juga biasa ditandai dengan nyeri ketika buang air kecil, urin bercampur dengan nanah atau mengeluarkan bau tidak sedap, terasa panas ketika kencing serta kandung kemih semakin cepat penuh.

  1. Batu saluran kemih

Batu yang dimaksud dalam istilah ini ialah sisa endapan mineral yang masuk ke dalam tubuh dan terletak di saluran kemih. Masalah ini akan menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil mulai dari punggung ke bawah hingga panggal paha.

Demikian penjelasan mengenai perut kanan bawah sakit serta berbagai faktor yang menyebabkan nya. semoga bermanfaat.