July 4, 2020

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android

Di antara kalian mungkin ada yang sering menyimpan file penting atau rahasia di dalam smartphone Android. Biasanya dokumen pribadi tersebut seperti akta kelahiran, ijazah, kartu keluarga, dll. Berkas seperti itu bisa saja diperlukan sewaktu-waktu, maka dari itu banyak orang yang mempunyai kebiasaan menyimpannya di smartphone agar mudah ditemukan ketika dibutuhkan dalam waktu yang cepat dan mendadak.

Untuk mempermudah pencarian, tentunya kamu akan menyiapkan sebuah folder khusus untuk menyimpan berkas-berkas pribadi seperti itu. Selain mempermudah pencarian, membuatkn folder khusus bisa menjadi opsi alternatif untuk menyimpan data supaya tidak bisa dijangkau oleh sembarang orang. Namun, jika folder tersebut masih terlihat tampilannya di Android maka akan tetap diketahui oleh sembarang orang, solusinya adalah dengan membuat folder tersebut tersembunyi hingga kamu saja yang mengetahui tempatnya.

Karena biasanya kita bisa menyembunyikan folder ketika di laptop atau PC, apakh hal tersebut bisa dilakukan juga di smartphone Android ? Ternyata, kamu bisa melakukannya juga di smartphone Android lho, karena sudah didukung fitur yang lengkap. Bahkan, kalau kamu teliti, beberapa aplikasi dan sistem operasi di smartphone kamu pasti juga memiliki folder tersembunyi. Tujuannya adalah agar tidak terhapus, karena jika sampai folder bagian dari sistem terhapus, bisa menimbulkan kekacauan pada sistem yang sudah di setting sedemikian rupa. Langsung saja, untuk memberitahu kamu bagaimana caranya melakukan penyembunyian folder tersebut, kali ini sadapandroid.com akan berbagi informasi tentang cara – cara menyembunyikan folder di Smartphone Android dengan mudah,

Cara Menyembunyikan Folder Tanpa Menggunakan Aplikasi Bantuan

Jika kamu akan menyembunyikan folder tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan dikarenakan penyimpanan smartphone kamu tidak cukup, maka ada cara mudah yang bisa kamu lakukan sebagai berikut : Pertama, buka aplikasi pengelola file (file manager) di smartphone kamu > Selanjutnya, cari opsi membuat folder baru (create new folder) > Ketik nama judul yang ingin kamu pakai untuk folder itu (usahakan namanya tidak menunjukkan isi folder secara jelas, sehingg hanya bisa dipahami oleh kamu saja > Pindahkan berkas penting yang ingin kamu simpan ke folder baru yag baru saja kamu buat tersebut> Tambahkan tanda titik (.) di awal sebelum nama folder tersebut > Selesai, folder itu beserta isinya kini menjadi tersembunyi.

Cara Menyembunyikan Folder Menggunakan Aplikasi Bantuan

Ada banyak aplikasi pengelola dokumen dengan kategori Personalization yang ada di Google Play Store. Aplikasi – aplikasi itu bisa membantu untuk memaksimalkan kinerja memori internal bahkan bisa untuk menyembunyikan folder atau file yang akan dijaga kerahasiannya. Berikut macam – macam aplikasinya :

  1. ES File Manager

ES File Manager adalah salah satu dari banyak aplikasi yang dipakai para pengguna smartphone Android. Karena tampilan dalamnya yang mudah dipahami, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyembunyikan folder. Cara penggunaannya sebagai berikut : Pastikan di ponselmu sudah terpasang aplikasi ES File Manager yang bisa didownload melalui Google Play Store > Buka aplikasi dan pilih salah satu lokasi penyimpanan folder yang hendak disembunyikan, contohnya: Internal Storage  > Tekan lama pada folder tujuan untuk membuka pengaturan khusus folder tersebut > Sama seperti cara pertama, kamu hanya perlu memilih opsi ‘Ubah Nama’  > Tambahkan tanda titik (.) pada awal nama folder yang ingin disembunyikan, contoh: Picture menjadi .Picture > Selesai dan cek lagi  apakah folder tadi sudah tersembunyi.

  1. Hide Pictures in Vaulty

Aplikasi ini sudah terpercaya untuk melindungi foto dan video di smartphone Android. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyimpan foto dan video yang ingin dilindungi di galeri Vaulty. Tidak ada yang bisa membuka galeri tersebut selain kamu, karena galeri itu dilindungi dengan password yang hanya diketahui oleh kamu saja. Caranya sebagai berikut : Ketika ada yang mencoba untuk mengakses password tersebut, Vaulty akan memberikan laporannya kepada kamu. Bahkan, laporan tersebut disertai foto stalker yang telah mencoba mengakses password Vaulty kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan back up foto dan video secara online melalui Vaulty.

Cara Mengakses File Tersembunyi

Nah, ketika kamu sudah berhasil menyembunyikan folder sesuai yang kamu inginkan maka kamu pasti juga kebingungan bagaimana cara untuk mengaksesnya saat sedang kamu butuhkan. Tenang, caranya mudah kok, berikut langkah – langkah nya yang bisa kamu lakukan : Pertama, buka aplikasi File Manager > Selanjutnya, buka menu setelan (Settings) > Terakhir, selanjutnya cari opsi tampilkan folder tersembunyi (Shows hidden folder). Penting untuk di perhatikan, ingat-ingat jalur (path) di mana kamu membuat folder tersebut. Kalau kamu berada di path yang tepat, kamu akan menemukan folder tersembunyi yang direpresentasikan sama seperti folder pada umumnya, tetapi terlihat agak transparan.

Beberapa ulasan diatas telah memberikan beragam cara untuk menyembunyikan folder baik tanpa aplikasi tambahan ataupun menggunakan aplikasi tambahan, beserta cara mengakses kembali file atau folder yang sudah berhasil disembunyikan. Untuk mengetahui informasi seputar trik otak – atik android terus ikuti sadapandroid.com, yang akan memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya.