May 21, 2022

Beda Bihun dan Soun

Banyak yang mengira bahwa bihun dan soun ini adalah sama. Keduanya juga memilii warna yang sama yaitu sama-sama putih serta berbentuk panjang tipis. Akan tetapi ternyata keduanya juga memiliki perbedaan. Langsung saja simak dibawah ini.

Perbedaan Bihun dan Soun

  1. Bahan Dasarnya

Untuk perbedaan yang pertama yaitu terkait dengan bahan dasarnya. Untuk bahan dasar bihun ini yaitu dari tepung beras dan bahan dasar soun yaitu dibuat dengan pati kacang hijau.

Akan tetapi beberapa produsen juga banyak yang menggunakan tepung jagung sebagai bahan dasar dari bihun, sedangkan bahan utama soun bisa dibuat dengan sagu.

  1. Karakteristik Mienya Terasa Berbeda

Berdasarkan bahan bakunya tersebut ternyata juga berpengaruh terhadap testurnya pada keduanya. Untuk tekstur dari bihun ini mudah patah. Dan disaat dalam keadaan kering maupun basah juga sama saja.

Sedangkan untuk sounĀ  saat masih kering memiliki warna yang putih transparan, lentur serta memiliki tekstur yang kuat. Kemudian saat matang lebih terasa tebal serta memiliki tektur yang lebih kental dan licin.

  1. Perbedaan Waktu Memasak

Untuk waktu memasak antara bihun dan soun ini memang sama-sama singkat. Pada bihun waktunya sekitar 5-7 menit saja. Dan untuk soun waktunya sekitar 5-15 menit.

  1. Nilai Indeks Glikemik

Lalu untuk indeks glikemik soun hanya 39 saja . Dan untuk bihun memiliki nilai indeks glikemik 73.