October 1, 2020

Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

Warna cat adalah aspek yang penting dalam konsep keindahan rumah, apalagi warna cat dalam ruang tamu, karena ruangan ini adalah yang pertama dilihat oleh keluarga ataupun para tamu.Warna cat harus di perhatikan karena akan memperlihatkan bagaimana adna mengkonsep rumah.

Warna cat dalam setiap ruangan akan bisa membuat lebih hidup jika pas dalam pemilihan warnanya. Warna cat sendiri bisa membuat kesan luas, sejuk atau nyaman bagi penghuninya. Berikut beberapa referensi cat yang bisa anda pilih untuk mengkonsep rumah anda.

Fungsi Memilih Warna Cat Ruang Tamu

Pixabay.com

Warna cat juga mempunyai beberapa fungsi yaitu:

1. Estetika

Dalam segi estetika warna cat mempunyai fungsi untuk menghilangkan kesan kusam dan tidakterawat pada sebuah ruangan.

2. Manipulasi

Warna cat yang dipakai bisa juga berfungsi memanipulasi sebuah ruang, contohnya warna putih, warna ini akan memberikan kesan luas sebuah ruangan.

3.Mempengaruhi Psikologi

Setiap warna cat yang dipakai untuk mengecat rumah, mempunyai efek-efek tertentu dalam mempengaruhi badan,pikiran dan tubuh seseorang, baik itu negatif maupun positif.

Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa warna cat yang bisa kita aplikasikan agar ruang tamu dirumah kita terasa sejuk dan juga segar ketika di pandang.

Warna Biru

Tidak bisa dipungkiri warna biru merupakan sebuah warna yang ketika kita lihat akan merasa sejuk dan segar.

Itu dikarenakan warna biru merupakan sebuah warna yang merepresentasikan sebuah warna alam seperti langit biru, warna laut, dan juga pemandangan luas.

Pengaplikasian sebuah warna biru untuk sebuah ruang tamu sangat direkomendasikan, karena dengan mengecat ruang tamu berwarna biru muda maka kesan yang akan timbul adalah kesan segar dan juga sedap ketika di pandang.

Kita bisa mengkombinasikan beberapa furniture yang senada seperti warna sofa yang senada dengan warna dinding yang berwarna biru muda. Ditambah dengan pot bunga yang diberi tanaman berwarna hijau akan menambah kesan kesegaran yang alami di ruang tamu kita.

Warna hijau

Kesan pertama yang kita rasakan ketika kita melihat warna hijau adalah kesan sejuk dan segar. Warna hijau ini juga direkomendasikan bagi kita untuk diaplikasikan di dinding ruang tamu kita agar terlihat lebih segar dan indah.

Selain itu warna hijau alami yang kita cat di ruang tamu juga akan menimbulkan sebuah perasaan damai ketika kita berada di ruang tersebut, terlebih lagi jika kita mengkombinasikan dengan furniture yang tepat.

Untuk kombinasi furniture yang tepat bisa menggunakan sebuah gorden berwarna putih bermotif daun hijau, dan juga furniture yang memiliki warna natural kayu akan sangat membantu lebih membuat kesan damai dan sejuk di ruangan tamu tersebut.

Warna kuning

Bagi sebagian orang mengaplikasikan sebuah warna cerah seperti warna kuning merupakan sebuah kesalahan, karena dinilai membuat kesan silau di mata.

Namun bagi pengaplikasian di ruang tamu warna kuning pucat akan sangat membantu membuat sebuah kesan sejuk dan ceria.

Selain itu, ketika kita menggunakan warna kuning di ruang tamu yang sempit bisa membuat rasa ruang tamu semakin luas.

Bila kita menggunakan warna kuning, kombinasikan dengan furniture berwarna gelap agar tidak terkesan silau dimata, misalkan berwarna coklat atau krem akan sangat cocok dengan warna dinding berwarna kuning cerah ini.

Warna Pink

Mungkin bagi sebagian orang menggunakan sebuah warna – warna pastel seperti warna pink akan membuat sebuah kesan yang kurang menarik, namun untuk diaplikasikan di ruang tamu warna pink muda akan membuat sebuah kesan fresh dan lebih feminine.

Warna pink ini sangat cocok bagi kalian yang lebih suka dengan kesan feminine dan juga segar. Selain itu ketika dipadukan dengan furniture berwarna natural seperti warna kayu dan juga coklat akan memberikan kesan yang sejuk dimata.

Menaruh beberapa pot bertanaman hijau juga bisa diaplikasikan bersama warna pink agar tercipta kesan tegas akan kesejukan di ruangan tersebut.

Warna Coklat

Warna coklat akan sangat cocok di aplikasikan di ruang tamu, karena kesan pertama yang timbul dari sebuah warna coklat adalah kesan alami seperti pohon yang ada di hutan yang berwarna coklat alami.

Warna coklat muda dikombinasikan dengan furniture berwarna krem akan sangat cocok, karena warna tersebut selain menimbulkan kesan sejuk juga menimbulkan kesan klasik dan kalem.

Tambahkan beberapa furniture berwarna hijau seperti pot tanaman hijau yang digantung bisa menjadikan ruang tamu kita akan semakin terlihat sejuk dan alami.

Selain dari warna diatas kita juga bisa melakukan beberapa kombinasi warna untuk bisa menambahkan kesan sejuk di dalam ruang tamu.

Kombinasi warna yang kita lakukan bisa tergantung dari konsep yang kita terapkan, misalkan saja ketika kita menggunakan warna hijau, bisa kita kombinasikan dengan warna biru navy agar bisa tetap menghasilkan kesan sejuk dan segar.

Itulah beberapa warna dasar yang bisa kita aplikasikan di ruang tamu kita agar bias menimbulkan kesan sejuk dimata dan nyaman ketika berada di ruang tersebut. Bagi yang menginginkan konsep diatas bisa diaplikasikan di ruang tamu kalian agar terkesan lebih sejuk. Untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh pengaplikasian warna cat ruang tamu yang sejuk di website desain dan dekorasi rumah bernama dijabodetabek.id.