October 1, 2020

Daftar Universitas Swasta di Surabaya dan Pemahaman yang Salah Mengenai Perguruan Tinggi Swasta

Mengenai universitas impiang, pasti banyak berpikiran untuk menyebutkan nama-nama perguruan tinggi negeri (PTN) favorit dan menomorduakan perguruan tinggi swasta (PTS). Padahal, kualitas yang dimiliki PTS sekarang ini tidak berbeda jauh dengan yang dimiliki PTN. Hal tersebut bisa dilihat dari rilisan yang dikeluarkan oleh DIKTI mengenai hasil pemeringkatan 3.320 PTN dan PTS non-politeknik, berdasarkan kriteria sumber daya manusia, kualitas manajemen, kualitas kegiatan mahasiswa, dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah pada pertengahan tahun 2017 lalu. Hasilnya, beberapa PTS juga masuk ke dalam daftar 100 universitas terbaik se-Indonesia tersebut

Hal tersebut membuktikan bahwa PTS juga pantas kamu jadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan studi sesuai bidang atau jurusan yang kamu minati dan kuasai. Berikut ini kami sajikan beberapa nama universitas swasta di Surabaya yang memiliki kualitas baik.

Daftar Universitas Swasta di Surabaya

Pixabay.com
  1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIEISA)

STIEISA tentunya memiliki reputasi yang begitu baik di kota Surabaya. Sebab dari catatan BAN-PT, 7 jurusan jenjang Diploma, Sarjana, dan Magister yang dimiliki STIEISA, 5 di antaranya terakreditas A dan 2 akreditasi B sampai periode 2020 ini. Jurusan S1 Manajemen, Program Studi S1 Akuntansi, Program Studi D3 Akuntansi, dan Program Studi D3 Manajemen Perpajakan merupakan beberapa jurusan unggulan dari STIEISA.

  1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

UKWMS merupakan universitas terakreditasi AIPT dengan Peringkat A. Apalagi UKWMS juga menjadi bagian dari “50 Promising Indonesian Universities”, dan juga salah satu dari 58 universitas di Indonesia yang memenuhi kelayakan penjaminan mutu. Penghargaan sebagai 5 Perguruan Tinggi Unggulan dalam bidang Tata Kelola, bidang Kemahasiswaan, dan bidang Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur juga pernah diraih oleh UKWMS.

  1. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang lebih dikenal dengan sebutan Untag ini menempati posisi ke-64 di rilis Dikti. Bagi putera purnawirawan TNI/POLRI/Pensiunan PNS / PNS Golongan I/Keluarga YPTA/Saudara kandung mahasiswa aktif atau alumni, keluarga tidak mampu berdasarkan gelombang dan hasil peringkat tes masuk yang berkuliah di sini akan memperoleh keringanan biaya uang gedung sebesar 25%

  1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya merupakan penerus dari Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan oleh para tokoh masyarakat pada tahun 1966. Kemudian, Universitas Trisakti Surabaya berganti nama menjadi Universitas Surabaya (Ubaya) pada tahun 1968. Kampus Ubaya berada pada tiga lokasi, yakni, di Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas. Selain menempati peringkat ke-31 dari rilis Dikti, universitas ini juga tercatat sebagai “50 Promising Indonesian Universities”.

Itulah beberapa perguruan tinggi swasta dengan kualitas terbaik yang terletak di Kota Surabaya. Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa kampus swasta memiliki daya saing dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan. Nah, selain memberikan daftar universitas swasta yang berada di Surabaya, dalam artikel kali ini kami juga akan memnginformasikan pemahaman yang salah mengenai kampus swasta.

Pemahaman yang Salah Mengenai Perguruan Tinggi Swasta

Pixabay.com
  1. Kuliah di kampus swasta sebab tidak lolos PTN

Banyak yang menaruh prasangka bahwa PTS adalah pilihan cadangan jika tidak diterima PTN melalui SNMPTN, SBMPTN, atau ujian mandiri. Tetapi nyatanya tidak semua demikian. Banyak yang memang mengincar masuk PTS sebab banyak faktor yang dipertimbangkan.

  1. Mahasiswa PTN lebih pintar dari mahasiswa PTS

Tentu anggapan demikian merupakan salah besar. Pada kenyatannya, banyak mahasiswa PTS yang memiliki segudang prestasi dan bahkan bisa mengalahkan mahasiswa dari PTN.

  1. Biaya kuliah di kampus swasta jauh lebih mahal

Sekarang ini, biaya kuliah yang diminta PTS tidak jauh berbeda nominalnya dengan yang diwajibkan PTN. Bahkan ada beberapa PTN badan hukum atau PTN BH yang mematok biaya kuliah lebih tinggi dari PTS. Di samping itu, Saat ini telah banyak beasiswa yang bisa kamu ajukan guna mendukung kelanjutan studi kamu. Jadi bisa dikatakan pemahaman bahwa biaya kuliah di kampus swasta jauh lebih mahal adalah anggapan yang salah.

  1. Lulusan PTS sering kalah bersaing di dunia kerja

Jelas pemahaman tersebut salah adanya, untuk bisa diterima oleh sebuah perusahaan bergengsi, kamu tidak bisa hanya menjual nama besar PTN. Ada banyak hal yang akan diertimbangkan pihak perusahaan di luar nama kampus saja. Sebab beberapa hal seperti nilai akademik atau IPK saja belum tentu bisa menjadi patokan seseorang diterima di sebuah perusahaan bergensi, apalagi hanya nama kampus.

Perusahaan cenderung lebih memilih calon karyawan yang telah siap bekerja dan memiliki latar belakag atau rekam jejak yang baik. Untuk itu kamu bisa mempersiapkan diri dengan cara melakukan kegiatan untuk mengembangkan diri seperti kerja magang di bidang tertentu, mengikuti organisasi, atau memperdalam ilmu.

Memperdalam ilmu dan mengembangkan diri bisa kamu lakukan dengan cara mudah, yakni mengakses edutore.com. Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Dengan begitu tentu kamu akan mendapat banyak ilmu baru yang berguna agar kamu bisa lebih mengembangkan diri. Dan pastinya banyak informasi tentang dunia perkuliahan, termasuk peringkat universitas terbaik di Indonesia.