July 12, 2020

Harga Burung Beo Kalimantan Dan Cara Merawatnya

 

Burung beo adalah salah satu burung yang banyak dipelihara oleh pecinta burung karena mempunyai keunikan yaitu mampu menirukan suara manusia maupun hewan lainnya. Biasanya burung beo sering sekali diletakkan di depan rumah untuk menyambut tamu. Selain itu hewan menggemaskan ini juga dapat bernyanyi sehingga sehingga dapat menjadi hiburan para pemiliknya.

Burung beo banyak tersebar di wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Dengan kemampuan yang luar biasa tersebut tentu tidak heran jika harga beo cukup mahal. Sehingga jika Anda ingin memilikinya maka Anda perlu merogoh uang yang cukup besar.

Harga burung beo asli Kalimantan untuk ukuran anakan atau piyik dibandrol kisaran 1 sampai 1.5 juta. Sedangkan untuk beo dewasa dapat mencapai 3 juta. Namun beo dengan kemampuan yang luar biasa tidak menutup kemungkinan dibandrol puluhan sampai ratusan juta. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan harga yang cukup terjangkau jika pandai menawar ketika transaksi jual beli.

Mengingat harga yang cukup mahal maka dalam merawat beo harus dilakukan dengan maksimal. Sehingga untuk merawat burung tersebut maka Anda perlu mengetahui lebih dalam tentang karakteristik dari beo Kalimantan. Berikut ini adalah cara merawat beo Kalimantan agar terjaga kesehatannya:

  • Mengajarkan kemampuan berbicara

Salah satu kelebihan beo yaitu mempunyai kemampuan berbicara atau dapat menirukan suara manusia maupun hewan. Namun untuk mendapatkan kemampuan tersebut perlu dilakukan pelatihan. Untuk melatih beo dapat Anda lakukan dengan mendengarkan mp3 suara beo yang sudah pandai berbicara. Selain itu mengajarkan beo juga dapat Anda lakukan ketika Anda sedang memandikan beo di waktu pagi dan juga sore hari.

  • Memberi makan dengan rutin

Memberi makanan dengan kandungan gizi seimbang perlu Anda lakukan. Selain itu ketika memberi makanan maka sebaiknya di waktu yang selalu sama. Misalkan untuk makan pagi Anda berikan setiap pukul 7, untuk makan siang setiap pukul 11 dan untuk makan sore setiap pukul 5.

Selain selalu memberikan makanan rutin dan tepat waktu maka Anda perlu memberikan makanan yang bervariasi. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi cara tersebut juga dapat menghindari burung beo agar tidak bosan. Jika perlu Anda harus membuat daftar menu makanan yang Anda berikan dalam waktu satu bulan.

  • Menjaga kebersihan kandang

Cara merawat burung yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu menjaga kebersihan tempat makan, minum dan penampung kotoran juga perlu Anda lakukan.

Jika Anda mempunyai beo Kalimantan ataupun jenis beo lainnya sebaiknya dirawat dengan baik. Karena disamping sebagai bentuk tanggung jawab Anda sebagai pemilik, harga beo Kalimantan cukup menguras kantong.