September 24, 2020

Mengetahui Rumus Terbilang Pada Excel Tahun 2007, 2010, dan 2016 Dengan Cepat dan Mudah!

Dalam dunia teknologi, banyak sekali aplikasi yang bisa Anda temukan untuk membantu Anda dalam mengerjakan tugas atau sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Apalagi jika pekerjaan Anda adalah karyawan kantor. Anda pasti akan disuruh untuk memahami satu sampai dua aplikasi terkenal seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel yang terkenal dengan rumus terbilang.

Kedua aplikasi tersebut juga menjadi syarat utama jika ingin bekerja di perkantoran. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi program tersebut sangat berpengaruh dan banyak digunakan. Untuk Anda yang belum tahu apa itu aplikasi Microsoft Excel, bisa membaca pengertiannya di bawah ini.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang membantu seseorang untuk mengerjakan sesuatu, seperti membuat laporan keuangan, laporan harga, dan lainnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah di program Excel.

Pengertian Microsoft Excel Secara Umum

Penjelasan di atas mengenai Microsoft Excel adalah penjelasan yang sederhana. Jika Anda ingin tahu pengertian Microsoft Excel secara umum, maka bisa membaca ulasan ini berdasarkan rumus.co.id.

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang tersedia pada Microsoft Office di mana berfungsi untuk mengatur tentang pengolahan yang berhubungan dengan angka. Atau yang lebih dikenal dengan Aritmatika. Aplikasi Microsoft Office dikeluarkan oleh Microsoft Corporation sebagai aplikasi pengolah angka dengan mudah.

Untuk Microsoft Office pada tahun 2004, spreadsheet tersebut umunya dijalankan pada Mac OS × 10.5. Microsoft Excel. Dengan kata lain, aplikasi Excel adalah program lembar kerja berbentuk spreadsheet yang dijalankan di Mac OS dan Microsoft Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

pxhere.com

Rumus Excel Terbilang

Salah satu rumus yang terkenal dan ingin dicari tahu adalah rumus tentang terbilang. Apa, sih, sebenarnya rumus tersebut? Rumus Excel terbilang tergolong cukup unik karena diperlukan unsur tambahan yang berpengaruh penting dan bisa Anda dapatkan dari sumber luar. Terbilang adalah rumus untuk mengubah angka menjadi huruf.

Manfaat menggunakan rumus tersebut pada program Excel yaitu untuk memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan huruf.  Jika Anda sudah melakukan instal aplikasi fitur tambahan, Anda tidak perlu khawatir lagi karena pengerjaan bisa dilakukan secara otomatis setelah mengaturnya dengan beberapa langkah di bawah ini.

Selain itu, adanya rumus tersebut membantu Anda untuk menghemat waktu serta tenaga ketika sedang bekerja dan dikejar oleh deadline. Dengan bantuan Add-Ins akan terasa lebih mudah dibandingkan menggunakan script.

Contohnya, jika Anda ingin mengubah angka 50.000 menjadi lima puluh ribu, maka hal yang Anda perlukan adalah Add-Ins yang merupakan fitur tambahan. Fitur tersebut nantinya akan berjalan setelah Anda mematikan security macro. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat angka terbilang pada aplikasi Excel.

  1. Menonaktifkan Security Macro

Pertama, untuk menonaktifkan fitur tersebut, pilih menu pada Microsoft Excel dam pilih Options. Jika jendela Options pada Excel sudah ditampilkan maka klik Trust Center, lalu pilih Trust Center Settings. Tampilan Macro Settings akan muncul dan klik Enable All Macros. Setelah itu klik Ok.

  1. Menginstal Add-ins

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengintal fitur tambahan tersebut, yakni:

  1. Klik tombol Menu Fail pada Microsoft Excel lalu pilih Options.
  2. Jika jendela sudah ditampilkan maka klik Add-ins.
  3. Pilih tombol Go maka akan muncul jendela Add-ins. Setelah itu pilih Browse.
  4. Carilah letak fail Add-ins terbilang yang sebelumnya sudah diunduh, lalu klik Ok.
  5. Pada jendela Add-ins, Anda akan menemukan pilihan Terbilang, lalu kasih beri tanda centang. Setelah itu klik Ok.
pxhere.com
  1. Menggunakan Terbilang Rumus di Excel

Untuk menggunakan rumus mengubah angka menjadi huruf, Anda bisa mencoba melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Buka program Microsoft Excel, lalu ketik angka yang Anda inginkan di cell Excel. Contoh, pada bagian A1 Anda menulis angka dan pada bagian B1 Anda cukup menuliskan =terbilang(A1). Akan muncul huruf setelah Anda menekan enter.

 

  1. Jika Anda ingin menambah kata rupiah, maka rumusnya adalah =terbilang(A1)&”rupiah”. Hasilnya akan tampak seperti yang Anda inginkan.

 

  1. Jika Anda ingin mengubah kalimat tersebut dari huruf kecil menjadi besar, rumusnya adalah =UPPER(terbilang(A1)&”rupiah”).

 

  1. Jika Anda ingin membuat variasi tulisan dengan huruf kapital di setiap awal kata, rumusnya adalah =PROPER(terbilang(A1)&”rupiah”).

 

Adanya penggunaan fitur tambahan Add-ins pada aplikasi Microsoft Excel membantu Anda untuk tidak menulis secara manual. Juga menjadi solusi alternatif bagi Anda yang belum terbiasa dengan operasi dari visual basic application. Meskipun awalnya rumus ini agak panjang dan rumit, tapi akhirnya bisa membantu Anda mempercepat pekerjaan.

Penggunaan script hanya bisa digunakan secara terbatas dalam worksheet sesuai di mana Anda meletakkan rumus mudah tersebut. Model fitur pada Add-ins merupakan model yang tersedia dengan bentuk fail di mana Anda bisa mengunduh lalu melakukan penginstalan.

Rumus terbilang di atas bisa Anda coba aplikasikan dan rasakan kemudahannya dari sekarang.