July 12, 2020

Agar Tidak Tertipu, Begini 4 Tips Beli Motor Bekas Aman

Berniat untuk beli motor second? Pastikan untuk mengikuti beberapa tips beli motor bekas aman dan berkualitas berikut ini. Seperti yang diketahui, bagi sebagian orang membeli motor bekas menjadi salah satu pilihan yang ingin memiliki kendaraan sesuai bujet dan terhindar dari tekanan kredit. Selain lebih terjangkau, ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dengan membeli motor bekas.

Namun perlu diketahui saat membeli motor bekas, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Karena kondisi mesinnya yang sudah tidak baru lagi, maka perlu melakukan pengecekan secara mendetail untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Nah, bagi Anda yang berniat untuk membeli motor bekas, simak beberapa tips berikut ini.

Ikuti 4 Tips Beli Motor Bekas Aman dan Berkualitas

Tentukan Jenis Motornya

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan ketika berniat untuk membeli motor bekas yaitu menentukan jenis motor yang akan dibeli. Seperti yang diketahui, di pasaran saat ini tersedia banyak sekali jenis motor dengan spesifikasi mesin yang berbeda-beda seperti manual, matic, injeksi, karbu dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk menentukan jenis motor ini, Anda juga perlu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Pahami juga jenis, tipe dan juga harga motor yang Anda inginkan. Pastikan jangan tergiur dengan harga yang ditawarkan ya!

Pilih Penjual Terpercaya

Setelah menentukan jenis motor yang akan dibeli, selanjutnya Anda bisa mengunjungi tempat yang jual motor bekas. Perlu diketahui bahwa dalam menentukan penjualnya tidak boleh asal pilih ya. Pastikan bahwa Anda memilih tempat yang benar-benar berkualitas dan terpercaya.

Di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang, Anda bisa menemukan penjual motor bekas secara online. Namun jika Anda ragu sebaiknya untuk memilih tempat yang bisa Anda kunjungi sewaktu-waktu. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

Cek Kondisi Fisik Motor

Tips beli motor bekas aman selanjutnya yang bisa Anda praktikkan yaitu cek kondisi fisik motor. Dalam hal ini Anda dianjurkan untuk membeli motor bekas yang masih standar bawaan pabrik. Maksudnya motor tersebut tidak dalam kondisi modifikasi karena risiko terjadi kerusakan cukup tinggi.

Saat melakukan pengecekan fisik perhatikan setiap bagian motor mulai dari body hingga ke part-part motor. Pastikan juga semua part yang ada dalam motor tersebut masih dalam kondisi asli atau standar pabrikan.

Cek Bagian Mesinnya

Satu lagi tips beli motor bekas aman yaitu dengan mengecek bagian mesinnya. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa menghidupkan mesin dan lihat apakah ada kebocoran oli atau air radiator nya.

Jika memungkinkan Anda juga perlu membuka dan mengukur oli yang terdapat dalam mesin. Pastikan oli tidak berlebihan karena hal tersebut dapat membuat suara mesin lebih halus dan menyembunyikan suara aslinya.

Berikut Kelebihan Beli Motor Bekas yang Berkualitas

Sesuai Bujet

Setelah membahas tentang tips beli motor bekas aman, maka selanjutnya kita perlu membahas kelebihan atau keuntungan membeli motor second. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Jika dibandingkan dengan motor baru, membeli motor bekas memang jauh lebih murah.

Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih beli motor bekas dibandingkan dengan baru. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan sepeda motor namun terganjal masalah bujet maka membeli motor bekas adalah pilihan yang paling tepat.

Bisa Langsung Pakai

Keuntungan selanjutnya membeli motor bekas yaitu bisa langsung digunakan. Seperti yang diketahui, ketika Anda membeli motor baru maka butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menungganginya karena perlu memproses nomor polisi baru. Sedangkan jika Anda membeli motor bekas bisa langsung memakainya jika proses pembayarannya sudah selesai.

Perlu diketahui, umumnya pembelian motor bekas hanya butuh waktu 1 sampai 2 hari untuk pemrosesan nya. Jadi, pembeli hanya perlu melihat kondisi jenis, fisik motor dan melakukan pembayaran maka motor bisa langsung dibawa pulang. Bagaimana, sangat mudah sekali, bukan?

Setelah menerapkan beberapa tips beli motor bekas aman yang sudah diuraikan di atas, tentu Anda tidak perlu khawatir atau takut tertipu. Satu hal yang tidak boleh dilakukan yaitu jangan asal memilih dan tergiur dengan harga sebelum melihat kondisi motornya.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk membeli sepeda motor tipe Kawasaki bisa lansung cek Vulcan Manual User Guide untuk informasi lebih lanjut tentang produk Kawasaki. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda menemukan motor yang tepat sesuai dengan keinginan.