October 1, 2020

Resep Sukun Goreng Yang Enak

Ada banyak sekali olahan yang dapat kita hasilkan dari buah sukun. Pada dasarnya, semua olahan tersebut terserah pada diri kita mau diapakan buah sukunnya, namun kebanyakan buah sukun ini selain dijadikan sebagai makanan camilan juga kerap kali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sesuatu. Seperti halnya kue bolu, misalnya. Kue bolu sukun dapat dibuat dengan cara mengaduk kue bolu seperti biasanya.

Hanya perbedaannya kali ini terletak pada bahan utamanya yang sepenuhnya menggunakan tepung sukun. So, bukan hanya dapat dibuat menjadi kue bolu saja, buah sukun dapat diolah menjadi berbagai makanan. Kali ini kita akan bahas mengenai resep olahan sukun yang berupa sukun goreng.

1) Bahan Untuk Sukun Goreng

Pembuatan sukun goreng dan juga resepnya sebenarnya sangat mudah sekali. Bisa dibilang hampir serupa dengan resep pembuatan keripik sukun, hanya saja perbedaannya kali ini dalam membuat sukun goreng tekstur yang dihasilkan lebih tebal dan empuk ketimbang keripik sukunnya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sukun goreng di antaranya seperti garam, bawang putih, ketumbar, kunyit, buah sukun, kemudian air kapur sirih, dan juga minyak goreng. Lalu, setelah menyiapkan banyak sekali bahan-bahannya, apa saja langkah pembuatannya?

2) Cara Membuat Sukun Goreng

Membuat sukun goreng yang harus kamu lakukan langkah pertama yakni dengan memisahkan buah sukun antara daging dan kulitnya. Belah buah sukun menjadi beberapa bagian, kemudian iris buah sukun dengan jeda. Ingat, jangan tipis-tipis ya. Karena jika terlalu tipis maka yang dihasilkan adalah keripik sukun.

Setelah itu rendam buah sukun menggunakan air kapur sirih selama beberapa jam. Haluskan bumbu-bumbu yang nanti akan dibalurkan ke tubuh sukun. Setelah menghaluskan beberapa bumbu, buang air kapur sirih pada suku. kemudian balurkan buah sukun dengan bumbu halus.

Setelah itu anda dapat menyiapkan minyak goreng dituang ke dalam wajan agar sedikit panas terkena api. Setelah beberapa lama membiarkan sukun yang terbalut dengan bumbu, sukun pun siap digoreng.  Bolak-balik buah sukun agar tidak gosong. Dan jangan terlalu lama menggorengnya ya. Karena jika terlalu lama maka buah ini akan keras di bagian luarnya.