October 1, 2020

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Balita Dari Cara Menggunakan Obat Hingga  Alami

 

Selain orang dewasa bauk berdahak juga dapat dialami oleh balita. Batuk berdahak ini juga biasa disebut dengan nama batuk produktif. Batuk berdahak sendiri sebenarnya suatu cara alami tubuh untuk menjaga paru-paru dan saluran udara agar bersih dari lendir. Dahak atau lendir yang berlebihan di tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya infeksi virus, flu dan alergi.

Batuk berdahak yang dialami oleh si kecil tentunya membuat Anda para orang tua tak tega melihatnya.Namun, Anda tidak perlu khawatir jika si kecil mengalami batuk berdahak, karena batuk ini bukan merupakan penyakit yang mematikan.  Terdapat 2 cara mengatasi batuk berdahak pada balita. Cara yang pertama yaitu Anda dapat memberikan obat pengencer dahak atau obat khusus batuk berdahak.

Dalam memberikan obat untuk balita juga tidak boleh sembarang.Anda harus memberikan obat si kecil khusus untuk balita yang sesuai dengan anjuran dokter dan dosis yang telah ditentukan. Cara mengatasi betuk berdahak pada balita yang kedua yaitu dengan cara alami seperti dibawah ini

  • Madu

Untuk meredakan batuk, madu bisa diminum langsung.Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam minuman.

  • Jahe

Jahe dapat mengurangi intensitas batuk, terutama batuk kering.untuk meredakan batuk, Anda dapat menyeduh 20 sampai 40 gram jahe dengan menggunakan air panas . Anda juga bisa mencampurkan lemon dalam minuman jahe ini.

  • Uap

Anda dapat memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat agar dapat menghirup uap.Anda juga bisa membuat terapi mangkuk uap untuk si kecil.Caranya yaitu dengan mengisi mangkuk dengan air panas.Kemudian letakkan mangkuk tersebut di sekitar si kecil.

 

  • Berkumur dengan menggunakan air garam

Campurkan setengah sendok the garam dan satu cangkir air hangat.Kemudian biarkan larutan garam tersebut agak dingin, lalu kumurkan.Saat berukur, diamkan beberapa saat di mulut sebelum dibuang, jangan telan larutan garam ini karena dapat berbahaya.Lakukan hal ini beberapa kali sehari.

 

  • Mengoleskan minyak kayu putih

Oleskan minyak kayu putih pada bagian tenggorokan si kecil.Jangan lupa untuk memberikan asupan air putih yang banyak untuk si kecil agar dahak cepat keluar.