October 23, 2020

Jenis-Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Server

Pernahkah kamu berpikir bagaimana setiap komputer di dunia ini bisa terhubung? Pada dasarnya semua itu terhubung karena adanya server yang berperan optimal. Server adalah sebuah bagian dari sistem antarkomputer yang memberikan jasa berupa layanan sesuai dari permintaan klien yang ada pada suatu jaringan.

Untuk orang yang masih awam tentu belum mengerti mengenai server. Hal tersebut memang wajar terjadi, mengingat istilah ini sangat jarang dibahas oleh kebanyakan orang. Pada dasarnya server merupakan sebuah media yang akan menyatukan lebih dari satu komputer pada saat bersamaan. Tentu kamu bisa membayangkan betapa pentingnya kehadiran server pada sebuah hubungan komputer.

Mempelajari server mungkin terlihat cukup rumit, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Kamu bisa mempelajari peran server melalui gambaran singkatnya terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa mendalami kajian mengenai server melalui referensi tambahan. Untuk itu, artikel ini akan membantumu mempelajari server menggunakan bahasa yang mudah dimengarti oleh awam.

Gambaran umum mengenai server

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, server adalah sebuah bagian penting dalam sebuah jaringan komputer. Jika tidak ada server, hubungan antara jaringan komputer tidak akan pernah terjadi. Dengan adanya server, dunia bisa terasa semakin dekat tanpa adanya kendala jarak dan waktu.

pxhere.com

Jenis server

Server sendiri memiliki banyak macamnya. Masing-masing server memiliki fungsi tertentu yang cukup vital. Jenis-jenis server tersebut antara lain:

  • Proxy server. Untuk server jenis ini berfungsi layaknya sebuah gerbang. Dengan adanya proxy server, jaringan internet dan jaringan lokal bisa dibatasi dan diatur sedemikian rupa. Proxy server akan memberikan batasan permintaan data, mengatur kinerja antarkoneksi, serta saling berbagi antarkomputer meski berada di luar jaringan sekalipun.
  • Virtual server. Jenis server ini sedang sering digunakan oleh banyak orang. Virtual server adalah sebuah manipulasi dari server fisik. Nantinya server fisik tersebut akan dibuat seolah-olah menjadi server yang virtual.
  • Telnet server. Jenis server ini sedikit berbeda dari jenis sebelumnya. Untuk jenis yang ini akan memberikan pengaturan dengan cara melakukan log out maupun log in di host computer.
  • Web server. Jenis ini cukup sering digunakan. Nantinya komputer server akan menyimpan data yang bisa diakses oleh komputer klien kapan saja dan di mana saja.
  • News server. Sesuai dengan namanya, server ini berkaitan dengan lalu lintas berita. Server ini akan menyebarkan berita sesuai dengan jaringan berita yang ada.
  • Aplikasi server. Pada server jenis ini server akan menerima perintah tertentu dari klien. Perintah tersebut nantinya akan diteruskan menuju database yang sesuai.
  • Mail server. Jika melihat namanya, tentu kamu sudah memahami fungsi dari server yang satu ini. Mail server nantinya akan menyimpan berbagai surat elektronik dan disalurkan menuju klien.

Fungsi server

Jika kamu memperhatikan macam-macam jenis server, tentu fungsi yang ada sangatlah banyak. Meskipun begitu, semua hal tersebut bisa kamu pahami garis besarnya berdasarkan suatu kesamaan. Fungsi server tersebut antara lain:

  • Menyediakan jasa dan mengelola seluruh permintaan dari klien yang terhubung.
  • Mengumpulkan sumber daya yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dari seluruh klien, baik dalam bentuk hardware maupun software.
  • Mengatur dengan jelas lalu lintas data yang ada.
  • Menyimpan data berbentuk file untuk nantinya digunakan secara bersama oleh komputer klien di seluruh dunia.
  • Memberikan suatu gerbang berupa hak akses pada suatu jaringan tertentu yang nantinya berguna agar tidak sembarangan klien bisa mengakses suatu jaringan.
  • Menyediakan juga program tertentu yang bisa digunakan pada seluruh komputer klien yang ada.
  • Memberikan proteksi lebih pada komputer klien menggunakan sejumlah firewell maupun program pencegahan virus dan malware.
pexels.com

Cara kerja server

Untuk cara kerja server sendiri pada dasarnya seperti sebuah rantai yang berkaitan. Awal mula kerja dari server adalah ketika ada suatu komputer klien yang melakukan permintaan data. Permintaan data ini contohnya adalah ketika mengunduh suatu file dari internet. Kamu tentu harus membuka browser dan menuju suatu website yang menyediakan file untuk diunduh. Permintaan klien tersebut akan diteruskan menuju web server yang selalu siap sedia. Puncaknya adalah ketika komputer server mengirimkan data berupa informasi website hingga file yang diminta.

Kesimpulan

Dari uraian singkat dalam artikel ini, kinerja server sangatlah penting bagi lalu lintas dan komunikasi data antarkomputer. Server haruslah siap siaga dalam menerima dan mengirim apa saja yang dibutuhkan oleh komputer klien. Untuk itu, spesifikasi dari komputer sever sendiri haruslah mumpuni. Semakin baik komputer server tentu akan semakin baik juga kualitas dan kecepatan arus lalu lintas data. Selain itu, kecepatan data dari dan menuju komputer server haruslah lancar. Arus tersebut bisa melalui jaringan kabel maupun nirkabel yang terus berkembang pesat.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai server. Singkatnya, server adalah sebuah perangkat yang sangat penting dalam sebuah lalu lintas jaringan komputer. Semakin mumpuni kualitas server, semakin bagus juga hubungan antarkomputer. Untuk mendapatkan server terbaik saat ini, kalian bisa mencoba membelinya di niagahoster dengan paket hosting unlimited, paket vps cloud atau paket hosting cloud dengan memasukan Kode promosi niagahoster untuk mendapatkan harga murah mulai dari Rp 10 ribuan saja loh.