December 2, 2020

Yuk Intip Pengertian Sungai dan Jenis Jenisnya Disini

Sungai menjadi salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat dunia. Hingga kini banyak nyawa yang menggantungkan hidup dari keberadaan sungai. Sejak dahulu sungai memang memiliki peranan penting, bahkan sebagian besar peradaban yang ada di dunia bermula dari sungai. Dan hingga kini, sungai telah menjadi sumber penghidupan banyak orang. Namun saat berbicara mengenai sungai, tahukah Anda apa itu pengertian sungai?

Apa Itu Sungai?

Istilah sungai sendiri memiliki banyak pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut situs National Geographic, sungai merupakan aliran air besar yang mengalir. Yang mana sungai ini bisa ditemukan di setiap benua dan di hampir setiap jenis tanah. Ada beberapa sungai yang mengalir sepanjang tahun, dan ada juga yang mengalir secara musiman atau selama bulan bulan basah.

Sementara menurut dinas Pekerjaan Umum, sungai ialah salah satu sumber air yang memiliki fungsi sangat penting untuk kehidupan dan penghidupan masyarakat. Kemudian menurut Peraturan Pemerintah No. 35 tahun 1991 tentang Sungai, sungai adalah tempat tempat dan wadah wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air hingga muara yang bagian kanan dan kirinya serta sepanjang pengalirannya dibatasi oleh garis sempadan.

Sedangkan menurut Hamzah yang ditulis dalam bukunya, pengertian sungai ialah bagian permukaan bumi yang letaknya lebih rendah dari tanah di sekitarnya dan menjadi tempat mengalirnya air tawar menuju laut, danau, rawa, atau ke sungai lain. Dikutip dari Wikipedia, sungai merupakan aliran air alami, biasanya air tawar yang mengalir menuju samudera, laut, danau, atau sungai lain.

Jenis Jenis Sungai

Di permukaan bumi ini, ada beberapa jenis sungai. Yang mana jenis tersebut dibedakan berdasarkan sumber air, volume atau debit air, struktur lapisan batuan, arah aliran air, dan tempat muara air. Berdasarkan sumber air sungai dibagi menjadi sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran. Jika ditinjau dari debit atau besar aliran air maka sungai dibedakan menjadi sungai permanen atau perenial, sungai periodik atau intermiten, sungai episodik, dan sungai ephemeral.

Ketika sungai dibagi berdasarkan struktur lapisan batuan, maka jenisnya dapat dibedakan menjadi sungai antesedan dan juga sungai epigenesa. Jenis sungai yang dibedakan melalui arah alirannya maka didapatkan jenis sungai konsekuen, sungai subkonsekuen, sungai obsekuen, dan sungai insekuen. Sementara sungai yang dibedakan berdasarkan tempat aliran air bermuara akan terbagi menjadi sungai areis, sungai edoraic, dan sungai exoric.

Setelah membaca ulasan ini, pastinya Anda sudah tahu apa itu pengertian dari sungai yang ada di permukaan bumi. Yang mana masing masing ahli ini memiliki pendapat tersendiri mengenai sungai. Dari semua pengertian yang ada, dapat diambil kesimpulan bahwa sungai merupakan aliran air tawar yang bermuara di laut, danau, atau sungai lain dan memiliki manfaat yang penting untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.