October 26, 2020

Tanpa Operasi, 4 Obat Mata Ikan Yang Wajib Kamu Coba

Beberapa hal yang mengganggu tubuh memang akan direspon secara langsung oleh tubuh anda. Jika kulit mendapat tekanan atau gesekan secara terus menerus di bagian kaki, maka kulit akan memberikan respon dengan adanya tumpukan kulit keras. Tumbuhnya di telapak kaki, membuat respon ini sering dianggap sebagai kutil. Akan tetapi, obat mata ikan memang harus segera diberikan kepada penderitanya agar tidak semakin parah. Yuk cari tahu caranya di sini!

Cara Ampuh Atasi Tumpukan Kulit Keras di Telapak Kaki

  1. Rendam Air Hangat

Langkah pertama yang dapat anda lakukan di rumah jika kulit kaki menebal adalah rendam air hangat. Cara ini sangat mudah dan aman untuk menghilangkan tumpukan sel kulit mati akibat dari tekanan atau gesekan di kaki anda. Rendamlah kaki anda di air hangat selama kurang lebih 20 menit, lalu keringkan dengan handuk yang lembut. Sambil mengeringkan, lihatlah sel kulit mati di telapak kaki anda yang bisa terangkat dengan mudah tanpa ada rasa nyeri.

  1. Mengaplikasikan Krim

Cara pertama tersebut adalah pertolongan pertama yang dapat dilakukan di rumah. Jika anda sudah memeriksakannya ke dokter, maka obat mata ikan yang diberikan biasanya berupa krim. Krim ini cukup anda oleskan di kulit yang menebal, lalu kandungan asam salisilat di dalamnya dapat menghilangkan tumpukan protein keratin tersebut. akan tetapi, krim ini tidak bisa anda gunakan pada sembarang orang dan pastikan penderita diabetes tidak memakainya.

  1. Plester Silikon

Jika anda beraktivitas menggunakan sepatu, maka obat satu ini sangat cocok digunakan selama masa pemulihan. Gunakan plester yang mengandung silikun lalu tempelkan di telapak kaki anda dan dapat dipakaikan kaos kaki, sehinga anda dapat mengenakan sepatu dengan nyaman. Obat jenis ini berfungsi untuk mengurangi gesekan di telapak kaki dan melindungi dari iritasi. Hindari penggunaan plester dengan kandungan asam salisilat karena menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Cuka Apel

Jika sebelumnya diatasi dengan air hangat agar kulit mati mengelupas, cara ampuh lainnya dapat memakai cuka apel. Larutkan cuka apel ke dalam air, lalu rendamlah kaki anda di dalam obat mata ikan ini selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, secara perlahan lahan kelupaslah sel kulit mati dan pastikan tidak memaksakan karena dapat melukai kaki anda. Obat satu ini sangat ampuh karena kandungan asam dapat melunakkan kulit yang mengeras.

Respon atas tekanan di telapak kaki ini memang cukup mengganggu karena jika anda biarkan dapat timbul rasa nyeri. Jika memang belum parah, dokter akan memberikan krim untuk menghilangkan protein keratin yang ada di tumpukan kulit mati tersebut. Masalah kulit ini dapat anda atasi dengan cara sederhana tanpa operasi dan harganya pun cukup terjangkau. Yang paling penting, jangan memkasakan kulit terkelupas agar tidak terasa sakit.