July 4, 2020

Ini Dia Rumus Past Tense dan Fungsinya

Saat belajar bahasa inggris, baik di sekolah maupun tempat kursus pasti akan bertemu materi 16 tense. Salah satu di antaranya adalah simple paste tense. Bisa dibilang materi ini cukup mudah sehingga gampang dipahami.

Simple paste tense itu sendiri  merupakan kalimat tense yang digunakan untuk menunjukkan atau menyatakan kejadian di masa lampu. Kejadian tersebut juga sudah berakhir di masa lampau. Berbeda dengan past continous tense yang menyatakan kejadian di masa lampau. Akan tetapi, masih terjadi hingga sekarang.

Belajar dan memahami simple paste tense bisa lebih mudah dengan mengetahui rumusnya. Tidak hanya rumusnya, tetapi juga memahami kata kerja bentuk kedua atau verb. Lalu bagaimana rumus past tense itu? Supaya lebih lengkap, simak uraian di bawah ini.

Rumus Past tense yang Harus Diketahui

pexels.com

Simple past tense adalah suatu bentuk kata kerja sederhana yang memiliki fungsi untuk menjelaskan kejadian atau peristiwa di masa lampau. Kata-kata yang sering digunakan dalam past tense, seperti yesterday, last two days, last year, last month dan sebagainya

  1. Kalimat Positif

Subjek + verb2 (kata kerja)

Subjek + be (was, were)

  1. Kalimat Negatif

Subjek + be (was, were) + not

  1. Kalimat Tanya

Did + Subjek + bare invinitive Be (was, were) + Subjek

Di dalam kalimat past tense, verb yang digunakan merupakan bentuk kata kerja kedua. Ada 2 jenis kata kerja , yaitu Regular Verb dan juga Irregular Verb. Apa yang membedakan di antara keduanya?

Regular Verb itu ditambahkan dengan –ed atau –d dibelakang kata kerja bentuk pertama. Sedangkan Irregular Verb (termasuk to be) merupakan bentuk kata kerja keduanya sangat berbeda dengan yang pertama.

Contoh Regular Verb:

  • Analyze ⟶ Analyzed (Menganalisis)
  • Deliver ⟶ Delivered (Menyerahkan)
  • Limit ⟶ Limited ( Membatasi)
  • Travel ⟶ Travelled (Bepergian)
  • Watch ⟶ Watched (Menonton)

Contoh Irregular Verb

  • Begin ⟶ Began (Mulai)
  • Buy ⟶ Bought (Membeli)
  • Fly ⟶ Flew (Terbang)
  • Meet ⟶ Met (Bertemu)
  • Sleep ⟶ Slept (Tidur)

Namun, ada juga Irregular Verb yang memiliki bentuk kata kerja sama kedua dengan bentuk yang pertama. Contohnya seperti Set⟶ Set, Cut ⟶ Cut, Put ⟶ Put, Split ⟶ Split dan sebagainya.

6 Fungsi Past Tense

pexels.com

Pada penggunaannya, past tense memiliki beberapa fungsi ada 6 fungsi dari past tense yang harus diketahui dan dipahami. Tujuannya supaya bisa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kalimat jenis ini.

  1. Fungsi yang pertama, menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau dan diketahui waktu terjadinya. Contoh kalimat, I met a handsome boy last month.
  2. Kedua, menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang telah dilakukan dan sudah selesai di waktu sama di masa lampau. Contoh kalimat, He sent a food from Blitar two days ago.
  3. Ketiga, menyatakan suatu kejadian, peristiwa dan perbuatan yang menjadi kebiasaan di masa lampau. Contoh kalimat, I always visited my grandparent house every week.
  4. Keempat, menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang seandainya terlaksana dilakukan atau terjadi. Contoh kalimat, if you had much money, what would you go holiday?
  5. Kelima, menunjukkan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Serta dinyatakan ataupun diketahui melalui pertanyaan waktu terjadinya. Contoh kalimat, when did you buy that Smartphone?
  6. Keenam, menyatakan suatu kebiasaan yang dahulu biasa dilakukan. Akan tetapi, saat ini atau sekarang sudah tidak dilakukan. Kata kerja yang dilakukan biasanya used to. Contoh kalimat, My brother used glasses when he was young.

Ciri-Ciri Past Tense

  1. Predikat Kalimat Selalu Menggunakan Preterite Verb atau Kata Kerja Bentuk Kedua

Ciri-ciri pertama past tense adalah predikat kalimat selalu menggunakan verb atau kata kerja bentuk kedua. Contoh kalimat yang menunjukkan ciri-ciri ini adalah She watched a film last night.

  1. Kalimat Tanya Menambahkan Kata To Be di Depan Subjek

Kalimat tanya dalam past tense dibentuk dengan menambahkan kata to be (was, were) di depan subjek. Sedangkan untuk kalimat negatif menambahkan kata did not atau to be (was, were) + not di depan atau dibelakang subjek.  Contohnya: Did Kevin play game with his brother?

Nah itulah rumus past tense dan fungsinya yang harus diketahui. Supaya bisa menguasai grammar bahasa inggris maka terlebih dahulu harus menguasai 16 tense. Diharapkan informasi di atas mudah dipahami dan bermanfaat.