July 12, 2020

Waspada! Inilah 4 Penyakit pada Pankreas

Di dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi yang sangat kompleks. Salah satu dari banyaknya organ tersebut adalah pankreas. Pankreas juga seringkali terserang berbagai penyakit. Apa saja penyakit tersebut? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Seputar Pankreas yang Harus Diketahui

Pankreas merupakan salah satu organ yang ada di tubuh manusia, tepatnya di sistem pencernaan. Organ ini memiliki fungsi untuk memproduksi hormon dan juga enzim untuk menghancurkan makanan dalam perut. Pankreas itu sendiri terletak di belakang rongga perut dan memiliki bentuk memanjang seperti ikan.

4 Penyakit pada Pankreas

  1. Fibrosis Kistik

Fibrosis Kistik merupakan penyakit yang muncul karena masalah genetik. Penyakit ini menyebabkan kelainan yang sangat serius pada pankreas dan paru-paru. Fibriosis kistik akan terus menyebar dan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan dan memicu timbulnya diabetes. Apabila tidak segera memperoleh penanganan dari dokter bisa menimbulkan kematian.

  1. Insulinoma

Insulinoma dapat juga disebut sebagai tumor pankreas dan terbentuk karena kemampuannya memproduksi hormon insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini masuk kedalam penyakit yang mematikan. Gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan hipoglikemia seperti sakit kepala, kelemahan otot, gangguan penglihatan dan linglung.

  1. Pankreatitis

Penyakit ini sering juga disebut inflamasi pankreas. Gejala yang dirasakan oleh penderitanya adalah terjadinya nyeri perut pada abdomen sampai punggung, mual, muntah dan tekanan darah menurun. Munculnya gejala ini diakibatkan oleh enzim pankreas yang aktif secara prematur sehingga menjadi autogestif.

  1. Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Gula darah pada pengidap penyakit pankreas akan terus mengalami kenaikan akibat dari insulin yang tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya organ ini tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal inilah yang terjadi penderita diabetes tipe 2. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 1, pankreas akan dirusak oleh sistem kekebalan tubuh sehingga penderitanya membutuhkan suntikan insulin.