May 23, 2022

Deretan Pantangan Makanan untuk Penderita Darah Rendah, Wajib Dihindari!

 

Darah rendah atau hipotensi mungkin seringkali dianggap masalah yang tidak membutuhkan penanganan serius. Meskipun begitu, anda yang mengalami kondisi ini sebaiknya membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan menjauhi beberapa makanan yang menjadi pantangan. Apa saja pantangan makanan untuk penderita darah rendah ?

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Darah Rendah

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat, khususnya karbohidrat olahan, cenderung lebih cepat dicerna oleh tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan tekanan darah pun menjadi semakin rendah. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, roti, dan kentang yang bisa menekan rasa lapar.

  1. Makanan Asam

Meskipun belum terbukti secara penelitian bahwa penderita darah rendah sebaiknya menghindari makanan asam, namun hal ini diyakini oleh sebagian besar masyarakat. Sebab asam yang terkandung di dalam makanan bisa menguras energi yang ada di dalam tubuh. Sehingga penderita darah rendah dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsinya.

  1. Makanan Berminyak

Kandungan lemak trans yang ada di makanan berminyak termasuk sangat fatal bagi penderita darah rendah, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Karena kandungan lemak tersebut bisa memperlambat aliran darah di dalam tubuh. Sehingga sudah jelas bahwa makanan berminyak termasuk salah satu pantangan yang perlu dihindari.

Bagi anda yang mengalami hipotensi, menghindari konsumsi makanan di atas bisa menjadi salah satu cara agar kondisi tekanan anda lebih stabil. Meskipun salah satu makanan favorit anda mungkin masuk kategori, namun sebaiknya tetap patuhi pantangan tersebut untuk mendapatkan tubuh lebih sehat. Sebagai gantinya anda bisa mencoba mengonsumsi makanan lainnya yang lebih menyehatkan.