July 12, 2020

Praktis di Bawa Berpergian, Yuk Simak Cara Membeli Kamera Pocket Yang Pas di Kantong

Kamera pocket memiliki fungsi untuk mengabadikan momen bersama keluarga. Bentuknya yang ringkas akan menghasilkan jepretan hanya dalam waktu sesaat. Jumlah fotonya pun juga hanya dibatasi oleh ruang penyimpanan dan kapasitas baterai. Tidaklah mengherankan jika kamera pocket masih banyak dijadikan pilihan bagi para pecinta fotografi.

Sebagai seorang treveller tentu anda akan membutuhkan kamera pocket ini karena bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana mana. Sebelum anda membeli kamera pocket anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya menetapkan satu pilihan kamera. Nah yuk simak cara membeli kamera pocket agar anda tidak menyesal nantinya.

Tips Memilih Kamera Pocket Untuk Trevelling

Pixabay.com

1 Bentuk, Ukuran dan Berat

Bagi anda penyuka travelling sudah barang tentu akan memilih kamera pocket yang mudah untuk dibawa dan tidak memerlukan banyak tempat. Cobalah cari kamera yang memiliki ukuran yang ideal dan pas saat di genggam. Sesuai dengan namanya kamera pocket berarti kamera saku yang artinya mudah untuk disimpan di dalam saku anda.

Untuk trevelling cobalah cari kamera dengan ukuran dan bentuk yang cocok di genggaman tangan anda. Ukuran yang sesuai dengan genggaman yang mantap akan membuat anda mengurangi resiko kekaburan gambar karena goyangan kecil di tangan anda. Genggaman yang mantap juga akan mengurangi terlepasnya kamera dari tangan anda.

  1. Memperhatikan Ukuran Sensor

Cara membeli kamera pocket untuk travelling selanjutnya adalah memperhatikan sensor yang dimiliki oleh kamera. Perlu diketahui ukuran sensor masing maisng kamera berbeda sehingga akan mempengaruhi kualitas yang diperoleh. Secara teknis semakin besar sebuah sensor kamera maka akan semakin baik pula hasil gambarnya. Bertambah besarnya sensor pada sebuah kamera juga akan berimbas pada biaya produksi yang tinggi.

Untuk kamera pocket sendiri rata rata akan memiliki sensor yang berukuran 1/2.7” – 1/1.7”. Meskipun beberapa kamera pocket digital kelas atas akan menggunakan sensor dengan ukuran 1.5” melebihi ukuran sensor kamera digital dengan format Micro Four Thirds. Pilihlah ukuran sensor sesuai dengan dana yang anda miliki, karena masih banyak komponen kamera yang harus anda perhatikan.

  1. Zoom Optical dan Image Stabilization

Gerakan maju dan mundurnya lensa juga menjadi pertimbangan sendiri dalam memilih kamera pocket. Rentang zoom yang makin jauh akan semakin memudahkan untuk mengambil gambar pada jarak jauh pula. Biasanya ketika menggunakan zoom maksimal pada kamera, maka akan lebih beresiko untuk terjadinya goncangan saat anda menekan shutter.

Misalnya anda menemukan lensa dengan ukuran 28-280 mm, maka lensa tersebut akan memiliki 10 kali ukuran zoom. Ukuran zoom pada 4 kali atau 5 kali biasanya sudah cukup untuk para traveller. Untuk itu anda harus tahu cara membeli kamera pocket dan memperhatikan beberapa fitur seperti image stabilizier untuk membantu anda mendapatkan gambar yang lebih tajam tanpa kabur.

  1. Memilih Lensa

Pixabay.com

Perlu diingat makin panjang jangkauan lensa, maka akan sulit untuk menjaga kestabilannya. Lensa yang berkualitas akan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Terdapat dua hal yang akan lebih memudahkan untuk mengetahui lensa yang cocok untuk para traveller yang menggunakan kamera pocket. Seperti bukaan diafragma yang disimbolkan dengan huruf f. Makin lebar bukaan diafragma tersebut maka akan makin banyak cahaya yang masuk.

Selain soal bukaan diafragma anda juga harus memperhatikan focal length lensa yang akan menandakan seberapa jangkauan yang bisa diambil ole lensa. Semakin kecil angkanya maka semakin lebar jangkaunnya. Semakin besar angkannya pula maka akan semakin sempti jangkaunnya. Focal length lensa memiliki saturan dengan ukuran mm, untuk lensa pocket sendiri rata rata akan memiliki ukuran 28 mm yang cukup lebar.

  1. Media Penyimpanan

Cara membeli kamera pocket yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas media penyimpanan dari kamera tersebut. Semakin majunya teknologi semakin besar pula kapasitas penyimpanan pada sebuah kamera saku. Kebanyakan kamera sekarang akan menggunakan media penyimpanan berupa SD Card dan Micro SD serta sejenisnya.

Anda harus memperhatikan pula kapasitas maksimal media penyimpanan yang bisa terbaca oleh kamera tersebut. Ukuran 16 GB rasanya masih cukup untuk sekedar menampung foto selama 2 hingga 3 dengan kamera pocket tersebut. Anda harus menyesuaikan ukuran penyimpanan media anda dengan gaya pengambilan gambar anda pula. Jangan sampai anda kehabisan penyimpanan memori saat sedang asyik untuk berjalan jalan.

  1. Baterai

Sebenarnya baterai pada kamera pocket memiliki dua macam jenis yang akan sering dijumpai di pasaran. Baterai ini ialah tipe AA dan baterai Li-ion, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang harus anda pertimbangkan sebagai cara membeli kamera pocket. Keuntungan baterai AA adalah mudahnya untuk ditemukan pada warung warung kecil sehingga tidak akan memerlukan waktu lama untuk menggunakan kamera kembali.

Sementara apabila anda menggunakan baterai jenis Li-ion adalah lebih menghemat anggaran untuk baterai. Kamera dengan tipe baterai ini biasanya memiliki ukuran yang lebih tipis dan kecil sehingga akan mudah dimasukkan ke dalam kantong atau tas kecil. Namun saat baterai sudah habis anda harus mengisi kembali daya batera dan memerlukan waktu yang tidak singkat.

  1. Mode Pengambilan Gambar

Untuk kamera pocket digital pada umumnya akan menggunakan mode Auto. Keberadaan mode auto ini akan memberikan kemudahan apabila anda tidak ingin terlalu pusing dengan segitiga exposure. Karena dengan menekan setengah shutter dan dilanjutkan dengan tekanan penuh pada tombol shutter maka sebuah gambar akan terekam pada sensor kamera.

Pada beberapa sesi kamera pocket digital yang memang khusus untuk anda yang menyukai trevelling memang ada beberapa tambahan pada roda dial mode pengambilam gambar. Misalnya mode P, A, S dan M adalah mode tambahan bagi mereka yang ingin berkreasi dengan segitiga exposure. Cara membeli kamera pocket ini juga penting untuk mempertimbangkan mode yang ada pada kamera.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membeli kamera pocket yang bisa dibawa untuk menemani trevelling anda. Agar hasil gambar lebih maksimal anda bisa download canon instruction manual untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Trevelling pun akan terasa lebih menyenangkan dan beberapa momen saat berlibur akan terabadikan dengan baik. Jadi tunggu apalagi yuk segera beli kamera pocket untuk abadikan momen bersama orang tersayang.