December 2, 2020

Sebelum Mengkonsumsi, Yuk Cari Tahu Bolehkah Ibu Hamil Makan Ayam Bakar

Indonesia mempunyai banyak ragam kuliner dengan cita rasa yang menggoyang lidah. Salah satu jenis makanan yang tak bisa ditolak adalah ayam bakar. Baik orang tua, muda hingga anak kecil pun pasti menyukai kudapan dengan cita rasa khas tersebut. Lantas, bolehkah ibu hamil makan ayam bakar? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bahaya Ayam Bakar Jika Dikonsumsi Saat Hamil

Sajian khas nusantara satu ini memang memiliki cita rasa yang nikmat, bahkan siapapun tidak akan mampu menolak jika sudah dihadapkan dengan ayam bakar. Namun perlu diketahui, ternyata ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sajian nikmat tersebut. Hal ini dikarenakan, olahan ayam bakar biasanya mempunyai kematangan yang kurang sempurna.

Kondisi daging ayam yang kurang atau setengah matang, tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil. Pasalnya, bisa menyebabkan resiko terkena bakteri yang berbahaya, seperti Salmonella. Dimana, keracunan bakteri tersebut dapat membahayakan keselamatan janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang matang.

Selain itu, dalam pengolahan ayam bakar tentu akan dibakar diatas bara api, sehingga di bagian permukaan makanan tersebut akan tampak gosong. Bagi sebagian orang, hal tersebut menjadi kenikmatan dari ayam bakar. Namun, untuk ibu hamil bagian gosong ini tidak disarankan untuk dikonsumsi, karena mengandung senyawa karsinogenik.

Pada dasarnya, semua makanan yang dibakar akan membentuk zat karsinogenik. Apabila zat tersebut dikonsumsi secara terus menerus dan menumpuk dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Memang dalam tubuh semua manusia terdapat sel kanker, namun jika dipicu dengan senyawa karsinogenik maka sel tersebut bisa aktif dan berkembang.

Tips Mengolah Ayam Untuk Ibu Hamil

Mengenai pertanyaan bolehkah ibu hamil makan ayam bakar, maka sudah jelas jika dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya mengingat adanya dampak buruk yang mungkin terjadi. Kendati ayam bakar dilarang, anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi ayam yang diolah dengan direbus, dikukus, maupun digoreng.

Namun, pastikan dalam pengolahan ayam tersebut dimasak hingga matang secara sempurna. Karena, ketika sedang mengandung sangat disarankan untuk konsumsi makanan yang matang. Dengan pemasakan yang sempurna, maka bakteri Salmonella yang mungkin terdapat pada ayam bisa mati. Dengan begitu resiko keracunan bakteri tersebut bisa terhindari.

Perlu diketahui, daging ayam mengandung banyak nutrisi yang baik, seperti vitamin, mineral, asam amino esensial, asam lemak tak jenuh. Selain itu, juga terdapat kandungan tiamin, selenium, vitamin E serta rendah kolesterol. Dimana, gizi tersebut baik untuk dikonsumsi ibu hamil guna membantu perkembangan janin.

Melihat bahaya yang mungkin ditimbulkan, sebaiknya anda mengikuti anjuran untuk tidak mengkonsumsi ayam bakar selama kehamilan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan anda serta perkembangan sang buah hati di dalam kandungan. Jika pun anda ingin mengkonsumsinya, pastikan untuk memasaknya sendiri dan makan dalam porsi yang secukupnya.