October 23, 2020

Tutorial Kinemaster Lengkap dari Instalasi Hingga Video Siap Rilis

Teknologi membuat hal sulit menjadi mudah. Contoh yang paling nyata adalah editing video. Anda tidak perlu lagi menggunakan software dan komputer canggih. Aplikasi smartphone Kinemaster dapat menggantikan editing konten video dengan efisien. Tentu saja, developer sudah menyesuaikan fitur, kapabilitas perangkat, spesifikasi, dan layanan penunjang lain.

Perlu Anda ketahui, software memang belum tergantikan terutama untuk video level film profesional. Akan tetapi, orang awam berhak membuat video mereka sendiri lalu melakukan editing. Karena sebagian besar mereka memakai smartphone, developer Kinemaster melihat peluang ini. Aplikasi mempunyai fitur dan tampilan layaknya software di komputer, Anda bisa memakainya untuk editing secara langsung.

Agar bisa menjalankan dengan baik, pengguna membutuhkan tutorial. Terkait dengan hal tersebut, simak pembahasan berikut ini terdiri dari tutorial untuk memakai Kinemaster.

Editing Video Dengan Kinemaster

Pembahasan akan fokus ke bagaimana sebuah video sederhana dan durasi singkat dibuat. Anda cukup memahami fitur dasar dan konsep editing video. Setelah itu,  kreativitas sangat dibutuhkan agar konten menarik dan berkualitas.

1. Install Kinemaster

Aplikasi ini untuk perangkat smartphone. Anda membuka app store dan cari aplikasi tersebut. Kinemaster sudah diunduh oleh puluhan juta user. Ini adalah bukti bahwa aplikasi memang mumpuni. Rating juga di atas 4 dengan review yang positif. Developer memastikan bahwa versi terbaru akan selalu update. Langkah selanjutnya adalah install.

Selain dengan cara biasa, beberapa user memilih versi apk untuk android. Anda mencari file tersebut dan install secara manual. Filehippo sudah menjelaskan cara ini.

2. Persiapan Konten

Aplikasi sudah siap dan Anda segera mengecek bagian media. Semua konten mentah untuk menjadi video tertera di sana. Contohnya adalah gambar, foto, audio, video, dan lainnya. Anda menyiapkan terlebih dahulu konten dan file yang nanti akan disatukan untuk menjadi video yang utuh.

Persiapan merupakan bagian penting ketika ingin memakai Kinemaster. Jika hanya sebatas percobaan atau iseng editing, Anda bisa bebas menambah dan mengubah sesuatu. Akan tetapi, video yang sudah direncanakan akan menghasilkan hasil terbaik bahkan mengurangi waktu kerja.

3. Mengatur Komposisi File

Editing video sebenarnya cukup mudah jika Anda hanya menyiapkan video, gambar, dan audio. Semuanya diletakkan di bagian lembar kerja dan berada di layer terpisah. Di Kinemaster, pengguna bisa mengecek bagian bawah. Ekspansi apabila ingin melihat secara penuh. Masing-masing file tersebut memakai seperti bar yang bisa dipanjangkan sesuai timeline.

Setiap layer mewakili konten tertentu jika memang ingin ditampilkan di satu waktu. Contohnya, video membutuhkan musik dan text untuk durasi 10 detik. Anda tempatkan ketiga layer di baris vertical yang sama seolah tumpang tindih jika melihat media kerja. Saat dijalankan, ketiganya segera berjalan yaitu video dengan musik lalu muncul teks.

4. Editing Masing-Masing File

Pengaturan komposisi sangat penting untuk memudahkan editing. Di setiap file, pengguna bebas menambahkan sesuatu. Misalnya konten foto atau gambar. Kinemaster memberikan fitur untuk editing foto seperti trim, crop, adjust, resize, dan masih banyak lagi.

Hal yang sama juga berlaku untuk video dan musik serta teks. Anda juga dapat menambahkan stiker, transisi, dan lainnya. Saat sedang menonton video, ada bagian yang di zoom fokus ke sesuatu atau area tertentu menjadi blur. Pembuatan tersebut terjadi saat proses editing. Satu konten diperlakukan khusus bahkan diatur waktunya.

5. Pengecekan Berkala dan Edit Lagi

Kinemaster memberikan fitur preview untuk menjalankan hasil editing. Pastikan semuanya berada di posisi tepat. Jika bermasalah, Anda bisa mengedit di lembar kerja. Preview belum mengubah proyek ke versi video lengkap. Jika Anda sudah save dan export ke  mode tersebut, file sudah tidak bisa dilakukan editing.

6. Simpan dan Konversi ke Beberapa Platform

Setelah semua selesai, Anda mempunyai beberapa opsi yaitu menyimpan file mentah. Konversi ke konten video dengan pilihan resolusi, dan share ke sosial media atau video sharing. Kinemaster memberikan opsi lain jika Anda memilih versi berbayar. File yang telah selesai akan tersimpan kecuali dihapus dengans engaja.

Pengembangan dan Hasil Editing

Kinemaster adalah solusi untuk pembuatan video murah dan cepat. Akan tetapi, kendala utama ada pada spesifikasi dan sumberdaya. Editing video tetap membutuhkan perangkat yang mumpuni. Anda mengecek minimal speks untuk bisa menjalanskan aplikasi inis ecara optimal.

Selain spek teknis yang langsung berkaitan dengan video editing, pengguna juga perlu mengetahui fitur lain di Kinemaster. Saat awal pembuatan video, mereka memilih rasio untuk video. Ini adalah ukuran video jika ditampilkan di layar. Pilih yang memang sesuai dengan tujuan pembuatan video tersebut.

Ketika sudah selesai, pengguna memilih kembali frame, resolusi akhir, dan level rendering. Jika ingin video beresolusi tinggi, pilih bitrate yang tinggi. Akan tetapi, ukuran file akan meningkat. Anda mengatur ini sebagai file akhir yaitu video berbentuk utuh. Saat sudah selesai, perangkat melakukan rendering yaitu menyatukan hasil editing hingga muncul file berekstensi video.

Kinemaster memiliki in-app purchase. Pihak developer memberikan layanan premium untuk pengguna yang ingin mendapatkan fitur dan konten lebih banyak. Anda dapat memilih opsi ini jika ingin hasil editing optimal.