March 4, 2021

Sistem Pencahayaan yang Baik pada Tata Ruang Kantor

Kantor yang menyelaraskan fungsionalitas, estetika dan memenuhi semua standar teknis adalah sesuatu yang ingin dimiliki setiap perusahaan, ini menunjukkan wajah perusahaan, pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan. Dalam standar desain kantor, standar Sistem pencahayaan yang baik pada tata ruang kantor adalah yang terpenting. Jadi bagaimana cara mengkombinasikan pencahayaan kantor dengan cahaya alami?

1. Standar desain pencahayaan CIBSE untuk sebuah gedung

Pixabay.com

Menurut standar desain pencahayaan CIBSE, sebuah bangunan harus memiliki standar pencahayaan seperti:

  • Lobi, lounge membutuhkan 200 lux
  • Kantor utama 200 lux
  • Koridor tangga 100 lux
  • Eskalator 150 lux

Apa satuan Lux di sini?

Lux adalah satuan untuk menghitung kekuatan cahaya, jumlah cahaya yang bersinar pada permukaan tertentu. Lumen per meter persegi = Lux.

1 Lux adalah intensitas cahaya yang dihasilkan oleh sebuah lilin yang menerangi permukaan pada sudut 900 dari jarak 1 meter.

1 Lux = 1 Lumnen / m².

2. Persyaratan Sistem pencahayaan yang baik pada tata ruang kantor

Memastikan pencahayaan yang baik sangat penting untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang untuk bekerja lebih efisien dan menghemat energi. Jadi saat mendesain pencahayaan kantor membutuhkan sejumlah cahaya pada permukaan meja . Untuk membaca, orang membutuhkan standar cahaya 300-500 lux. Dan untuk kantor membutuhkan 400 lux, ruangannya 150 lux.

Kantor dengan lampu kerja standar akan membuat karyawan nyaman dan mencapai produktivitas terbaik. Dalam mendesain kantor, sebaiknya kita memilih perangkat penerangan dengan cahaya putih seperti lampu tabung, lampu dowlight dan sering menggunakan penerangan tidak langsung untuk menghindari silau saat bekerja.

Cahaya di kantor menentukan produktivitas karyawan, sehingga mendorong perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, memiliki kantor standar merupakan hal yang perlu untuk setiap kantor saat ini.

3. Solusi pencahayaan untuk kantor

  • Menggunakan jenis bohlam fluorescent baru, seperti T8 – 36W, bohlam ini memiliki keunggulan yaitu 20% lebih terang dari lampu fluorescent konvensional dan 130% lebih terang dari lampu pijar 100W. Selain itu, lampu ini menghasilkan warna yang lebih realistik, mendekati cahaya alami.
  • Lampu harus memiliki tutup reflektif untuk meningkatkan kecerahan dan keseragaman distribusi cahaya.
  • Direkomendasikan untuk mengatur deretan lampu sejajar dengan arah pandang dan pintu untuk membatasi silau.
  • Cahaya dengan sumber cahaya yang panjang harus diatur agar menyinari langsung dari langit-langit.
  • Kipas yang dipasang di dinding harus digunakan, dipasang pada ketinggian 2.5m di sepanjang desain kantor untuk mengatasi cahaya terbelah saat kipas beroperasi.
  • Jumlah lampu yang diatur di kantor kecil tetapi harus memastikan penerangan sesuai standar. Kepadatan daya konsumsi daya di bawah 10W / m2.

4. Pengaruh pencahayaan pada kantor

Pixabay.com

Memastikan pencahayaan yang baik penting untuk memberikan kinerja kerja yang baik bagi karyawan yang bekerja di kantor. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang untuk bekerja lebih produktif dan menghemat energi. Jadi saat mendesain pencahayaan kantor membutuhkan sejumlah cahaya pada permukaan meja.

Para peneliti dari University of Illinois, Northwestern University di Chicago dan Hwa-Hsia Institute of Technology di Taiwan telah berkolaborasi untuk mempelajari peran cahaya alami di tempat kerja dalam mendukung tidur. manusia.

Dari 49 pekerja kantoran yang berpartisipasi dalam penelitian ini, lebih dari setengah dari mereka duduk sepanjang hari di lingkungan tanpa jendela (yaitu, tidak terpapar sinar matahari) sedangkan sisanya biasa. terkena sinar matahari melalui jendela.

Setiap orang ditanyai tentang kebiasaan tidur, aktivitas fisik, dan gaya hidup secara umum. Beberapa peserta juga menggunakan produk berteknologi tinggi atau memakai jam tangan selama 1-2 minggu untuk mengukur paparan cahaya, tingkat aktivitas fisik, dan tidur mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jumlah paparan cahaya paling sedikit saat bekerja kehilangan rata-rata 46 menit tidur per malam dibandingkan rekan mereka yang terpapar banyak cahaya. Orang yang bekerja di tempat yang cukup terang juga memiliki kualitas tidur yang lebih baik, lebih banyak aktivitas fisik, dan kualitas hidup yang lebih baik.

Dalam mendesain kantor, sebaiknya kita memilih perangkat penerangan dengan cahaya putih seperti lampu tabung, lampu dowlight … dan sering menggunakan penerangan tidak langsung untuk menghindari silau saat bekerja.

Cahaya di kantor menentukan produktivitas karyawan, sehingga mendorong perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, memiliki kantor standar merupakan hal yang perlu untuk setiap kantor saat ini.

Memprioritaskan pertimbangan dan memilih untuk menyewa kantor di gedung-gedung lapang dengan pencahayaan alami yang baik untuk membantu bisnis dan meningkatkan efisiensi.

5. Intensitas Pencahayaan Di Kantor

  • Sinar matahari pagi : 10.000 ftcd dan 107.527 lux
  • Siang hari 1.000 ftcd dan 10.752 lux
  • Hari yang mendung 100 ftcd dan 1.075 lux
  • Senja pertama 8 ftcd
  • Malam hari : 0.1 ftcd dan 1.08 lux
  • Bulan purnama 0,01 ftcd dan 0.108 lux
  • Bulan Sabit (1/4) : 0,001 ftcd dan 0,0108 lux
  • Cahaya bintang : 0,0001 ftcd dan 0,0011 lux
  • Tengah Malam : 0,00001 ftcd dan 0,0001 lux

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sistem pencahayaan yang baik pada tata ruang kantor, semoga dengan adanya informasi ini kamu ketika ingin mendesain kantor untuk perusahaan baru atau merenovasi kantor lama. Sistem pencahayaan di dalam ruangan kantor dihitung berdasarkan rumusan yang telah kami jelaskan diatas, sehingga dapat meningkatkan semangat dan produktifitas kerja karyawan yang ada di dalam perusahaan.

Jika kantor yang kamu miliki memiliki sekat partisi maka penerangan yang dibutuhkan juga harus dipertimbangkan dengan baik. Untuk desain custom partisi langsung dengan lampu atau led bisa kamu pesan secara costum di pirekiasia.co.id.