September 23, 2020

Tips Menanam Pohon Kurma

Ada cukup banyak jenis buah-buahan di dunia yang memiliki sejuta manfaat dan juga berbagai kandungan yang cukup baik untuk kesehatan. Bahkan beberapa buah tersebut memiliki sejarah dan juga cerita yang cukup unik. Ada juga beberapa buah yang dipercaya menangkal berbagai hal mistis seperti sihir dan lain sebagainya.

Buah Kurma, Buah Sejuta Manfaat

Untuk salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaatnya adalah buah kurma. Buah ini adalah buah yang biasanya akan mudah ditemukan apalagi ketika akan memasuki bulan Ramadhan seperti saat ini. Ada banyak penjual yang akan menjajakan dagangan mereka ke sejumlah toko maupun supermarket untuk menjual kurma yang mereka miliki.

Ada cukup banyak jenis kurma yang sudah dijual di pasaran. Bahkan ada salah satu jenis kurma yang cukup populer dan banyak dijual di pasaran yaitu jenis Kurma Ajwa. Jenis kurma ini adalah jenis kurma yang tidak cukup manis, hanya saja memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki cukup banyak manfaat yang ada di dalamnya.

Mengenal Pohon Kurma

Mungkin beberapa orang hanya memahami bahwa kurma ini hanya bisa tumbuh dan juga berbuah di negara Timur Tengah saja. Padahal, berkat adanya ilmu pengetahuan yang saat ini kian pesat, tanaman buah kurma bahkan bisa tumbuh subur di Indonesia. Meskipun perawatan tanaman ini terbilang cukup rumit.

Masih ada juga beberapa orang yang bahkan gagal dalam melakukan penanaman pohon kurma yang ada di Indonesia. Namun, di Aceh, tanaman ini sendiri sudah tumbuh subur bahkan sudah menjual beberapa hasil panen mereka dan dikirimkan ke seluruh Indonesia. Bahkan Anda sendiri bisa melakukan penanaman tanaman kurma ini sendiri.

Tips Menanam Pohon Kurma

Bagi Anda semua yang nantinya ingin menanam tanaman kurma di pekarangan yang Anda miliki, maka ada beberapa hal yang nantinya harus Anda lakukan diantaranya adalah:

  • Mengolah Benih dan Menanam Bibit

Benih kurma sendiri berasal dari biji kurma yang juga dapat Anda peroleh dari toko pertanian maupun toko penjual kurma. Nantinya yang harus Anda lakukan adalah melakukan perendaman. Anda bisa merendam biji kurma dan didiamkan terlebih dahulu selama 4 hari.

Setelah proses perendaman selesai, Anda bisa mempersiapkan gelas plastik dari bekas minuman dan letakkan juga biji kurma di tengah pada tisu yang telah dibasahi. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tetap lembap. Lakukan pengecekan setiap hari, berikan sedikit air apabila tisu yang ada di dalam gelas ini kering.

Kemudian, pindahkan pada polybag setelah nantinya kecambah biji kurma sudah berumur sekitar 2 minggu. Untuk media tanam dalam polybag, maka Anda disarankan untuk menggunakan bahan berupa tanah dan juga kompos.

Nantinya setelah pohon ini sudah mencapai ketinggian sekitar setengah meter, maka Anda bisa memindahkannya ke lahan kosong. Pastikan untuk memindahkannya dengan memberikan jarak 7m x 7m. Anda bisa menggali tanah sampai dengan kedalaman 60 cm kemudian letakkan bibit pohon ini.

  • Melakukan Penyiraman

Proses selanjutnya adalah penyiraman. Penyiraman ini nantinya akan dilakukan pada umur 1 sampai dengan 6 bulan setelah dilakukan penanaman dan dilakukan sekali dalam 2 hari. Tanaman usia 7 sampai 12 bulan ini melakukan penyiraman sekali dalam 4 hari. Sedangkan untuk tanaman yang telah dewasa, Anda hanya perlu menyiramnya seminggu sekali saja.

Anda juga bisa mencampurkan obat perangsang buah yang dicampurkan ke dalam air siraman. Obat ini bahkan bisa Anda dapatkan pada sejumlah toko sekalipun yang jual kurma Semarang. Penyiraman ini akan dilakukan pada pagi hari maupun sore hari. Apabila dilakukan di siang hari, maka nantinya akan mengakibatkan daun pohonnya yang akan terbakar bahkan bisa menyebabkan kematian.

  • Melakukan Proses Pemupukan

Selama proses pemupukan, jenis pupuk yang nantinya akan digunakan adalah NPK. Lakukan selama 3 kali dalam setahun. Dalam waktu 3 sampai 4 tahun, tanaman ini nantinya akan berbunga bahkan dari sini akan terlihat pohon kurma jantan dan juga betina. Untuk beberapa ciri-cirinya adalah:

  • Bunga jantan ini memiliki warna keputih-putihan dan memiliki ukuran yang kecil disertai dengan lapisan serbuk seperti tepung.
  • Bunga betina memiliki warna kuning cerah seperti bunga kelapa.
  • Proses Pembuahan

Bunga pohon kurma betina harus dibuahi pada bunga pohon jantan secara manual. Cara yang bisa Anda lakukan dengan memotong kulit pada bagian ujung pohon kurma jantan. Kemudian, diselipkan diantara bunga betina serta diikat selama 1 sampai dengan 2 hari.

Untuk memaksimalkan buah kurma, maka perlu dilakukan penjarangan atau memotong buah kurma yang memiliki ukuran yang kecil serta lambat berkembang. Hal ini dilakukan agar buah besar berkembang secara maksimal serta lebih besar lagi. Buah kurma ini bahkan perlu dibungkus menggunakan wadah plastik atau kain untuk terhindar dari hama maupun penyakit.

Tahap terakhir adalah tahap pemanenan. Itulah beberapa proses yang bisa Anda pahami ketika Anda tertarik untuk menanam tanaman kurma ini. Namun, untuk lebih mudahnya, maka Anda bisa membelinya di sejumlah toko jual kurma Semarang.