January 22, 2021

Tips dan Cara Mengatasi Nyeri Payudara Selama Hamil

Selama kehamilan, akan terjadi perubahan hormonal pada tubuh ibu yang bisa menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang mengalami perubahan tersebut adalah payudara. Biasanya, selama masa kehamilan, payudara akan mengalami pembengkakan dan terasa nyeri.

Tentu saja kondisi ini bisa menganggu aktivitas sehari-hari dan kenyamanan. Agar tidak tersiksa selama menjalani kehamilan, ketahui bagaimana cara mengatasi nyeri payudara selama hamil berikut ini.

Tips Mengatasi Nyeri Payudara Selama Hamil

Nyeri payudara saat mengandung tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa waswas. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa tips singkat berikut ini.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Rasa nyeri yang terjadi di payudara selama masa kehamilan bisa dikurangi dengan cara mandi menggunakan air hangat. Suhu hangat dari air mandi tersebut akan mengendurkan otot-otot payudara sehingga lebih rileks. Basuhlah payudara selama perlahan dengan menggunakan air hangat. Cara ini terutama dianjurkan untuk ibu hamil yang tidak tahan dengan air dingin.

  1. Jangan Sering Menyentuh Payudara

Meskipun terasa nyeri dan tidak nyaman, sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh payudara Anda. Terlalu sering menyentuh payudara saat terasa nyeri justru bisa menyebabkan sakitnya bertambah hebat. Kurangi kebiasaan menyentuh payudara ketika terasa tidak nyaman agar rasa nyerinya tidak menjadi semakin parah.

Dua cara di atas memang sangat sederhana, tetapi bisa memberikan efek yang baik bagi payudara Anda. Dengan mencoba cara tersebut, diharapkan Anda akan terhindar dari rasa nyeri yang sangat mengganggu.