October 23, 2020

Penyebab Bayi Menangis Ketika Sedang Tidur

Saat bayi terlelap tidur para orang tua terlebih bagi ibu akan merasa lebih tenang. Tetapi ada saat ketika bayi tiba-tiba saja menangis saat tidur. Hal ini sering kali akan membuat panik para ibu baru. Lalu apa penyebab bayi menangis saat tidur ini?

Tidur adalah salah satu aktivitas yang penting dan wajib dilakukan oleh semua manusia. Bayi yang baru lahir mempunyai intensitas waktu tidur yang cukup lama. Tetapi seiring bertambahnya umur bayi pasti waktu tidurnya juga akan perlahan berkurang. Semua orang tua pastinya ingin bayinya tidur dengan durasi yang lama dan juga nyenyak, tetapi terkadang bayi akan tiba-tiba menangis ketika tidur dalam sesaat.

Penyebab bayi menangis saat tidur

  1.       Bayi melakukan adaptasi terhadap suhu ruangan

Suhu ruangan yang berubah mendadak bisa menjadi penyebab yang bisa berpengaruh terhadap kenyamanan tidur bayi. Bayi dapat merasa kaget saat mengalami perubahan suhu ruang tidurnya dengan signifikan.

  1.       Suara disekitar lingkungan

Saat bayi baru saja tidur sering kali ibu akan berbicara dengan suara yang pelan dan meninggalkannya dengan perlahan.saat bayi sudah mulai peka terhadap suara di sekitarnya. Maka tidak jarang bila bayi akan langsung menangis saat mendengar sedikit suara ketika dia tertidur.

  1.       Perpindahan posisi tidur

Kerap kali bayi akan tidur saat berada di pelukan ibu dan saat akan meletakkan bayi ke tempat tidurnya. Tidak jarang bayi akan merasa kaget lalu dia akan menangis.

  1.       Mimpi buruk

Ketahuilah bahwa bayi juga dapat mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk yang terjadi pada bayi ini disebabkan oleh adanya trauma atau rasa takut saat bayi dalam keadaan yang aktif.

  1.       Digigit serangga

Gigitan dari serangga seperti semut atau nyamuk juga menjadi salah satu faktor dari penyebab kenapa bayi menangis tiba-tiba saat dia tidur. Ini karena gigitan serangga tersebut membuat dirinya merasa kesakitan dan tidak nyaman saat tidur.

  1.       Bayi merasa lelah

Saat mengajak bayi bepergian bisa membuat bayi menjadi kelelahan. Terkadang bayi akan merasa tidak nyaman saat berada di perjalanan. Hal ini bisa saja akan membuat bayi menangis saat tengah malam karena rasa tidak nyamannya.

  1.       Bayi merasa tertekan

Rasa tertekan yang dialami bayi ini disebabkan oleh suara yang keras yang bisa membuat dirinya terkejut. Seperti terkadang suara keras dari pertengkaran orang tua membuat bayi merasa tertekan dan akan menangis.