October 1, 2020

Sudah Tahu Kondisi Geografis Pulau Sumatra Berdasarkan Peta? Cari Tahu Disini Yuk

Pulau Sumatra merupakan salah satu pulau besar yang berada di barat Indonesia. Pulau yang terdiri dari 10 propinsi ini merupakan pulau yang memiliki jarak cukup dekat dengan dua negara lain yakni Malaysia dan Singapura. Untuk anda yang ingin mengetahui kondisi geografis Pulau Sumatra berdasarkan peta, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini. Simak selengkapnya.

Kondisi Geografi Yang Perlu Anda Tahu Tentang Pulau Sumatra

  1. Batas Lautan

Pulau yang merupakan pulau terluas kedua yang ada di Indonesia dengan luas pulau yang hampir mencapai 473 km2 ini memiliki batas batas pulau yang sesuai dengan kondisi geografi yang terdapat pada peta. Dimana untuk batas lautannya adalah untuk sebelah utara yakni berbatasan dengan Teluk Benggala. Sedangkan untuk sebelah timur akan berbatasan dengan Selat Malaka.

Kemudian kondisi geografis Pulau Sumatra berdasarkan peta jika dilihat dari batas lautan adalah untuk sebelah selatan maka nantinya akan berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Dimana batas ini merupakan bataas terdekat dengan Pulau Jawa. Selanjutnya, untuk sebelah barat batas lautan dari Pulau Sumatra adalah berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

  1. Batas Daratan

Untuk batas daratan dari Pulau Sumatra di sebelah utara adalah berbatasan dengan negara Malaysia dan Singapura. Sedangkan untuk sebelah timurnya maka akan berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan. Kemudian untuk batas daratan sebelah selatan, maka nantinya akan berbatasan langsung dengan Kepulauan Mentawai. Dan untuk sebelah barat akan berbatasan langsung dengan Negara India.

  1. Gunung Yang Ada Di Pulau Sumatra

Ketika anda membuka peta, maka anda pun akan melihat deretan pegunungan yang ada di Indonesia. Beberapa gunung tersebut berdasarkan letak geografi juga ada yang terdapat di Pulau satu ini. Dimana untuk gunung tersebut antara lain adalah seperti Gunung Kerinci, Gunung Dempo, Gunung Talamau dan juga Gunung Leuser yang bisa untuk anda temui ketika sedang berwisata ke Pulau Sumatra.

  1. Pantai di Pulau Sumatra

Menurut kondisi geografis Pulau Sumatra berdasarkan peta, maka pulau ini pun juga memiliki beberapa pantai. Untuk itu, diantara pantai tersebut adalah Pantai Pasir Putih dan juga Pantai Lampuk yang terletak di Provinsi Aceh. Sedangkan di Sumatra Barat sendiri juga terdapat sebuah pantai yang terkenal yakni Pantai Air Manis. Selain itu, ada pula Pantai Nongsa yang berada di Batam dan juga pantai lain yang tersebar di Sumatra.

Dengan anda mengetahui kondisi geografi dari Pulau satu ini, maka anda pun akan menambah pengetahuan mengenai pulau Sumatra. Nantinya ketika anda paham tentang batas wilayah maupun beragam jenis gunung dan pantai yang ada disini akan bisa menjadi salah satu tujuan yang bisa untuk anda kunjungi ketika anda sedang berlibur dan sedang berada di Pulau Sumatra.