July 12, 2020

Yuk Intip Cara pemberian Cacing Darah Untuk Ikan Cupang Disini

Cacing darah dikenal sebagai salah satu pakan untuk ikan cupang. Ada beberapa jenis cacing ini yang bisa di temukan dan aman untuk ikan cupang, salah satunya Chironomidae. Meskipun aman, ada baiknya tidak memberikan cacing ini dalam jumlah banyak, karena bisa menimbulkan dampak buruk pada ikan cupang. Lalu bagaimana cara pemberian makan yang tepat? Yuk simak dalam ulasan ini.

Tentukan Takaran Pemberian Cacing Untuk Ikan Cupang

Perlu Anda ketahui bahwa ikan cupang akan terus makan apabila terus terusan diberi kesempatan untuk makan. Bahkan saat ikan tersebut telah kenyang, jika ada makanan mereka akan tetap makan. Untuk itu, sangat penting jika tidak memberikan makan ikan cupang yang terlalu banyak. Ada baiknya ikan cupang diberi 1 hingga 2 cacing sebagai makanannya per harinya.

Pasalnya jika terlalu banyak memberikan makanan, bisa membuat ikan cupang memiliki risiko sembelit atau konstipasi. Pasalnya tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan dengan menjatuhkan cacing segar atau pada bentuk dibekukan dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya itu, sisa cacing darah yang ada di dalam akuarium bisa jadi akan membusuk sehingga menyebabkan terjadinya lonjakan amonia.

Berikan Pakan Cacing pada Ikan Cupang Secara bertahap

Tahukah Anda jika tidak sedikit pemilik yang akan memberikan ikan cupangnya pakan cacing setiap hari. Padahal hal tersebut bukanlah tindakan yang baik. pasalnya cacing hanya bagus jika dijadikan sebagai camilan dan terlalu kaya jika dijadikan makanan pokok ikan cupang. Hal ini dikarenakan cacing jenis darah ini memiliki banyak kandungan protein dan juga lemak di dalamnya.

Untuk itu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada ikan cupang, ada baiknya frekuensi pemberian pakan cacing dibatasi. Cobalah untuk memberikan pakan cacing sekali atau dua kali dalam satu minggu. Selain untuk menghindari pemberian pakan cacing yang terlalu banyak hingga menyebabkan sembelit, hal ini juga bisa dilakukan untuk membuat ikan cupang tidak bosan. Tidak lupa, variasikan makanan cacing tersebut dengan jenis pakan lainnya.

Selain bisa menyebabkan sembelit dan terjadi lonjakan amonia, pemberian pakan cacing darah yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan risiko penyebaran penyakit. pasalnya semakin banyak cacing yang ditambahkan dalam akuarium, maka semakin besar pula kemungkinan penyakit akan ditularkan. Meskipun kemungkinan tersebut tidak besar, namun sebaiknya hindari risiko. Selain tertular penyakit, pemberian cacing yang berlebihan juga hanya buang buang uang saja.

Nah itulah anjuran pemberian pakan cacing yang tepat untuk ikan cupang. Meskipun cacing jenis darah merupakan makanan yang enak untuk ikan cupang, namun pastikan tidak memberikannya dalam jumlah yang berlebihan. Jika Anda sebelumnya pernah memberikan cacing yang berlebihan untuk cupang, maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Lebih baik hindari risiko terjadinya hal hal yang buruk untuk peliharaan Anda.