August 12, 2020

Menilik Kecantikan Dan Sejarah Lembah Pangangonan Indah, Wisata Alam Baru Di Ciamis

Indonesia termasuk negara yang beruntung, karena dikaruniai kekayaan alam melimpah dengan pesona yang luar biasa indah. Lembah Pangangonan Indah yang ada di Ciamis contohnya, dimana keindahan alam berpotensi menjadi destinasi wisata populer untuk meningkatkan perekomonian masyarakat sekitar. Daripada penasaran akan pesonanya, simak dahulu ulasan berikut.

Beberapa Aktifitas Seru yang Bisa Dilakukan

Beberapa waktu belakangan, masyarakat Ciamis digemparkan dengan kehadiran tempat wisata seru yang menawarkan pemandangan luar biasa menawan. Berlokasi di Dusun Mekarsari, Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, lembah cantik ini pun ramai diserbu wisatawan. Dari sekian banyak pengunjung yang ada, bisa diketahui sebagian darinya adalah mereka yang berasal dari luar kota Ciamis sendiri.

Sebelum sepopuler seperti sekarang, siapa sangka dahulunya tempat ini sudah lebih dahulu dahulu dimanfaatkan warga sekitar untuk musyawarah. Pernyataan ini bahkan dikatakan langsung oleh Abduk Kholik selaku Kepala Desa setempat.  Menyadari potensi alamnya yang indah tersebut, beliau kemudian bertekad membangun tempat wisata sendiri untuk meningkatkan peningkatan perekonomian masyarakat desanya sendiri.

Lokasinya pun cukup berdekatan dengan Curug Kembar Binuang yang sudah terlebih dahulu viral di berbagai media sosial, membuat wisatawan cukup mudah menemukan tempatnya. Sejak diumumkan peresmian dari Lembah Pangangonan Indah, terlihat antusias masyarakat menyambut kedatangan tempat wisata baru yang sudah lama ditunggu oleh para penikmat alam bebas. Bahkan setiap harinya, ada saja pengunjung yang berdatangan karena ingin melihat dari dekat.

Sejak menapakkan kaki di kawasan wisata, pengujung akan disapa dengan nuansa sejuk khas dataran tinggi yang menyapu kulit dengan lembut. Suguhan hamparan sawah serta bunyi gemericik dari aliran sungainya yang nampak eksotis, disebut sebagai daya tarik utamanya. Sesekali terdengar beberapa suara alam saling bersaut sahutan seakan saling berkomunikasi satu sama lain, dijamin ampuh membuat pikiran menjadi tenang.

Selama berada disana, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan hamparan hijau dari pepohonan rindang dan persawahan di setiap mata memandang saja. Sebab disini tersedia beberapa spot foto kekinian yang instagramable, yang dibuat menggunakan bambu sebagai bahan pembuatan utamanya. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, bambu tersebut kemudian disulap menjadi spot foto yang menarik perhatian.

Digarap dengan penuh pertimbangan matang, pasalnya pembangunan serta penataan lokasi wisata tidak luput dari keterlibatan di setiap RT yang ada di Dusun Mekarsari. Peluh dari hasi kerja keras dan kerjasama saling gotong royong ini pun membuahkan buah manis, pasalnya jumlah pengunjungnya yang seakan terus berdatangan setiap harinya. Bahkan tingginya antusias masyarakat sekitar, tidak kalah tinggi dengan para pengunjung yang datang.

Agar pengunjungnya merasa betah berlama lama, bahkan tempat wisata ini ditambahkan sejumlah fasilitas. Pembuatan saung contohnya, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengujung yang merasa lelah usai melakukan perjalanan jauh hanya untuk bisa mengunjungi wisata populer satu ini. Agar tidak monoton, ditambahkan pula bunga bunga berwarna warni menghiasi tempat wisata yang berhasil memberikan nuansa lebih hidup.

Seakan memahai kebutuhan pengunjung, tempat wisata ini pun dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Mulai dari toilet umum yang bersih hingga mushola sudah tersedia disini. Para pengunjung pun tidak perlu takut kelaparan ataupun haus, sebab disini sudah banyak pedagang yang menawarkan aneka jajanan dengan harga terjangkau.

Tergolong sebagai tempat wisata baru, para pengunjung bisa membayarkan tiket masuk dan parkir seiklasnya. Pengunjung pun tidak perlu khawatir isi dompet akan terkuras, sebab dirinya sendirilah yang akan menentukannya. Namun pastikan memberikan sejumlah dana yang sesuai, mengingat semua warganya telah berusaha keras agar destinasi wisata dapat terlihat cantik seperti sekarang.

Melihat respon positif dari para pengunjungnya, sudah ada rencana kedepan dimana Lembah Pangangonan Indah nantinya akan ditata lebih baik untuk menarik lebih banyak pengunjung. Dengan kata lain, tempat wisata ini masih ada kemungkinan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya. Ternyata maksud dari pembangunannya sendiri bukan hanya untuk destinasi wisata semata, namun juga bisa dialihkan menjadi lokasi musyarawah.

Dikatakan demikian, sebab disini tersedia beberapa saung yang bisa dimanfaatkan untuk aktifitas pembelajaran anak anak Paud dan beberapa aktifitas harian lainnya. Secara tidak langsung, kehadiran tempat wisata baru ini berpotensi meningkatkan peluang membuka usaha baru di sekitar area wisata yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan lebih. Dengan kata lain, pembangunan wisata baru ini merupakan keputusan tepat yang harus terus dikembangkan.

Beroperasi sejak pagi hari hingga sore, dimana pengunjung bisa datang sedikit lebih pagi apabila tertarik menikmati nuansa sejuk dan tidak banyak jumlah pengunjung. Selain itu, pastikan datang saat cuaca bersahabat, mengingat kontur tanahnya yang terasa licin saat hujan tiba ditakutkan akan membahayakan. Namun tidak perlu khawatir, sebab tempat wisata ini akan terus dikembangkan demi kenyamanan dan keamana pengunjungnya.

Sejarah Munculnya Lembah Cantik Bernama Pangangonan

Berdasarkan pemaparan yang kami peroleh dari Berita Ciamis, tempat wisata ini tidak terbentuk begitu saja karena ada cerita dibalik pembangunannya. Hal tersebut diceritakan langsung oleh Kepala Desa, yang menyatakan jika lokasi tersebut dahulunya dimanfaatkan untuk menggembala hewan ternak atau dalam bahasa sunda disebut pangangonan. Dari sanalah kemudian nama dari lembah cantik ini pun tercipta.

Tampak jelas Lembah Pangangonan Indah ini digarap dengan keseriusan, dimana sudah ada planning kedepan untuk terus mengembangkannya menjadi lebih baik. Angan angan tersebut akan terealisasikan ketika dana yang sudah terkumpul sudah mencukupi dengan target yang dibuat. Hal yang tidak luput dari perhatian adalah akses jalan menuju tempat wisata, agar pengunjung lebih mudah memasuki lokasi wisata tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Bukan hanya berfokus pada penambahan fasilitas ataupun penataan tata letak spot berfoto semata, namun potensi alamnya pun turut dikembangkan. Rencana ini tampaknya sudah dipikirkan matang, menyadari yang begitu luar biasa indah dan dapat memanjakan mata. Tidak jauh dari sana, bahkan pengunjung bisa melihat aliran air sungai Citanduy serta sebuah bendungan Lew Keris yang masih dalam tahap pembangunan bisa menambah pesonanya.

Wisata alam masih dianggap sebagai tempat berlibur terbaik untuk melepaskan penat. Jika kebetulan berada di daerah Ciamis, sempatkan diri untuk mampir ke tempat wisata alam baru menawarkan pesona lembah cantik tiada dua yang banyak dikunjungi generasi muda. Walaupun termasuk wisata baru, sudah berhasil memikat perhatian masyarakat hingga ke luar daerah. Jika membutuhkan tempat bernafas lebih lega, mengunjungi Panganoan bisa menjadi alternatifnya.