September 27, 2021

Yuk Atasi Maag Dengan 3 Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Hamil Di Sini!

Beberapa masalah kesehatan timbul saat anda sedang mengandung, begitu pula dengan maag yang kerap menyerang. Di trimester kedua dan ketiga justru jadi fase yang cukup buruk untuk anda hingga terasa heartburn. Cara menurunkan asam lambung saat hamil ini terasa sangat penting agar gejala tersebut tidak dirasakan terus menerus. Yuk simak caranya di sini!

Cara Cerdas Mengatasi Maag saat Mengandung

  1. Ubahlah Pola dan Kebiasaan Makan

Tentu sudah bukan rahasia bila maag dapat diatasi dengan mengatur pola makan yang tepat dan sesuai waktunya. Bagi ibu hamil yang mengalami maag dapat mengatasinya dengan makan secara sering, tetapi porsinya lebih sedikit. Porsi kecil ini efektif untuk cegah asam di lambung naik dan menyebabkan panas di ulu hati yang semakin buruk di malam hari.

Selain mengubah pola makan, anda juga harus mengubah kebiasaan makan yang cukup buruk. Cara mengunyah yang tepat, yaitu pastikan makanan telah dikunyah hingga lembut dan perlahan. Tak hanya itu, hindari makan menjelang waktu tidur dan berikan jeda waktu sekitar 2 sampai 3 jam sebelum anda berbaring agar makanan tidak kembali ke kerongkongan.

  1. Minum Minuman Hangat

Untuk mengatasi asam di lambung yang naik, anda bisa mengkonsumsi minuman hangat agar perut lebih tenang. Dua jenis minuman hangat yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, yaitu jahe dan teh lemon. Keduanya dipercaya ampuh dan efektif untuk mengurangi kadar asam di lambung yang tiba tiba naik, sehingga menyebabkan perut tidak nyaman.

Tak hanya kedua bahan itu, anda juga bisa menggantinya dengan teh camomile bagi para pecinta teh. Selain mengatasi rasa tidak nyaman di perut, minuman ini juga cocok untuk atasi rasa mual dan muntah. Mual dan muntah di trimester pertama sering kali membuat ibu lemas dan tidak berdaya, sehingga bisa lebih menyegarkan setelah minum teh tersebut.

  1. Jagalah Berat Badan

Nafsu makan dan porsi makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil memang lebih daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya individu lain yang membutuhkan asupan lebih dari makanan anda. Di samping itu, anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang cukup agar tumbuh kembang janin lebih baik dan memiliki berat badan ideal yang sehat.

Akan tetapi, hindari mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan berat badan lebih dari batas normal. Kondisi tubuh seperti ini dapat memicu asam di lambung naik secara drastis. Cara menurunkan asam lambung saat hamil bisa anda lakukan dengan konsultasi bersama dokter, sehingga kenaikan berat badan tetap ideal agar tidak menekan lambung.

Akibat lonjakan hormone, ibu yang sedang hamil mengalami beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya maag karena pola makan atau asupan yang tidak tepat, sehingga anda perlu mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan anda juga menjaga berat badan di angka normal agar tidak obesitas dan memicu timbulnya penyakit lain.