September 27, 2021

Tanaman Herbal Untuk Stroke

Stroke terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju keotak. Sehingga menyebabkan sel ataupun jaringan mati dikarenakan tidak adanya cukup oksigen yang dibawa ke otak.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, stroke juga bisa diobati dengan menggunakan tanaman herbal. Namun sebaiknya dalam menggunakan herbal ini dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar pengobatan yang diberikan tidak terganggu.

Atau ketika kamu ingin memproduksi obat herbal untuk stroke juga bisa berkonsultasi dengan Jasa maklon herbal, untuk mendapatkan komposisi obat yang tepat.

Beberapa tanaman herbal untuk stroke ini bisa kita temukan dengan mudah disekitar kita .

1. Kunyit

Pixabay.com

Kunyit merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia, dipercaya bisa membantu memulihkan orang pasca terkena serabgan stroke. Kunyit membantu meregenerasi sel yang terdapat pada otak dan mencegah terjadinya penyumbatan arteri.

Selain itu dengan mengkonsumsi kunyit secara tertaur maka bisa membantu untuk mencegah pembekuan darah yang terjadi pada darah.

Kunyit juga terbukti mempunyai sifat saraf properti yang berguna untuk melindungi sel otak dari kerusakan dan membantuk untuk memperbaikinya.

Komponen ynag ada pada kunyit juga sudah menunjukkan efek positif terhdap kerusakan yang disebabkan oleh stroke iskemik.

Walaupun begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar manfaat kunyit bisa maksimal untuk kesehatan.

2. Bawang Putih

Allium sativum yang yang lebih dikenal dengan sebutan bawang putih ini mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu untuk mengatasi stroke.

Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa bawang putih bisa melebarkan pembuluh darah untuk mencegah terjadinya stroke.

Bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur maka bisa menurunkan tekanan darah tinggi, membanu untuk menurunkan kolesterol buruk dan berfungsijuga untuk koagulan.

3. Ginseng

Ginseng yang berasal dari korea ini sudah dipercya bertahun-tahun untuk membantu kesehatan dalam mengatasi berbagai macam penyakit satlh satunya yaitu stroke.

Dalam sebuah penelitan yang dilakukan yaitu menggunakan metode menyuntikkan ginseng zsiberia melalui intravena. Hal ini terbukti bahwa ginseng bisa mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang menju ke otak.

Selain dimanfaatkan untuk mengatasi stroke, ginseng juga dipercaya untuk membantu meningkatkan memori orang yang mempunyai penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer aau demensis.

4. Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan merawat stroke. Tanaman ginkgo biloba bisa digunakan untuk mencegah adanya penyumbatan pembuluh darah serta untuk meningkatkan aliran darah yang kan menuju ke otak.

Bukan hanya itu, tanaman ginkgo biloba juga bisa mempunyai fungsi lain yaitu mencegah serangan radikal bebas.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis bagi sebagian orang yang mungkin hanya terlihat sampah biasa, ternyata memunyai manfaat sangat besar terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu unuk mengobati stroke.

Didalam kulit manggis terdapat senyawa xanthone yaitu antioksidan kuat yang berguna bagi kesehatan. Kulit manggis juga sudah sejak lama dimanfaatkan dengan cara merebusnya kemudian air rebusan tersebut bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Xanthone yang ada dalam kulit manggis juga mengandung berbagai macam senyawa antara lainmaclurin, gertanin, A-mangosten, B-Mangosten, Isomangostin, garcinone A,B,C,D,E.

Adapun beberapa manfaat dari xanthone pada kulit manggis yaitu :

  • Melawan radikal bebas
  • Mencegah terjadnya kerusakan sel
  • Menaikkan daya tahan tubuh
  • Menghilangkan rasa sakit
  • Menormalkan tekanan darah
  • Mencegah datangnya penyakitkanker
  • Untuk melancarkan pencernaan

Dengan melihat berbagai macam manfaat kulit manggis diatas maka tak salah jika kulit manggis juga bisa menyembuhkan stroke

Bahkan kandungan antioksidan pada kulit manggis juga bisa mengatasi pembuluh darah yang tersumbat dan mengalami penyempitan. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya pembuluh darah pecah otak pecah.

Oleh karena itu megobati stroke dengan menggunkan kulit manggis baik dengan merebusnya ataupun dengan membeli ekstraknya maka bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobati stroke.

6. Daun Sirsak

Kebanyakan orang lebih tertarik pada buahnya dibandingakn dengan daunnya. Padahal kandungan yang terdapat dalam daun sirsak banyk sekali manfaatnta.

Beberapa senyawa bagus yang terkandung pada daun sirsak yaitu Annomutacina, annohexocina, Muricoreacina, Annomuricin A, B, c dan D, Annopentocinas A, B,C,Gigantretonemina, asam Lignoceric yang bermanfaat untuk obat alami penyakit stroke dan lain-lain.

Adapun cara mengolah daun sirsak untuk mengobati stroke yaitu :

  • Ambil daun sirsak 10 helai lalu cuci bersih
  • Rebus daun yang sudah bersih dengan 4 gelas air
  • Tunggulah smapai air mendidih dan tersisa hanay dua gelas saja
  • Setelah itu saring air rebusn daun sirsak tersebut lalu dinginkan
  • Minum air rebusn 2x sehari untuk mendapatkan hasil maksimal

7. Hawthorn

Hawthorn juga memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu untuk memperlambat perkembangan dari arteriosklerosis dan melindungi terhadap pembentukan plak yang bisa mengarah pada penyumbatan pembuluh darah otak.

8. Calamus Root

Pixabay.com

Calamus akar juga bisa digunakan untuk mencegah radikal bebasoksigen dan krusakan jaringan otak. Hal ini paling efektif digunakan dalam beberapa hari pertama setelah mengalami cedera kepala atau stroke.

Tanaman ini juga akan lebih efektif dimanfaatkan sebelum sirkulasi pemulihan. Selain itu calamus roost herbal yang efektif yang akan merangsang fungsi otak serta jaringan otak.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati stroke.walaupun tanaman tersebut banyak ditemukan disekitar kita, akan tetapi lebih baik kita dari awal menjaga kesehatsn antara lain dengan olah raga dan menjaga pola makan.