October 1, 2020

Inilah Suara Burung Cililin Yang Paling Pas Dijadikan Suara Pemasteran

Para kicau mania pastinya sudah mengenal bahwa burung cililin adalah burung yang banyak dipelihara untuk menjadi burung masteran bagi burung yang jenisnya berbeda seperti burung kecer, cucak ijo, murai batu dan masih banyak lagi.  Burung yang satu ini perlu Anda ketahui bahwa dia masuk dalam kategori burung gagak-gagakan alias suku corvidae.  Nama lain dari burung cililin ini adalah tangkar okklet (platylophus galericulatus). Orang melayu sering menyebutnya sebagai gagak jerit. Burung ini juga mempunyai banyak jenis dan tersebar di berbagai daerah sehingga tergolong mudah untuk menemukannya.

Secara segi fisik, burung cililin ini mudah sekali untuk dikenali. Mulai dari ukurannya yang tergolong sedang yakni sekitar 28 cm, warnanya yang kehitaman dan coklat gelap serta ada warna putih bercak pada bagian jambul dan lehernya.  Suara tembakan yang dihasilan oleh burung cililin ini tergolong panjang, nyaring, rapat dan keras. Maka dari itulah tidak mengherankan ketika ada kontes burung, suara dari burung cililin ini akan yang paling domininan terdengarnya.  Apalagi burung ini mudah sekali terpancing  dengan suara kicauan burung lainnya. Ketika burung lain disekitarnya mengeluarkan suara yang lantang, maka burung cililin akan membalasnya dengan volume kicauan yang lebih keras lagi.

pxhere.com

Suara Burung Suara Pemasteran

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, burung cililin ini sering dijadikan sebagai suara master untuk burung-burung jenis lainnya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan suara  dari burung ini melalui internet dengan melakukan pengunduhan ataupun mencari burung tersebut  agar mendapatkan suara langsungnya.  Agar Anda bisa mendapatkan suara pemasteran terbaik dari burung cililin ini, maka harus tahu jenis dari burung tersebut mana yang paling pas untuk dijadikan pemasteran.  Dari banyaknya jenis dari burung cililin ini,  burung cililin hitam dan coklat-lah yang paling sering dijadikan pemasteran.

Apabila dibandingkan, antara burung cililin hitam dan coklat yang dinilai paling banyak dipilih kicau mania sebagai suara master adalah burung cililin coklat. Pasalnya memang burung tersebut suara tembakannya lebih terdengar  nyaring (kristal), rapat dan juga panjang.  Smeentara itu untuk burung cililin hitam suara untuk tembakannya lebih terdengar kasar dan juga pendek. Maka dari itulah yang paling sering dipilih sebagai pemasteran adalah burung cililin coklat. Walaupun begitu keduanya jenis ini suaranya amatlah lantang.

Tentunya apabila Anda ingin memelihara kedua jneis burung cililin sebagai master bagi burung lainnya, Anda harus mengetahui dan melakukan perawatan yang tepat.  Tujuannya agar kualitas burung bisa tetap terjaga baiknya dan juga agar burung sehat dan bertahan hidup tentunya. Kunci utama dalam  merawat burung cililin ini baik yang hitam ataupun coklata adalah pola perawatan hariannya terutama pada saat memberikan makanan. Anda harus memikirkan hal-hal tersebut dengan baik dan benar. Jangan sampai Anda sembarangan  dalam memberikan perawatan  burung cililin tersebut.

Untuk perawatan dari burung cililin ini harus selalu dilakukan sehari-hari seperti memastikan kandangnya selalu bersih. Anda juga harus rajin memandikan burung tersebut dan setelah memandikannya agar dijemur terlebih dahulu.   Untuk masalah pakan, berilah pakan yang berkualitas tinggi. Berikan pula EF (Ekstra Fooding) yang berkualitas  jangan sampai memberikan seranga ataupun pakan yang sudah berubah baunya atau warnanya. Hal ini akan menyebabkan burung cililin stress dan tidak bisa menghasilkan suara bagus yang Anda harapkan.  Sebaiknya berikan buah-buahan yang memberikan nutrisi terbaik bagi burung seperti pepaya dan pisang.

pxhere.com

Anda harus waspada dan memeprhatikan bahwa burung cililin ini adalah burung yang mudah terkena stress. Bahkan bila perawatannya tidak tepat, burung cililin ini akan mudah sekali mati sehingga Anda harus memberikan perawatan terbaik.   Anda  bisa  mencari informasi tambahan lainnya terkait perawatan burung cililin ini terkhusus untuk yang jenisnya burung cililin coklat dan hitam yang akan dipergunakan sebagai suara burung pemasteran burung lainnya.  Berikutnya untuk soa penyebaran kedua jenis burung cililin ini sendiri berbeda. Pada burung cililin coklat  banyak ditemukan di hutan-hutan daerah sumatra. Sementara itu untuk burung cililin hitam banyak ditemui di hotan yang ada di pulau Jawa.

Dalam perawatan dan pemeliharaan burung cililin hitam dan coklat ini Anda harus paham sifat dari burung tersebut agar bisa memberikan treatment yang tepat nantinya. Salah satunya yang paling terlihat adalah sifat dari burung tersebut yang tergolong sangatlah rakus. Burung ini suka sekali memakan serangga besar dalam jumlah yang tidak sedikit pula.  Selain itu, Anda tidak boeh menjemur burung cililin ini terlalu lama karna habitat aslinya berada di alam bebas yang tergolong sejuk atau dingin.  Selain itu burung cililin ini juga tergolong  mudah untuk emosi dan angkuh pula.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap terkait burung cililin  yang suaranya cocok untuk menjadi suara master burung lainnya yakni ada cililin hitam dan coklat. Tentunya mempergunakan kedua burung tersebut akan mampu menghasilkan suara master terbaik.  Asalkan Anda bisa merawatnya sehari-hari dengan baik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.  Mulai dari perawatan harian sampai pemberian makanan. Perhatikan pula  sifat-sifat dari burung cililin ini agar mampu memberikan perawatan yang baik pula.