December 2, 2020

Kuota UTBK SBMPTN

Mulai memasuki dunia perguruan tinggi membuat anda harus mulai mencari informasi terkait perguruan tinggi. Ada beberapa hal yang bisa mulai anda persiapkan yakni mulai memilih perguruan tingginya, jurusan yang akan diambil, dan bahkan jalur yang akan digunakan untuk masuk perguruan tinggi tersebut. Ada banyak hal yang memang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Indonesia memang mempunyai banyak perguruan tinggi dari yang terbaik hingga yang paling baru. Hal tersebut tentu membuat anda bingung untuk menentukannya.

Para calon mahasiswa biasanya memilih perguruan yang paling baik atau paling favorit. Hingga saat ini perguruan tinggi yang mempunyai banyak peminat adalah perguruan tinggi negeri. Tentu saja pendidikan yang berbau negeri selalu menjadi pilihan utama para calon siswa atau siswi untuk bersekolah. Termasuk untuk memilih perguruan tinggi, pasti akan memilih perguruan tinggi yang negeri dibandingkan swasta. Padahal belum tentu perguruan tinggi swasta mempunyai kualitas yang jelek. Ada banyak perguruan tinggi swasta yang juga menawarkan kualitas terbaiknya. Namun semua itu kembali dengan keputusan para calon mahasiswa.

Jika anda tertarik untuk masuk perguruan tinggi negeri maka anad harus tahu apa saja jalur yang bisa digunakan untuk mendaftar. Biasanya ada dua jalur yang disediakan untuk para calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. Dua jalur tersebut adalah SNMPTN dan jug SBMPTN. Kedua jalur tersebut mempunyai cara kerja yang berbeda – beda. SNMPTN ini adalah jalur yang memungkian anda yang mempunyai prestasi lebih atau mempunyai nilai akademik yang baik selama di SMA dan sederajat untuk diterima di perguruan tinggi negeri yang anda inginkan. Sedangkan untuk SBMPTN adalah jalur ujian tulis bersama yang juga digunakan untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri.

Setiap tahunya ke dua jalur tersebut selalu ramai diisi para calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi negeri. Tentunya pilihan yang ada di jalur tersebut hanyalah perguruan tinggi negeri saja, sehingga anda tidak akan bisa menggunakan kedua jalur tersebut untuk masuk perguruan tinggi swasta. Kedua jalur tersebut memang memudahkan para calon mahasiswa yang tengah bingung memilih perguruan tinggi dan memudahkan mereka untuk masuk ke dalam perguruan tinggi ngerei yang mereka inginkan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu jalur tersebut yakni jalur SBMPTN. Mungkin beberapa dari anda ada yang sudah tahu apa itu jalur SBMPTN. SBMPTN ini merupakan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nantinya para calon mahasiswa akan melaksanakan ujian secara bersama – sama secara UTBK. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, jika anda ingin menggunakan jalur SBMPTN maka anda harus bisa mengoperasikan komputer.

Berbicara mengenai kuota SBMPTN tentu lebih besar dibandingkan dengan kuota SNMPTN. SBMPTN ini akan dilangsungkan setelah SNMPTN berakhir. Jadi anda sebelumnya bisa mengikuti SNMPTN terlebih dahulu sehingga jika tidak diterima melalui jalur SNMPTN anda bisa mencoba kembali dengan melalui jalur SBMPTN. Anda tidak perlu merasa cemas karena kuota SBMPTN ini lebih besar sehingga memungkinkan anda untuk bisa diterima perguruan tinggi negeri tujuan anda.

Hingga saat ini jumlah peminat para calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN masih banyak. Daya tarik sekolah negeri memang mampu menarik para calon mahasiswa dari berbagai wilayah untuk mendaftarkan diri. Bagaimana caranya agar bisa diterima dengan mudah melalui SBMPTN? Jawabannya adalah belajarlah yang rajin. Jika perlu anda juga bisa mengikuti bimbel utbk ada banyak tempat bimbel yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bersama. Anda juga akan mendapatkan banyak materi seputar yang akan diujikan di ujian SBMPTN dan cara untuk melangsungkan ujian utbk.

Siapa saja yang boleh mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN? Siapa saja bisa menggunakan jalur ini untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Tergantung dengan persyaratan baru yang telah ditetapkan. Biasanya ada peraturan baru yang muncul setiap tahunya. Pastikan anda memenuhi syarat untuk mengukuti seleksi SBMPTN terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri anda.

Mungkin anda bertanya – tanya nilai apa yang menjadi indikator para pendaftar diterima. Apakah murni hasil ujian UTBK saja atau ada tambahan nilai sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh PTN tersebut? Pada intinya walaupun anda masuk kriteria yang dibutuhkan PTN tersebut, anda tetap wajib mengukuti ujian UTBK terlebih dahulu. Sehingga kedua hal tersebut memang tidak bisa dipisahkan, akan saling berkaitan satu sama lain.

Apa saja materi yang nantinya akan diujiakan? Jika anda mantap untuk masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN maka anda harus mempelajari Tes Potensi Skolastik. Akan ada banyak hal yang dipertanyakan seputar potensi skolastik tersebut. Lalu kapan akan dimulai SBMPTN? Sesuai keputusan yang ada walaupun sedang ada penyebaran Covid-19 kabarnya SBMPTN akan tetap digelar. Untuk waktu pelaksanaannya akan segera disampaikan. Cara mendaftarkan diri di jalur SBMPTN ini juga terbilang mudah untuk dilakukan semua orang. Anda hanya tinggal masuk dalam webresminya saja lalu mengisikan beberapa data yang dibutuhkan. Menyediakan kuota yang lebih besar dibandingkan dengan SNMPTN akan menjadi peluang lebih besar untuk anda bisa diterima di PTN tersebut.